Mengatasi Charge Ponsel 99% Ke 100% Lama Sekali

Android Charging

Ada banyak ponsel Smartphone Android yang memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda, terkadang semakin tinggi kualitas ponsel tersebut maka akan semakin tinggi pula kapasitas baterai yang ada. Saat ini maksimal baterai yang pernah Saya temui untuk ponsel Android high-end rata-rata tidak sampai 5000mAh, mungkin setara 4000mAh keatas. Tentu ponsel akan sangat hemat dengan baterai yang memiliki daya yang tinggi, sedangkan untuk ponsel low-end, masih menggunakan daya kurang lebih maksimal 2000mAh kebawah dan tentu sehari harus melakukan charge 1 kali ataupun 2 kali tergantung kesehatan baterai juga. Jika baterai sudah digunakan lebih dari 1 tahun, tentu kesehatan baterai akan menurun, dan sekiranya 2 tahun atau 3 tahun, saat itulah waktunya untuk mengganti ke baterai yang baru.

Banyak orang yang kesal akibat baterai Android yang cepat habis, itu memang wajar tergantung penggunaan yang teratur, contohnya melakukan charge disaat telah mendapatkan notofikasi baterai lemah, melepas charge ketika baterai terisi penuh, dan tidak melakukan aktifitas berlebihan ketika ponsel sedang dalam kondisi charge. Ada orang yang sering melakukan hal yang membuat baterai tidak sehat dan mengingat masih banyak ponsel Android yang memakai tehnologi Li-Ion, jadi harus menjaga baterai tetap sehat, tidak seperti polymer yang lebih baik dalam penghematan energi, namun kebanyakan baterai tidak dapat dilepas mudah dan tidak banyak konter sekitar yang menjual baterai dengan tipe tersebut.

Bicara tentang baterai, Saya pernah mengalami masalah saat charge baterai dengan kapasitas 2300mAh yang seolah macet diangka 99%, dan setelah Saya ketahui lebih lanjut ternyata banyak juga yang mengalami masalah seperti Saya sehingga melakukan charge harus pada 99% saja. Tentu itu bukan hal yang baik, namun disini Saya memiliki beberapa solusi untuk memecahkan masalah tersebut dan tentunya harus dilakukan dengan sabar. Sebenarnya itu bukan masalah dari baterai, charger maupun ponsel, tapi pada dasarnya baterai dengan kapasitas yang tinggi harus dilakukan charge dalam waktu yang sedikit lama dibanding biasanya, setidaknya 4-5 jam. Berikut ini beberapa solusi yang bisa Saya bagikan menurut pengalaman. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Charge Semalaman – Untuk ponsel baru maupun yang telah memiliki umur beberapa bulan, cobalah untuk melakukan charge semalaman, mungkin 8 jam saja. Tidak perlu khawatir karena ini hanya dilakukan sekali saja dan tidak akan mempengaruhi kesehatan baterai. Cobalah melakukan charge dengan cara mematikan ponsel dan lihat apakah pada pagi hari telah 100%. Jika iya berarti waktu melakukan charge memang cukup lama.
  2. Lakukan Kaalibrasi – Untuk cara ini sering digunakan pada ponsel yang telah berstatus ROOT, dengan cara ini baterai harus benar-benar terisi penuh sebelum dilakukan kalibrasi, dan kamu pasti tidak akan lagi melihat pengisian hingga 99% saja, namun untuk hal ini juga ada efek sampingnya terhadap baterai, silahkan pelajari lebih lanjut pada Google.
  3. Gunakan aplikasi – untuk melihat perkembangan baterai, kamu bisa menggunakan sejenis Clean Master, maka setiap melakukan charging akan tampil tindakan apa baterai yang dilakukan saat ini, contohnya pengisian cepat untuk 10% hingga 80% dan pengisian lanjutan hingga 100%. Untuk pengisian lanjutan memang wajar jika lama karena menstabilkan dari pengisian cepat.
  4. Cabut lalu Pasang – Silahkan cabut charger dan pasang ketika 99%, apabila sedikit lama langsung 100% berarti terdapat kesalahan pada baterai, namun jika tetap 99%, kemungkinan baterai memang harus dilakukan charge lebih lama.

Cara diatas bisa kamu coba dan Saya lebih menyarankan dari atas ke bawah, sebab dengan mengetahui baterai full 100% dengan waktu yang lama, jam tidur adalah solusinya. Pastikan kamu menggunakan charge asli dari ponsel, sebab hanya itulah yang cocok dan tidak merusak perkembangan baterai, adapun charger yang memiliki penyerapan listrik yang tinggi pastikan membeli yang bagus, cocok, dan tidak membuat ponsel panas. Tapi meskipun membeli charger bagus, Saya lebih menyarankan untuk menggunakan charger asli, supaya tetap aman dan awet saat digunakan sehari-hari. Mungkin kamu pernah memiliki pengalaman yang sama seperti Saya, silahkan tambahkan komentar apabila kamu memiliki solusi yang lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

33 comments
  1. Saya mau nanya, saya ngechas hp mentok 99 persen tapi malah berkurang, kemudian dikosongin sampai nol terus di chas lagi keadaan mati, baterai udah 82 tapi berkurang juga dan saya coba ngechas lagi keadaan hidup mentok di 98 persen, itu kira kira solusinya apa? Thanks

  2. hp saya mentok dicas smpe 82%, walaupun dicas lama gk bisa nambah, itu maslahnya di HP Apa btrainya ya? terima kasih

  3. Punya saya kalo ngecas semalaman -+8jam pas di lihat paginya 100% tapi sesudah di cabut -+1 menit jadi 99% tapi kalo dari 80% kebawah turunnya itu lama banget (TAHAN LAMA).
    Jadi kesimpulannya apakah itu NORMAL gan?

  4. Ka aku mau nanya.. Gini hp ku kan wktu prtama kali beli itu ngechargher nya smpy 99% aja gak bisa 100% klo mau ngechargher smpy 100% itu mmbutuhkn wktu yang lama bngt nahh trus klo chrgrnya smpy 8 jam lebih itu gimna boleh kh? Hbis nya btry nya klo di chrgr cuma 99% gak bisa nyampe smpe full

  5. Saya baru ganti baterai hp zenfone 2 ori. Begitu charg pertama, mentoknya hanya 92%. Saya coba pakai sebentar, lalu saya charg posisi hp mati, ttp jg mentok di 92%…

    Saya kembalikan baterai yg lama charg bisa mencapai 100%. Kira2 masasalahnya dimana itu ya mas…
    Trims sebelumnya….

  6. Hp Saya polytron zap 6 power, udah di kalibrasi trus di abisin batrenya sampe 0% (hp mati)trus saya charge dalam kondisi mati.. Udah 86 % saya tunggu 1 jam gak nambah, tetep 86% . gimana tuh?

  7. Saya baru bli hp samsung ace3 dari tmn bekas ktnya baru ganti batrei saya liat si batreinya ori tp bbrapa hari tiap x di cas ko gk mau penuh 100% paling mentok di 80% casan padahl ori bawaan pabrik itu apanya ya

    1. Coba dulu salah satu dari tips diatas gan, apabila masih tidak bisa juga berarti terdapat masalah hardware yang membuat proses charging tak dapat penuh dan bukan dari sisi baterainya.

  8. Mau tanya battery saya kan baru saya udh ngecas 4 jam ngecas posisi hp mati udh 100% eh pas di cabut tgl 89% jd setiap ngecas di matiin selalu gitu tp kalo ngecas di nyalahn hp nya bener 100% full iti kenapa ya

    1. Biasanya masalah ini datang dari sistemnya gan apabila baterainya masih baru. Ada juga ponsel sejenis itu yang mana tidak selalu bisa tahan 100% sedikit lama dan tiba-tiba langsung 90%. Sebaiknya tanyakan dahulu ke komunitas yang membahas tentang ponselnya apakah sejak mereka juga mengalami hal yang sama atau tidak.

    1. Mengisi ponsel hanya memakan waktu kurang lebih 2 jam atau 3 jam, jadi jangan melakukan charge semalaman, atau jika tidak ada waktu untuk melakukan charge ponsel secara benar, belilah stop kontak timer, dengan begitu meski ponsel dicharge dalam waktu lama pun sudah diatur untuk 2 jam atau 3 jam saja.

  9. Kalo masalah saya, hp dicas selalu tidak nambah di 60% keatas, gak pernah penuh. Saya juga sudah coba cara ketiga, dan sukses. Tapi tiap nambah 10% kadang kurang kambuh lagi gak nambahnya, di cabut baru nambah lagi. Kalo masalahnya seperti itu, yg salah apanya ya? Dan solusinya apa? Thx

    1. Bisa jadi terdapat masalah kompatibilitas charger dengan baterainya, atau baterainya yang bermasalah. Untuk menguji baterai bermasalah tidaknya bisa menggunakan cas duduk dan cobalah untuk mengisi sampai penuh lalu cek pada ponsel seberapa persen yang didapat. Apabila bisa 100% atau setidaknya 90% keatas berarti baterai normal. Tapi jika masih tetap seperti sebelumnya, berarti ada kemungkinan 2 sebab yaitu baterai bermasalah atau colokan charger ponselnya.

  10. Saya bru beli advan S6 v,knp hp bru saja di charge krng lbh 4 jam.pas dpke bru jg brberp jam knpa mlh dah lowbt lg n law di charge jg lma

    1. Kalo boleh tahu, berapa besar kapasitasnya dan itu bisa jadi dikarenakan tidak ada fitur fast charging. Saat ini kebanyakan ponsel Advan dan Evercoss tidak memiliki fitur fast charging, contohnya Advan s50f juga

  11. gini sob saya punya smartphone dan diisi seharian itu udah 100% tetapi bila di cabut baterai menjadi 99% ada apa ya kira2 dngan baterai saya??? mohon jawab sob

    1. Hal itu bisa dikarenakan dari hardware, baterai, ataupun sistem ponsel. Salah satu cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan kalibrasi baterai, tapi apabila tidak bekerja, harus dilakukan servis hardware.

    1. Apabila sudah sampai 99% silahkan lepas saja, dan apabila belum sampai 99% jangan sampai dilepas. Bisa jadi itu kesalahan sistem ponsel dan bukan dari baterainya. Karena tipe baterai ponsel sejenis Ion apabila dilakukan charge berlebihan akan berdampak buruk pada baterai itu sendiri yang mengakibatkan daya/kemampuan yang berkurang.

  12. Saya juga pernah ngecas batry karna sering maen game sewaktu di cas lama 3 jam lebih tapi masih 75% udah saya cabut karna lama tapi saya sekarang mah sudah tidak lg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.