Cara Mengatur Ulang Password Kredensial di Android

Password kredensial yang ada di Android biasanya digunakan ketika pengguna menambahkan sertifikat baru dan untuk beberapa ponsel, tidak akan bisa mengatur screen lock sebagai none maupun slide dan hanya akan tampil greyed out atau dengan maksud tidak dapat di klik. Untuk beberapa kasus, kolom untuk mengisikan kredensial password ini juga ditemui ketika menambahkan sebuah jaringan VPN baru yang mengharuskan pengguna untuk mengisikannya walau pengguna tidak berpikir pernah membuatnya.

Untuk itulah kenapa Saya membuat artikel ini untuk membantu pengguna mengganti password kredensial yang ada di ponselnya dengan cara yang mudah dan sepenuhnnya aman. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan aplikasi pembuat Shortcut, jadi pengguna mengaturnya untuk mengambil lokasi shortcut langsung ke VPN, dan ketika diklik maka akan ditanyai untuk memuat kredensial password yang baru. Tapi berbeda lagi apabila pengguna masuk melalui menu VPN maka akan langsung ditanyai pada kolom baik itu password, pin, ataupun pola.

Tapi cara yang akan Saya bagikan jauh lebih mudah dan tidak rumit dan tentunya berhasil. Jadi nantinya ketika pengguna akan ke menu VPN atau memasang sertifikat baru akan ditanyai untuk membuat password kredensial yang baru. Pada dasarnya password kredensial ponsel Android adalah 1234 atau 0000, tapi apabila tidak bisa dan pengguna terus mencoba untuk membuka dengan segala kata sandi yang salah selama 3 kali, maka akan ada masalah yang datang pada ponselnya. Berikut ini tata cara mengatur ulang password kredensial pada Android.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan ponselnya dan langsung saja menuju menu Pengaturan.
  2. Sekarang silahkan skroll kebawah dan pilih menu Keamanan atau Lokasi dan Keamanan.

    Cara Menghapus Password Kredensial pada Android

  3. Sekarang pengguna cukup skroll kebawah dan temukan menu bernama Hapus Kredensial, silahkan klik dan jika muncul jendela dialog, pilih YA.

    Cara Menghapus Password Kredensial pada Android

  4. Tahap terakir, cobalah masuk menu VPN pada bagian Jaringan di pengaturan, pasti akan ditanyai untuk membuat password kredensial.

    Cara Menghapus Password Kredensial pada Android

Cara ini juga berguna untuk pengguna yang tidak bisa mematikan fitur password, pin, ataupun pola pada kunci layar. Jadi intinya hanya menghapusnya saja. Efek ketika menghapusnya hanyalah sertifikat yang dipasang pengguna secara manual akan hilang. Tapi tidak perlu khawatir karena sertifikat asli ponsel akan masih terjaga. Daripada menggunakan cara paksa dengan ponsel yang telah diroot, sebaiknya menggunakan cara diatas. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang menghapus password kredensial, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

156 comments
    1. Saya ulangi sekali lagi bahwa dengan menghapus kredensial, tidak akan menghapus data yang ada di ponsel. Ini hanya akan menghapus sertifikat SSL yang pernah ditambahkan secara mandiri. Sementara itu sertifikat SSL default pada ponselnya akan tetap ada dan takkan terhapus.

  1. Alhamdulillah, terimakasih telah membantu,, semoga ilmunya bermanfaat untuk umat dan menjadi ladang amal jariyah…

    1. Silakan menuju bagian Pengaturan > Keamanan > Administrator Perangkat. Kemudian jangan centang setiap aplikasi yang ada. Setelah itu coba lihat tombol untuk menghapus kredensialnya sudah dapat diklik atau belum?

  2. Makasih.. Haduuh sya barusan hapus kredensial krna ga bisa non aktifin pssword.. Buka2 google lsg dpt jwaban dsini..
    Tadinya ketar ketir takut knpa2…. Makasih bang.. Sukses terus ya.. Ilmunya brmanfaat..

  3. Min, cara ini bisa dilakukan berkali2 ga? Atau hanya sekali doang? Soalnya nya kan tombol “hapus kredensial” nya udh ga bisa diklik lg tuh pas udh berhasil, takut nya kejadian lg gtu πŸ˜‚πŸ˜‚

  4. Min, di hp aku oppo f1s udh bisa ga pake sandi , cuman ga bsa dibuat geser.
    Gimana caranya yah?
    Soalnya dia langsung kek efek tak ada satupun

  5. yeeeaaay berhasil…
    tengkyu banget yaa
    yang belom nyoba, jangan takut hapus kredensial nya yaa.. ga bakal kehapus yg macem” koq ..
    πŸ™‚ πŸ™‚
    skali lagi.. makasi banyak bang roby

  6. alhamdulillah bisaπŸ˜€πŸ˜€
    makasi min buat infonya
    awalnya bingung vpn2 itu
    tp abis hapus kredensial it bisa balik lg kunci layar usapnya
    makasiii

    1. Sesuai keinginan gan, jika ingin mengunci geser, cukup pilih Geser. Sedangkan apabila tidak ingin membuat ponselnya terkunci atau dengan maksud langsung terbuka setelah menekan tombol power, cukup memilih tidak satupun.

  7. Maaf, kalo hapus kredensial, akibatnya apa aja ke hp?? Apakah fatal? Atau hapus kredensial hanya sebatas menghapus sandi?

    1. Agan bisa melihat dari beberapa komentar yang Saya lontarkan dibawah. Dan mungkin ini akan menjadi komentar terakhir dari pernyataan mengenai hal ini. Bahwa menghapus kredensial TIDAK AKAN mempengaruhi apapun kecuali pada layar kunci ponsel dan kredensial yang SEBELUMNYA PERNAH DITAMBAH SENDIRI. Jadi kredensial utama atau original pada ponsel akan TETAP TERJAGA dan tidak dihapus.

    1. Cukup menghapus kredensial saja sudah dapat mengatasi masalahnya kok gan. Maksud dari tutorial menuju VPN diatas hanyalah dipakai untuk memastikan saja apakah kredensial sudah benar dihapus atau belum.

      1. Woh kirain bakal nggak bisa pake vpn lagi gara2 hapus credential nya haha jadi dilema mau apus password tp malah gak bisa pake vpn, tp trnyata masih aman ya bang. Makasih sudah share info dan ilmunya bang

  8. Tanya:
    Klo hapus kredensial apa ~sertifikat kredensial terpercaya~ bawaan asli dr hpnya bakal ke hapus jg?
    Mksh

    1. Sertifikat asli ponsel Tidak Akan Terhapus dan hanya sertifikat yang ditambah sendiri oleh pengguna saja. Dan 99% pengguna android sepertinya tidak pernah menambah sertifikat external ini, jadi sekali lagi Saya katakan bahwa ini sangat aman sekali untuk dilakukan.

  9. Alhamdullih, hp kembali seprti semula n seharian full bingung n otak atik hp akhirnya dapt yg simple, aman tanpa efek samping, makasi kak

  10. wihh mantap gan udah saya coba hasilnya mantap pokoknya.dulu sempet binggung mau di apajn ni ponsel.thanks bgt gan udah bisa ngasih solusinyaπŸ˜€

  11. Waduh makasih banyak gan hampir aja mau ke konter bikinin ni. Thx infonya bermanfaat bgt. Bagi yang masih ragu dijamin 100% work gan ok

  12. Alhamdulillah.. thank mas buat infonya sangat membantu. Kalo di hp saya, menu nya seperti ini : Pengaturan – Pengaman – Penyimpanan kredensial – Hapus Kredensial. Buat yg masih ragu, jangan ragu ya. Soalnya saya udah coba sendiri. Dan hasilnya berhasil. Gak ngaruh apa2 buat kinerja android kita.

  13. kalau kunci layar geser gak bisa digunakan atau gak bisa di pakai bagaimana cara nya supaya bisa di pakai . pakai cara di atas masih bisakah ?

  14. Ya ampun, makasi banyak min, bermafaat banget postingannya. Aku udh bingung aja cara matiin vpn nya, untung aja bisa

  15. Makasih banyak gan atas artikel nya bener2bermanfaat sekarang saya sudah lega lagiπŸ˜† ga sia-sia saya mencobanya..sekali lagi terimakasih ganπŸ™πŸ™

  16. Makasih banyak artikelnya sudah sangat membantu, dri td siang ngotak atik hape, bngung knapa ga bsa hapus pola. Pdhl biasanya bisaa..
    Seneng bgttt akhirnya bisa hapus pola, jd tanpa kunci layar. Uuyeee ga hrs flash ulang ponsel…
    Semoga berkah ilmu nya gan

  17. thanks gan udh ane otak atik tetep hp ku ada polanya,tpi skrng udh bisa lagi tanpa pola thanks ya sob semoga makin berkembang nih blogsecond

  18. Ty bang bro , work tipsnya , awalnya lagi coba fitur smartlock eh pas mau balikin ke lock geser malah gak bisa sial, untung nemu artikel bang bro hahah

  19. Tengkyu Broo….. Berguna bner info yg di kasih,,jelas…..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ mdh2n dBls Allah deh udah mempermudah urusan org… Cuss…..

  20. Gan please info nya yach di hp oppo f1s saya ada tulisan hapus kredensial
    Hapus smua sertifikat

    Jika aku klik yes apa gak ke hapus nih gan.. Semua memory internal dan exterlan…please info nya yah gan soal nya kebingungan nih menontaktif kan sandi dari telpon gak bisa

  21. Sankyuu gan, akhirnya hp ane balik lagi ke semula. Tadi udah serasa mau jantungan, kirain kagak bakal bisa balik lagi dah…

    Sungkem mastah >//\\<

  22. Gan makasih banget ya buat info nya…bermanfaat bgt…aku dah jngkel td nya…skrg udh reda krna artikel yang anda buat sngat membantu saya☺☺ ni pin bbm saya 5b8aadbc mari bersaudara

  23. Punya saya masih gakbisa gan. Vpn udh kosong. Sy udah coba yg hapus kredensial. Tapi pas kembali ke vpn gak ada reaksi apa2. Jd hp saya gakbisa kembali pake sandi geser ya????? Hp saya huawei p8 lite gan.

  24. bener gan..tadinya sudah saya mau hapus kredensial tapi takutnya penting.. jadi searching dulu hehe..
    tank gan atas infonya..

        1. Tenang saja, sertifikat yang tersimpan pada ponsel masih tetap aman dan hanya menghapus sertifikat external saja yang mana sertifikat tersbeut juga bisa ditambah lagi.

    1. Mungkin bisa di-informasikan lebih lanjut mengenai hal apa yang akan dilakukan? Misalnya menambah VPN atau lain-lain? Karena di Android tidak akan bisa mematikan fitur kredensial dan satu hal untuk mengatasi masalahnya adalah menghapusnya.

    1. Tidak akan mengaruh sama sekali pada berkas file yang tersimpan baik pada kartu memori atau internal, karena itu hanya menghapus sertifikat yang ditambahkan sendiri oleh pengguna, tidak banyak orang menambahkan sertifkat sendiri dan hanya yang mengerti saja seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan debugging jaringan. Jadi intinya ini sangat aman untuk dilakukan.

  25. Menu hapus krendensial tidak bisa dipilih sama menggunakan hp samsung galaxy grand2. Bagaimana cara menghapusnya karena saya ingin menonaktifkan enskrip pada hp yang sebelumnya saya aktifkan?

    1. Wah Saya juga belum menerapkan cara ini dalam kondisi ponsel diencrypt. Mungkin satu-satunya cara untuk menghapusnya adalah flash ulang ponsel dan sebaiknya backup seluruh data yang penting seperti kontak, pesan, dan informasi pribadi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *