Cara Menampilkan Error/Kesalahan Pada PHP

PHP Elephant Logo

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan error pada PHP. Tentunya selalu mengacu kepada kode yang memiliki kesalahan tertentu, baik itu Fatal error, atau yang lainnya. Disini akan Saya bagikan cara mudah menampilkan teks error di PHP. Beberapa orang mungkin ingin menampilkan kesalahan dari kode saat mencoba sesuatu dalam mode debugging, Kadang sebagian hosting tidak menampilkan error dari kode dan hanya dapat dilihat dari logs panel saja, tapi yang akan Saya bagikan kali ini, dapat dilihat langsung dalam bentuk teks.

Bentuk yang terdapat pada error bermacam macam, contohnya seperti fatal error, User autentikasi error, error pada sistem fungsi, dan lain-lain. Semuanya memiliki berbeda level dan dapat ditampilkan menjadi satu yakni menggunakan E_ALL. Berikut ini contoh pemanggilan dari salah satu file penting. Dapat melalui file PHP langsung, php.ini, atau dari .htacceess. Silahkan lihat dibawah ini.!

file.php

ini_set('display_errors', 1);
//Atau
error_reporting(E_ALL && ~E_NOTICE);

php.ini

display_errors = On
error_reporting = E_ALL & ~E_NOTICE

.htaccess

php_value display_errors 1

Kamu dapat menggunakan salah satu dari ketiga diatas, dan khusus php.ini, file ini jarang bisa digunakan langsung dari ROOT web, karena di beberapa Operasi Sistem, file tersebut bisa ada di folder /etc/ atau /etc/php5/apache2/. dan hanya dapat diedit dengan bantuan SSH shell akses. Untuk .htaccess dan PHP pasti sudah tau cara menggunakannya. Beberapa hosting mungkin men-disable format pemanggilan php value error di .htaccess, dan menurut Saya memang lebih baik memakai langsung fungsi dari PHP asli yaitu error_reporting().

Seperti yang Saya katakan diatas, ada bermacam-macam level error, dan kamu dapat menampilkan itu semua atau dapat memilih sesuatu error yang penting. Semua level dapat dilihat DISINI.

Dengan cara ini, kamu dapat melihat suatu kesalahan pada kode atau lainnya saat mode debugging. Saya sendiri menggunakan fungsi error_reporting(), karena server yang Saya gunakan, ketika terdapat kesalahan pada kode selalu menampilkan halaman putih kosong, jadinya harus menuju halaman check syntax atau panel untuk melihat error.
Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan komentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *