Cara Mereset Ulang Kata Sandi Di BBM

BBM Logo

Seperti yang diketahui, aplikasi Blackberry Messenger atau yang bisa disebut BBM adalah aplikasi chatting yang sangat banyak digunakan oleh orang Indonesia dan sekitarnya. Setiap smartphone dapat menikmati aplikasi ini dan tentunya gratis. PIN dari BBM layaknya tanda identitas untuk dapat digunakan berhubungan pada teman, kerabat, dan orang lain. Setiap pin dapat diganti dengan cara login BBM di ponsel lain.

Mungkin banyak yang masih bingung tentang Blackberry ID yang ada di BBM. Sebenarnya hal tersebut adalah alamat surel (email) dan bukan PIN. Banyak sekali orang yang saat memiliki ponsel baru, akun BBM yang lama tidak akan digunakan lagi dan membuat yang baru. Sebenarnya meski punya ponsel baru, akun BBM yang dulu pun juga masih dapat digunakan, hanya kemungkinan PINnya akan terganti.

Tapi bagaimana jika ingin menggunakan akun BBM yang lama, sedangkan lupa kata sandinya..? Tenang saja, asalkan alamat email masih ingat, maka kata sandi dapat diubah kembali dengan mudah. Di website blackberry juga dapat meng-integrasi langsung dari semua akun yang ada. Jadi jika sewaktu-waktu lupa kata sandi, kamu tidak perlu membuka aplikasi BBM di ponselmu. Bahkan di komputer juga bisa mereset ulang kata sandi lebih mudah dan aman. Berikut ini tata cara mereset ulang password BBM secara mudah. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama buka email yang kamu gunakan sebagai Blackberry ID.
  2. Selanjutnya menuju ke halaman ini https://blackberryid.blackberry.com/bbid/recoverpassword/ menggunakan komputer atau ponselmu.
  3. Di halaman tersebut akan ada kolom yang disuruh untuk mengisikan Username. Silahkan isi dengan alamat email yang kamu gunakan sebagai Blackberry ID. Dibawahnya terdapat kolom untuk mengisikan kode Captcha, silahkan isi sesuai gambar. Lalu klik Submit
  4. Setelah itu buka email dan akan ada pesan dari BBM. Silahkan klik pada tulisan “Change your BlackBerry® ID password” dan akan diloncatkan kehalaman reset password.
  5. Di halaman reset password akan ada 2 kolom yang digunakan untuk menuliskan kata sandi baru. Silahkan isi kedua kolom tersebut dengan passwordmu yang baru dan jika sudah selesai tinggal Submit.
  6. Sekarang kamu dapat mencoba password barumu dengan login disitus BBM dengan cara mengeklik link “Sign In“.

Dengan begitu, kamu sudah dapat mengganti kata sandi dengan mudah dan bisa menggunakan ponsel atau komputer. Saya sendiri dari awal tidak dapat masuk ke BBM karena lupa kata sandi langsung bingung cara mengatasinya, dan saat itu koneksi internet juga tidak memakai wi-fi, jadinya terputus-putus dan loading sangat lama saat membuka aplikasi BBM. Tapi dengan cara diatas, tidak perlu menggunakan aplikasi BBM ketika lupa katasandi, cukup menggunakan browser internet saja. Dan rekomendasi browser paling cepat dari Saya yaitu UC Browser, jika ingin mengunduhnya silahkan klik disini.
Jika ada yang ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

93 comments
  1. Permisi, mau nanya. Saya sdh mengikuti cara” tsb, saya sangat yakin alamat emailnya sudah benar, tapi tetap tdk bisa dan uncul ‘Enter a valid BlackBerry ID username.’
    Kenapa ga bisa y? bagaimana solusinya? Thanks

  2. Maaf, mau tanya. Saya ingin ganti hp, dari bb ke samsung. Jika pakai Bb Id yang lama(tanpa ada yang lupa sedikit pun) apakah kontak akan hilang ? Saya cari cari informasi ada yang bilang jika nantinya kontak akan hilang, itu gimana ya ?

    1. Tidak perlu khawatir, Kontak tidak akan hilang apabila melakukan perubahan ponsel. Ini hanya sama saja layaknya meng-upgrade aplikasi BBM dan melakukan login kembali, dan kontak akan tetap sama dan tidak akan ada yang berkurang.

  3. kak, saya udah berulang” kali ngirim lupa password tp ttp tidak ada 2 kolom untuk membuat password baru tp langsung ke pertanyaan recovery password
    dimana yah tempat 2 kolom itu saya memakai gmail

  4. gan ane punya pacar trs pacar ane kena jambret akhirnya kan kita ga BBMAN tuh trs tiba” dia ngechat lagi tp dengan BBM id yang lama cuman beda hp tp merek hpnya sama (sonny)
    itu mungkin ga si pinnya ganti to tetep dengan pin yang lama?

  5. Misi… Saya punya pertanyaan. Saya sudah mengikuti stepnya namun pada saat saya membuka email fan mengklik ganti pasword blackberry id justru ada tulisan “tautan tidak lagi sah” bagaimana solusinya .. Terimakasih

    1. Coba diulangi sekali lagi, kemungkinan link yg diklik sudah usang, dengan maksud tidak bisa digunakan (expired). Jika masih tetap, silahkan coba menggunakan PC atau Browser lain untuk membuka Email provider.

  6. min…. …mo ngereset pass bb id di iphone muncul pesan
    If you can’t remember your password recovery answer, you can reset your BlackBerry ID.

    Warning: Any data that is associated with your BlackBerry ID, including your BBM contacts, will be deleted.

    To reset your BlackBerry ID, click “Send”. You will receive an email that will allow you to reset your BlackBerry ID account. Then open BBM and create a new BlackBerry ID account using your email address.

    apakah klo dilanjutkan proses reset password nya kontak2 bbm nya masih aman, klo ada warning sprti itu?
    terima kasih untuk pencerahannya

  7. Gan, hp saya hilang dicuri, dan sekrang saya sudah menganti kata sandi dan pertanyaan keamananya, apakah itu akan berdampak di hp saya yang hilang (offline). apakah bbm saya di sana masih bisa di buka atau tidak

  8. Bos,
    saya sudah reset ID BBM.
    yg pertama saya dapat link untuk mereset.,
    kemudian saya hanya dapat info seprti ini :
    Your request to delete the BlackBerry® ID has been completed.

    tanpa ada link, atau lainnya..
    ada solusi? trims

    1. Sepertinya ini kesalahan BBM. Coba ulangi sekali lagi. Jika tampil pesan seperti itu silahkan hubungi Saya pada halaman kontak blogsecond 😀

  9. knp ya gak muncul 2 kolom buat ganti password yg ada hanya pertanyaan warna favorit? mohon dibantu

        1. Sayangnya BBM saat ini tidak memiliki alternatif lain selain ini, jadi harus dipikirkan lagi pertanyaan keamanan yang dulu dan digunakan.

  10. gua kaga bisa” buat akun yg baru! nama pengguna nya harus yg baru! tp udh gua ganti” kaga bisa” juga, gmna tuh?

    1. Memakai ponsel BB atau Android ? Pastikan untuk mendaftar, username atau biasa disebut ID, isi sebagai Email, dan jangan lupa centang pada terms/ketentuan BBM, setelah itu tinggal daftar dan verivikasi akunnya lewat Email yang didaftarkan

  11. Terimakasih mas saya bisa pakai bbm kembali meski harus dengan bbm android dari data kontak HP BB saya yang lama (sudah gak dipakai) dengan cara diatas (mas rrobyf tulis tersebut) sebagai pengganti bbm android di tablet saya yang hilang karena tertinggal di taksi dan gak tahu juntrungnya kemana.
    Tapi saya masih ada pertanyaan
    1. Masihkan BBM android yang di tablet saya terselamatkan (kontaknya) jika saya lupa pakai ID BBM nya? Maklum waktu instal bbm android saya lupa pakai email yang mana? (yahoo atau gmail)
    2. ada ga cara untuk melacak posisi tablet saya yang hilang meski blom instal gps manager nya (atau apa namanya semacam ID untuk malacak posisi)
    Demikian terimakasih atas bantuannya.

    1. Selama sudah mengganti sandi BBM ID tersebut, akunnya akan tetap aman. Dan saat ini hanya operator saja yang dapat melacak lokasi tempat dimana kartu tersebut tertinggal, kecuali menggunakan GPS yang aktif atau keamanan pada gadgetnya pasti dapat dilacak dengan cara khusus.

  12. bang….
    help me……
    dulu saya dftar ID bbm mnggunakan smbarang email
    email yg saya gunaakan adlah : [email protected]
    dan email trsebut nama nya juga smbarang buat (gk bisa login ke gmail)
    na skrng saya ganti hp dan mu ambil ID bbm saya trsebut tp lupa pw nya
    bntuan nya bang
    sapa tau bisa bantu
    thx

    1. Jika dulu hanya sekedar daftar dengan email itu di BBM, berarti email tersebut belum didaftarkan di GMail. Jadi sekarang silahkan daftarkan email tersebut dan coba untuk lupa kata sandi.

  13. Kak, hp ku kn hilang
    Trus aku beli hp lg.. mau sign in bbm g bisa..
    Mlah ada tulisan ” Nama pengguna atau kata sandi ini belum dikaitkan dg blackberry id yg sah”
    Gmn solusi nya ?? Cz dsitu bnyk kontak penting

    1. Hal tersebut dikarenakan ID BBMnya belum diverivikasi saat pendaftaran. Untuk mengatasinya silahkan buka Email dan cari pesan dari BBM dan klik pada link verivikasinya. 😀

  14. Kak, saya punya masalah pada bb id saya, pasword bb id saya lupa, pas ganti pasword yg di bilang, “maaf bb id anda telah di hapus” saya minta solusinya dong. Bgmna cara mngembalikan bb id itu ?

    1. Kemungkinan besar ketika mendaftar BBM, pasti tidak mengklik link verivikasi di Email, jadinya BBM IDnya menjadi tidak sah dan dihapus.

  15. Email sama gmail sama aja kan?
    Aku buka gmail gak ada pesan baru tu kak. Gen? Tolong bantu dong
    🙂

  16. kaka, saya ada masalah lupa pada password bbm, tapi saya udh ikuti step2 nya, pada akhirnya saya kehilangan pin bb yg lama dan lebih parahnya lagi data, kontak, dll itu lost semua. jadi apa kaka ada solusinya agar pin bb lama saya kembali tanpa ada pin bb baru,tapi gak apa2 data, kontak bbm lost, yg penting pin bb lama saya kembali ??

    1. Cara diatas adalah salah satunya cara untuk lupa sandi, dan apakah sudah melakukan cara diatas dengan benar ? Coba ulangi sekali lagi. Pin tidak akan berubah selama email tetap sama.

  17. pesan yg saya terima tidak terdapat link, padahal sudah coba berkali2…
    sarannya dTunggu 🙂 thankZ…

  18. mau nanya. saya udah daftar bbm dua buah dgn satu email yg sama. saya mau bbm yg kedua yg pernah saya daftar,knp yg pertama saya daftar yg muncul lg..? gmn caranya?

    1. Pada dasarnya BBM hanya mengijinkan pengguna untuk mendaftar 1 akun dengan 1 email. Jadi tidak bisa apabila 2 bbm ada dalam 1 email yang sama.

      1. Sy jg py problem yg sama. Jd Gmana n caranya biar 2nya bs dipakai? Klo daftar ulang Tp BBM yg lama tetep aktif bs gk ya? Trz gmana caranya?

        1. Mengaktifkan 2 BBM dalam 1 ponsel hanya bisa digunakan di ponsel Android 😀 Di ponsel BlackBerry hanya mengijinkan untuk menggunakan 1 akun BBM saja.

  19. Gan, kan hp saya hilang dan bbm lama saya malah diutak atik ganti nama dan dp sama yang ngambil hp saya. Trus saya ganti password bbm nya lewat pc. Tapi tetap saja di hp saya yang lama dia tetap login, saya kira dengan saya ganti password bbm, disana langsung otomatis logout. Jadi bagaimana agar di hp saya yang diambil itu bbm nya bisa otomatis logout tanpa si pelaku logout?

    1. Sudah coba berapa kali untuk mengganti. Jika masih sekali, coba ganti sekali lagi. Biasanya BBM akan logout otomatis ketika password telah diganti.

  20. itu buka akun emailnya akun yang mana sih?
    kn yang bermasalah password akun gogle gan, gimana bukanya ? mohon dijawab yaaaa

    1. Begini, Email yang didaftarkan pada BBM tidak hanya email dari google saja, namun banyak juga yg memakai email dari provider lain seperti yahoo, microsoft, dan lain-lain. Ketika lupa kata sandi BBM, tentunya ingin mengatur ulang kan 😀 nah cara diatas adalah salah satu yang bisa dicoba. Jadi yang bermasalah bukan password emailnya namun password BBMnya, dan memulihkannya harus dari emailnya.

  21. punya saya ga ada link yang membawa ke halaman pergantian pasword gimana mohon bantuannya

    1. Coba menggunakan aplikasi untuk membuka email, contohnya Gmail, Ymail, dll. Jika masuk email menggunakan Operamini, linknya memang tidak terdeteksi. Jika tidak ingin repot silahkan buka dari komputer dan link ubah password akan tampil

  22. saya sudah melakukan cara diatas tapi “change your Blackberry ID passwordnya” klik yang mana ? soalnya kalimat itu gak bisa di klik?

    1. Coba membuka Email dari komputer. Jika lewat komputer, teks tersebut akan bisa diklik. Alternatif jika menggunakan ponsel Android silahkan buka menggunakan aplikasi email seperti Gmail, Ymail, dll. Jika memakai browser sejenis operamini atau browser bawaan HP, teks tersebut memang tidak bisa diklik.

  23. gan mohon bantuannya, aku lupa kata sandi, terus pas mau buat sandi baru yang keluar malah kata-kata ini gan,
    “Anda telah melebihi jumlah maksimal upaya mengautentikasi kredensial Anda. Demi alasan keamanan, fitur ini telah dikunci selama 15 menit”
    pdahal udah di tunggu selama 15 menit, masih tidak mau. Mohon bantuannya gan. Terima Kasih

  24. gan pnya ku, ku reset kox kemdian dah ku ganti passwdnya.
    tapi trnyata yg ganti malah passwd email nya

  25. Saya sudah melakukan cara diatas 1-3 tetapi pas saya buka email cuma ada baacaan “Change your BlackBerry® ID password” TAPI TIDAK ADA TULISAN U/ diloncatkan kehalaman reset password. adanya alamat link yg menuju untuk melakukan cara no 1-3 ?? Itu gimanaa yaaa?? Trs bbid saya juga udah di kunci apakah masih bisa untuk merubah password karna lupa passwprd?? Terimakasihhhhh yaaaa

    1. Silahkan klik pada teks Change your BlackBerry® ID password. Jika tidak bisa diklik, silahkan menggunakan komputer/laptop untuk membuka Email.

  26. pin lama saya ingat. tapi masalahnya ketika ganti hp trus mau login yang saya ingat hanya passwordnya aja alamat emailnya saya lupa.

    jadi gimana solusinya???
    mohon dengan sangat agar di cari solusinya..
    tq…

  27. sy sdh ganti pasw..tapi ttp tdk bisa sign in. tinggal 3 kesemptn lagi. mesti gmn biar bisa aktif lagi bbm nya. ditunggu jwbnya,mksh

    1. Pastikan sudah mengisi username dengan benar, dan password di bbm sangat sensitif, jadi teks besar kecil harap diingat. Solusi lain, silahkan hapus data pada applikasi BBM, Atau install ulang BBM dan perbarui ke versi terbaru.

  28. mohon solusinya, saya sdh 10kali, dan saya nekat untuk meneruskan. Alhasil bbid saya terkunci. itu dikarenakan diemail tdk ada link atau tautannya ketika saya membuka email dr bb. Apakah msh bsa diperbaiki??

    1. Di email, linknya berbentuk HTML, jadi jika tidak dibuka lewat mode PC, link tersebut tidak bisa tampil seutuhnya. Kira2 kamu memakai browser/apps apa untuk melihat isi email ? 😀

    1. Itu pertanyaan yang sulit 😀 solusi untuk hal sejenis ini, adalah lupa kata sandi pada email terlebih dahulu. Biasanya saat mendaftar email mengharuskan mengisi nomor telepon, dan begitulah kegunaan nomor telepon untuk mengatur kata sandi ketika lupa.

  29. Cra ini untuk yg android jg kn mbk? Dan nntinya kontak yg ad d bbm kita yg dulu ttap sama kn mbk?

  30. ID BBM w Terkunci Bang ,udh w reset pas sama jawab prtanyaan nya ,ini udh 2hr tpp aj blm dapet emai,balasan ..toloong pencerahanny bang..

    1. Kira-kira menggunakan provider Email apa ya ? Gmail, Yahoo, Atau yang lainnya. Pastikan mengecek folder SPAM atau JUNK jika tidak ada pesan dari BBM untuk me-reset password.

    1. Untuk saat ini tidak pernah ada kejadian sejenis ini kecuali pergantian PIN. Apakah sebelumnya pernah membuka akun bbm yang lain di ponsel yang sama ? bisa jadi hal seperti ini mengikuti pergantian pin dari akun sebelumnya. Tips hapus data BBM dari manager aplikasi dan cobalah login kembali. 😀

    2. Ane punya masalah yg sama gan.. gimana ya caranya biar kontaknya tetap ada.. kontaknya penting bgt buat ane.. tolong solusinya gan..

    1. Saat pendaftaran BBM pastinya setiap pengguna baru disuruh menuliskan alamat surel (email) yang dapat digunakan untuk login/masuk ke BBM juga. Sama halnya facebook yang mengharuskan mengisi alamat email ketika lupa password. Dan untuk membuka email, silahkan menuju provider email yang digunakan, seperti gmail, yahoo, dll. Maka akan mendapat pesan dari BBM untuk membuat kata sandi yang baru. 😀

  31. saya ingin meningkatkan versi bbm,tetapi tidak ada perbarui di apl playstore.kalau bbm yg lama saya hapus terus download lagi apakah akun yg lama masih bisa di buka?

    1. Sebaiknya melakukan pembaruan melalui playstore, karena dapat mendeteksi langsung versi Androidnya. Jika tidak ada tombol “Perbarui” hal tersebut menandakan tidak ada pembaruan untuk versi Androidnya.

      Untuk mengganti BBM yang lama ke baru, cukup pasang dan timpa saja. 😀

Comments are closed.