Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop

Pernah mendengar apa itu Skype? yaitu adalah layanan video call yang sangat terkenal sejak lama hingga sekarang. Dulu banyak yang memakai Skype untuk melakukan panggilan video, namun sekarang sudah banyak website semacam sosial media yang memiliki fitur video call, contohnya adalah Facebook. Pada Facebook pun pengguna bisa melakukan percakapan video secara mudah baik menggunakan perangkat mobile atau laptop.

Satu hal pasti supaya bisa melakukan percakapan video pada laptop adalah memastikan adanya kameranya. Karena tidak semua laptop memiliki kamera dan kebanyakan memiliki kualitas kamera yang tidak begitu bagus. Akan tetapi masih bisa juga diperbagus dengan memakai kamera portable. Beberapa orang menanyakan tentang kamera yang ada pada laptop miliknya tentang cara penggunaanya. Sebenarnya ini sangatlah mudah karena pengguna tersebut cukup memasang program webcam pada laptopnya.

Akan tetapi masalahnya tidak seperti itu, namun kamera tidak tampil atau hanya ada gambar hitam saja. Ini bisa dipastikan bahwa kamera laptop belum diaktifkan. Untuk mengaktifkannya pun juga sangat sederhana sekali. Pada artikel ini akan Saya bagikan tentang tata cara mengaktifkan kamera pada laptop ini dan pastikan sebelumnya bahwa laptop telah memiliki kamera yang ada baik disudut kiri, kanan, tengah diatas monitor. Berikut ini tata caranya.


  1. Pertama – tama hidupkan laptop dan langsung saja klik START dan ketik Device Manager lalu tekan ENTER pada keyboard.

    Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop

  2. Kemudian pengguna akan ditujukan pada jendela baru yaitu tempat dimana seluruh driver terpasang. Sekarang pengguna cukup tekan FN dan F10 secara bersamaan pada keyboard.
  3. Maka pada jendela Device Manager tersebut akan seolah melakukan refresh otomatis dan cobalah mencari apakah terdapat menu Imaging Device atau Cameras, jika ada silahkan klik 2 kali.

    Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop

  4. Jika terdapat driver pada Imaging Device atau Cameras, berarti kamera sudah siap untuk digunakan dan untuk mencoba bisa tidaknya silahkan gunakan program webcam atau melakukan panggilan video pada Facebook.

    Cara Mengaktifkan Kamera pada Laptop


Suatu laptop mungkin memiliki tombol kamera yang berbeda pada keyboardnya. Jadi jika cara diatas tidak bisa, cobalah untuk mencari tombol dari F1, F2, F3, dan seterusnya yang memiliki ikon kamera. Jika sudah ketemu cukup tekan secara bersamaan dengan tombol FN. Gunakan keyboard asli pada laptop dan jangan menggunakan keyboard portable, sebab keyboard portable biasanya tidak memiliki tombol FN. Jika pengguna ingin mencoba kamera secara online, silahkan menuju website Online Webcam Test.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

52 comments
  1. Kak, misal laptopnya atau komputernya gak ada webcam bawaannya gimana? ( laptop gak ada kameranya dan mau pakek webcam eksternal, gimana caranya kak?

    1. Silakan beli Webcam USB gan, itu nanti tinggal dicolokkan saja ke port USB di laptopnya dan kemudian kamera eksternal sudah bisa digunakan.

  2. Bang Admin kalo misalkan sy sudah ikuti langkah 1 dan 2 tapi ga ada cameranya gmn? karena hanya muncul Imaging Device. mohon bantuannya bang.

    1. Dapat dipastikan driver kameranya belum ter-instal gan. Agan bisa mendapatkan driver kamera melalui situs resmi sesuai laptopnya, atau bertanya pada layanan support merk laptopnya supaya diberikan file drivernya.

  3. Kak mau nanya, aku mau download driver kamera sesuai merk laptop aku tapi kok gk ada driver kamera disana yang ada hanya driver bluetooth dan yang lainnya?

    1. Apabila muncul keterangan “This device not working properly“, itu karena driver kameranya tidak berfungsi dengan baik. Solusinya adalah memasang ulang driver kamera tersebut. Agan bisa mencari drivernya pada situs web merk laptopnya. Atau menanyakan langsung pada CS sesuai merk laptop yang dipakai.

    1. Jika tulisan pada driver muncul “This device working properly“, itu tandanya driver tersebut berfungsi dengan normal gan. Tak ada yang perlu diatasi.

  4. Ka, saya pake laptop acer windows 10
    ada kamera, tapi ga ada aplikasi kameranya, trus pas saya klik imaging devices itu dibawahnya ada HD web cam, aplikasi web cam nya ga ada
    tapi pas saya test online camera bisa ka
    itu gimana ya ka?

    1. Di Windows 10 ada aplikasi bernama Kamera atau Camera, silakan coba dicari melalui pencarian Windows. Agan juga bisa mengunduh aplikasi Webcam yang lainnya supaya fiturnya lebih banyak.

  5. Saya sudah test online webcamnya, kamera saya tidak berfungsi. cara mengatasinya bagaimana ya? Mohon penjelasannya

    1. Sangat besar kemungkinan akibat driver kamera belum terpasang. Driver kamera dan lain-lain biasanya dapat dipasang melalui CD Driver bawaan laptop. Atau bisa juga mencarinya di website sesuai merk laptop.

  6. ka kalo udah buka imaging devices, tapi dibawahnya ada tulisan Lexmark X422 terus ada kaya tanda serunya gitu. itu gimana ya?

    1. Drivernya minta di-update gan. Silakan klik kanan pada driver tersebut, kemudian pilih Properties, lalu menuju tab Driver dan klik tombol Update Driver. Selanjutnya silakan ikuti intruksi di layar. Jika ragu melakukannya, ada baiknya untuk mencari tutorial mengupdate driver di Youtube.

  7. permisi,mau tanya kak. laptop saya toshiba. ketika saya buka di device manager keterangannya “this device is working properly” ketika saya mau running kamera keterangannya “we can’t find your camera” saya coba pakai tombol kombinasi untuk menyalakan camera,tapi di keyboard saya gak ada gambar kamera.nya. danlapu indikator di laptop saya sudah menyala semua (harusnya kamera.nya sudah aktif) tapi kenapa masih gak bisa ya,..

    1. Sepertinya drivernya tidak kompatibel, Saya sarankan untuk menggunakan bantuan suatu program untuk memperbarui drivernya. Contohnya menggunakan DriverEasy. Pastinya program tersebut akan mencarikan driver yang cocok atau kompatibel untuk perangkatnya.

    1. Jika sekarang pakai Windows 10, coba klik opsi Search dan ketik Camera Privacy Settings, kira-kira disana sudah aktif apa belum ya? Jika sekiranya sudah aktif namun di Device Manager belum muncul, berarti driver camera belum di-instal gan.

  8. kak, kamera di laptop saya sudah ada dan aktif tapi kenapa yaa kalau saya tekan fn secara besamaan dengan f10 yang ada tanda kameranya, kameranya masih juga belum bisa di buka kak?

    1. Apa agan menekan tombol tersebut sambil membuka Device Manager? Sebab supaya tahu aktif tidaknya, agan harus menuju Device Manager sehingga bisa mengetahui adanya driver Imaging Devices yang aktif.

        1. Kalau begitu, silakan tes webcamnya dengan menekan link Online Webcam Test yang ada pada artikel gan. Pada situs web tersebut membutuhkan perijinan ke kamera laptop dan jika peramban menampilkan notif, cukup klik tombol Allow

          1. Maaf Ka, mau tanya. Pada saat membuka Device Manager dan mencoba tekan Fn + F10 tidak muncul Imaging Device. Langkah yang harus dilakukan bagaimana ya.. Tks

  9. Alhamdulillah gan, sangat membantu..baru kali ini dapat ilmu dan bisa langsung aktiv.kemaren kemaren ribet dan gagal..barakallah gan

    1. Silakan tekan pada link/tautan Online Webcam Test pada akhiran artikel diatas. Agan bisa memakai itu untuk mengetes kamera laptop secara online.

    1. Maaf saya masih kurang paham terhadap pertanyaan agan. Apakah agan ingin kamera tetap nyala disaat komputer dimatikan (setelah menekan tombol Shutdown)? Apakah benar?

  10. kalau untuk kamera model laptop HP gmn caranya ya k untuk pnggunaan kameranya.. karena saya coba f4 n fn tidak bisa. trmksich.

    1. Silakan masuk ke Device Manager, kemudian lihat apakah ada Imaging Devices, jika ada silakan klik kanan pada driver kamera yang tampil disana.

      Lalu tekan tombol Enable. Setelah itu reboot dan kamera telah diaktifkan.

  11. icon camera di keyboar nggak ada.. tapi klo icon icon lainya ada seperti wifi.. pengatur gelap.. untuk icon kamera nggak ada..

    1. Apabila saat ini memakai Windows 10, silakan menuju Settings -> Privacy -> Camera. Lalu hidupkan pada opsi bernama Let apps use my camera.

      Namun jika tidak memakai Windows 10, silakan dicek terlebih dahulu pada Device Manager apakah terdapat perangkat pada bagian Imaging Devices. Jika terdapat perangkat disana, berarti seharusnya fitur kamera/webcam sudah aktif.

  12. Notebook teman sy Acer AO756 baru saja sy install driverx, untuk webcam sudah ada tapi tidak tahu cara memunculkan cameranya, dan tombol untuk gambar webcam tidak ada… tolong solusi untuk memunculkan cameranya… trima kasih

  13. Ka, kalo gak ada imaging device trus udh di coba Fn + F7 yg ada gambar kamerany tetep gak bisa gmn ya kak ? apakah ada cara lain ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.