Trik Memainkan Game Android Tanpa Ngelag dengan GL Tools

Pernah tahu tentang aplikasi Chainfire 3D yang digunakan untuk mengatur grafik pada aplikasi ponsel Android? Alat tersebut sangat berguna untuk ponsel golongan low-end dan bisa membantu untuk meingkatkan kualitas gambar atau mengurangi texture supaya ketika memainaknnya tetap nyaman dan tidak pernah mengalami force close akibat beban dari grafik yang berlebihan. Pada dasarnya Chainfire hanya digolongkan lebih untuk Android versi 2.3 (Gingerbread) dan untuk keatasnya tidak akan bisa menggunakan Chainfire 3D ini karena sistemnya yang sudah berbeda, tapi ada beberapa ponsel sejenis Samsung dan Sony dan bisa menggunakan Chainfire 3D ini meski versi Andorid Jelly Bean, namun hal tersebut cukup mengawatirkan terjadinya bootloop jika dilakukan pemasangan pada Andorid Gingerbread keatas.

Apakah kira-kira ada aplikasi sejenis Chainfire 3D yang bisa digunakan pada Android 4.0 keatas? Tentu saja ada, dan bahkan memiliki fitur yang lebih baik dan bisa kinerjanya sama-sama menambah performa maupun mengurangi texture. Aplikasi yang akan Saya bagikan bernama GL Tools dan telah tersedia pada Play Store, hanya saja aplikasi ini berbayar dan harus dibeli untuk bisa menikmatinya. Tapi pada artikel ini akan Saya bagikan secara gratis dan tata cara penggunaan yang sangat sederhana. Faktanya, tidak banyak ponsel yang mendukung aplikasi ini dan sepertinya hanya ponsel low-end yang beruntung saja. Diperkirakan untuk ponsel buatan China, 90% bisa menggunakan GL Tools ini.

Saya sendiri menggunakan GL Tools ini untuk memainkan game HD yang terasa sedikit laggy, jadi dengan mengurangi sedikit texture akan membuat laju game lebih cepat dan ini sangat cocok untuk game 3D dengan kualitas High Graphic. Ada banyak game yang bisa dilakukan tweak dengan GL Tools, contohnya seperti GTA, Gangstar Vegas, Real Racing 3, dan banyak lagi game HD lainnya. Ada beberapa kualitas texture yang ada dan pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan. Begitupula dengan memanipulasi sebuah aplikasi, diadakannya fitur Fake GPU yang membuat ponsel layaknya memiliki GPU tinggi, dengan begitu kualitas gambar akan lebih baik dan tajam.

Aplikasi ini tidaklah berbahaya untuk sistem dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan Baterai, jadi jika pengguna merasa bahwa baterai terasa terkuras, itu bukanlah sebab dari GL Tools. Sebaiknya sebelum menginstall GL Tools secara keseluruhan, dianjurkan untuk memiliki full backupan sistem, karena aplikasi ini akan melakukan write pada sistem, dan resiko yang akan dihadapi ketika gagal adalah Bootloop, jadi sebaiknya bersiaplah untuk menghadapi itu dan tetaplah berfikir positive karena ini hanya sebuah aplikasi saja dan tidak akan bisa merusak ponsel. Berikut ini tata cara install GL Tools dan cara penggunaan yang sederhana.

  1. Pertama – tama silahkan unduh GL Tools pada bagian bahwa artikel ini dan pasang. Untuk saat ini pastikan telah memiliki full backupan ponsel dar CWM ataupun TWRP.
  2. Selanjutnya silahkan hidupkan koneksi internet dan buka aplikasi GL Tools dan centang pada ketiga menu yang tersedia, lalu klik Install. Ada 2 jenis mode Installasi, sebaiknya pilih pada bagian kiri. Jika muncul sebuah popup yang menyuruh untuk membuat file uninstall_gltools.zip silahkan klik OK. Maka ponsel akan reboot.
  3. Tunggu hingga ponsel melakukan reboot dengan sempurna, biasanya ini akan sedikit lama akibat ada perubahan sistem dan proses boot media pasti akan menganalisa file sistem.
  4. Jika ponsel berhasil booting, pertanda sukses memasang GL Tools, namun jika sekitar waktu 10 menit masih ada pada logo ponsel, itu pertanda gagal dan mengalami bootloop.
  5. Sekarang silahkan buka kembali aplikasi GL Tools dan pilih game mana yang akan sekiranya terasa berat ketika dimainkan. Silahkan atur seperti pada gambar dibawah ini.

    Mode Normal (Tidak Mengurangi Texture)
    Melakukan tweak game dengan GL Tools

    Mode Normal (Mengurangi Texture)
    Melakukan tweak game dengan GL Tools

    Mode Overclock
    Melakukan tweak game dengan GL Tools

  6. Beberapa diatas sudah bisa memperbaiki grafik yang ada pada game dan silahkan pilih salah satu sesuai kebutuhan, Saya tidak menyarankan pada mode overclock untuk digunakan memainkan game jangka lama karena itu akan memaksa sistem untuk bekerja lebih keras.

Yang terpenting dari penggunaan aplikasi GL Tools ini adalah melakukan centang pada bagian Use supaya bisa terasa efek ketika menggunakan GL Tools. Jika dibandingkan dengan Chainfire 3D, tentu GL Tools jauh memiliki GPU yang banyak sekali, sedangkan jika Chainfire 3D hanya ada 3 saja yang ditemukan saat ini. Saran Saya silahkan gunakan GPU Adreno 320 saja, sebab jika terlalu tinggi bisa menyebabkan game hanya menampilkan warna hitam dan tidak bisa dimainkan. Untuk mengunduh GL Tools, silahkan klik banner hijau dibawah ini.

DOWNLOAD

Untuk tata cara uninstall GL Tools dengan benar, pastikan terdapat file bernama uninstall_gltools.zip pada folder SDCard. Jika ada, selanjutnya cukup uninstall GL Tools terlebih dahulu melalui manajer aplikasi, selanjutnya menuju recovery dan Install pada file bernama uninstall_gltools.zip tadi. Tunggu hingga proses selesai dan lakukan reboot. File uninstall tersebut dibuat langsung oleh GL Tools ketika melakukan penginstallan pertama kali. Dengan menginstall file tadi, seluruh berkas yang pernah ditulis oleh GL Tools pada sistem akan dibersihkan sepenuhnya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

36 comments
    1. Untuk mengantisipasi bootloop, lebih baik telah melakukan full backup melalui CWM atau TWRP gan. Namun jika terlanjur bootloop dan tidak memiliki full backup, solusinya harus di flash gan.

    1. Saya masih tak dapat menyimpulkan dengan baik apakah itu bekerja dengan baik pada ponsel tersebut. Tapi sebagai saran, cobalah melakukan full backup sebelum menggunkan aplikasi ini.

    1. Kalau masih force close terus, berarti GL Tools tak bisa membantu untuk mengurangi texturenya gan. Karena salah satu cara supaya game benar-benar halus ketika dimainkan adalah mengurangi texturenya bahkan sampai kelihatan tak bagus sama sekali.

    1. Ya, sepertinya bisa tapi Saya lebih menganjurkan bertanya-tanya di komunitas dulu seperti di grup Facebook yang membahas tipe ponsel tersebut supaya tidak ada kesalahan fatal nantinya.

    1. Sebaiknya tidak memakai cara ini dan lebih Saya sarankan memakai aplikasi Chainfire 3D dikarenakan ponsel tersebut masih memakai OS Gingerbread.

    1. Jenis ponsel Android memang berpengaruh karena chipset yang berbeda=beda dan Saya sendiri pun masih tidak tahu apakah ponsel tersebut mendukung atau tidaknya, tapi sebaiknya Anda tanyakan pada Grup Diskusi ponsel jenis tersebut di Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.