Cara Mematikan Fitur Sandi Atau Pola Kunci Layar Android

Mematikan Sandi Atau Pola Pada Android

Membahas soal ponsel Android memang tidak ada habisnya, selalu ada hal baru yang membuat ponsel ini semakin baik lagi dalam performanya. Apalagi saat ini banyak sekali smartphone yang telah memberikan kualitas yang sangat baik dan menggunakan platform Android.

Berbeda dengan iPhone yang tetap saja seperti itu hanya saja harganya lebih mahal karena produk buatan Apple yang sudah terbukti kualitas dalamannya. Sejak tahun 2012, ponsel Android mulai mendunia, pertama kali hadir dengan spesifikasi yang rendah, dengan RAM 256Mb, dan sekarang sudah menungkat pesat hingga 3GB atau lebih, bahkan sudah banyak yang digandeng dengan prosesor Intel, tentu akan lebih kuat dan cepat.

Mungkin saja Android akan menjadi layaknya ponsel yang mengimbangi kualitas komputer, karena begitu pesatnya pembaruan OS yang menghadirkan pesona baru yang membuat pengguna dibawahnya seperti ingin mencobanya. Jika dilihat dari RAM, suatu saat ponsel Android ini mungkin bisa mencapai 8GB, itu sudah cukup untuk dilakukan multitasking dari banyak aplikasi dan anti lambat, dan jika dipikirkan internal memory mencapai 500GB, mungkin orang bisa menyimpan segalanya tanpa membutuhkan kartu memory, dan layaknya HDD dalam sebuah PC.

Mungkin hal tersebut ada benarnya dibeberapa tahun mendatang. Tapi perlu diketahui bahwa masih tidak banyak orang Indonesia pengguna Android, untuk itulah bagi pemilik ponsel Android harus bersyukur karena bisa menikmati fitur yang luar biasa.

Yang paling banyak dilakukan oleh banyak orang adalah mengubah model kunci ponselnya dengan sandi atau pola, dan itu sedikit bahaya bagi orang pelupa dan lebih menginginkan untuk mematikannya saja. Menurut Saya sendiri masih baik menggunakan sandi dibanding pola karena kata bisa diingat dengan baik dibanding lekukan pola yang kadang membingungkan.

Mungkin kebanyakan yang menggunakan fitur ini adalah orang yang sering melakukan komunikasi, dan orang tersebut tidak ingin diganggu ponselnya dengan cara memberinya sandi yang tidak akan bisa dimasuki oleh sesorang. Meskipun lupa, sebenarnya masih bisa dipulihkan, tapi bagaimana jika cara mematikan fitur tersebut ?

Mematikan fitur ini sebenarnya sangat mudah, karena hanya menuju menu keamanan dan mematikannya, tapi terkadang menu untuk mematikan tersebut tidak bisa digunakan layaknya tombol yang tidak bisa diklik dan terdapat tulisan fitur dimatikan dari administrator.

Tentu hal seperti ini yang sedikit menjengkelkan apabila sebelumnya bisa mengaktifkannya dengan mudah, tapi sulit untuk mematikannya. Disaat orang mengaktifkan fitur ini, biasanya tidak akan tahu jika orang tersebut telah melakukan hal yanng membuat fitur untuk mematikan tidak bisa digunakan, dan salah satu caranya adalah membuatnya bisa matikan. Berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan Android dan menuju Pengaturan lalu klik menu Keamanan.
  2. Selanjutnya pada halaman Keamanan silahkan klik pada menu Gembok Layar. Selanjutnya masukan sandi/pola yang digunakan saat ini
  3. Lalu sekarang tinggal klik menu Tidak ada, dan tes, coba kunci ponsel lalu hidupkan, apakah masih ditanyai tentang sandi/pola ?
  4. Jika menu “Tidak ada” tidak bisa diklik, dengan maksud terdapat pemberitahuan dinonaktifkan oleh administrator perangkat, silahkan kembali ke menu Pengaturan.
  5. Pada menu Nirkabel & Jaringan silahkan klik Selengkapnya, dan akan tampil beberapa menu, silahkan klik pada VPN.
  6. Pada halaman VPN, silahkan hapus semua VPN yang ada, dan jika sudah, tinggal coba lagi seperti cara pertama, dan menu “Tidak ada” pasti sudah bisa diklik.

Cara diatas akan sangat sederhana apabila sambil dipraktekan. Karena ini hanya soal tombol yang seakan tidak bisa diklik akibat perintah dinonaktifkan oleh perangkat. Dan pada Android 4.0 keatas ini dikarenakan adanya VPN yang terdaftar, jadi secara otomatis harus menggunakan beberapa pilihan aman untuk membuat ponsel juga tetap aman.

Karena VPN ini juga bersifat meng-enkripsi jaringan supaya lebih aman, dan tidak bermaksud merusak. Lagipula saat ini banyak sekali aplikasi VPN yang bisa digunakan lebih mudah dan tidak membutuhkan ijin administrator untuk menghidupkan keamanan gembok layar. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

76 comments
  1. Bang admin emg top markotop nih,, jempol 4 buat bang admin. Info yg mnolong bgt. Hp samsung A5 ane langsung ilang kunci pola nya πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  2. ponsel android saya hilang, kemudian saya kunci dengan kode xxx menggunakan aplikasi jarak jauh. saat ini ponsel hilang sudah ditemukan. tapi saya tidak bisa membuka pesan di layar pembuka meski sudah saya berusaha membuka kunci. mohon bantuan

    1. Wah jika seperti itu harus di factory reset ponselnya, bisa memakai tehnik wipe 3 jari. Silahkan cari di Google berdasarkan ponselnya, karena setiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda dalam mereset pengaturan.

  3. Kak ak lg ada masalah nih mau menon aktifkan kunci layar hp tapi tidak bisa udan ke menu VPN tapi di klik kosong. Gimana nih??

    1. Tidak gan, sertifikat original masih tetap aman. Yang dihapus hanya sertifikat external yang mana kebanyakan orang tidak pernah memakai fitur ini. Dan sertifikat external pun masih bisa ditambahkan lagi seperti biasa.

  4. gan kalo vpn nya kosong gimana ?
    hape saya posisi terkunci dengan mode pola dan mau saya ubah ke mode geser tapi ada tulisan telah dinonaktifkan oleh administrator, enskripsi, dan kredensial

    mohon bantuannya gan ..

  5. Maaf mas mau tanya, hp saya Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H.

    Saat ini saya pake kode pin buat hp saya, nah saya mau hapus pin itu.
    Tp kok wkt saya ikutin instruksi dr mas ga bs ya, mohon bantuannya mas makasih.

    1. Mungkin masalahnya berbeda karena mengaktifkan kridensial password, akan Saya bagikan tata cara menghilangkan kridensial password tersebut pada website ini, silahkan tunggu ya πŸ˜€

  6. caranya restart hape gimana agar data yang sudah ad di Hp gak ikut hilang? takutnya banyak data yang hilang
    mohon bantuannya, tks

    1. Data yang diperlukan sebelum melakukan reset ponsel adalah kontak dan perpesanan, jadi silahkan backup itu terlebih dahulu dengan bantuan aplikasi pembackup sejenis Titanium Backup yang bisa dijumpai pada Play Store.

    1. Boleh Saya tau jenis ponsel apa yang digunakan saat ini? akan Saya bantu hingga permasalahannya selesai. Atau untuk respon yang lebih cepat, silahkan kontak email melalui halaman yang sudah disediakan.

    1. Password tersebut adalah kata sandi ponsel saat sekarang ini. Jika menggunakan mode pola, pasti akan tampil sebuah pola ketika ingin menghapusnya.

        1. Ya, sejenis aplikasi yang telah diunduh dan semua kontak yang tersimpan pada telepon. Jadi untuk jaga-jaga bisa melakukan backup kontak dan perpesanan terlebih dahulu sebelum melakukan restart.

  7. makasih gan. membantu sangat tadinya sya pasrah hahaa stlah sya baca blog ini trnyata berhasil..makasih yaa

  8. Terimakasih gan…berhasil. tdnya sdh bingung gmn matiin pin…soale gak sengaja buat pin layar. akhirnya bisa bebas tanpa pin.mksh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.