≡ Menu

Cara Mengubah Font di Notepad dan Notepad++

Cara Mengubah Font di Notepad dan Notepad++

Font atau gaya tulisan pada suatu program kadang berbeda-beda. Seperti Arial, Times New Roman, Calibri, atau sebagainya. Terdapat banyak sekali font yang menyerupai namun berbeda nama, dan pada komputer Windows pun sebenarnya telah terpasang beberapa font yang bisa digunakan.

Pada Windows 10 di program Notepad, font yang digunakan secara default adalah Consolas Regular. Tulisan yang dihasilkan dapat terbaca dengan baik dan pastinya rapi. Tapi kamu juga bisa menggantinya dengan font yang lainnya.

Sementara itu di program Notepad++, font default yang digunakan adalah Courier New. Dan jika diperhatikan nyaris tidak ada bedanya dengan gaya tulisan yang lainnya. Namun terkadang seseorang lebih nyaman dengan suatu font, entah karena terbiasa atau lebih suka terhadap lekukan gaya tulisannya.

Perbedaan Program Notepad dan Notepad++

Kedua program tersebut sangat berbeda jauh, jika Notepad merupakan program bawaan Windows yang umumnya digunakan untuk mencatat atau menyimpan suatu teks. Sedangkan Notepad++ adalah program sejenis namun memiliki fitur yang lebih banyak dan ini bukanlah program bawaan, tapi bisa diunduh secara gratis di internet.

Di Notepad ataupun Notepad++ memiliki fungsional untuk mengubah font dengan segala font yang telah terpasang pada perangkat. Jadi pastikan saat ini font yang ingin kamu gunakan telah terinstal di sistem supaya nantinya terdeteksi dan bisa digunakan.

Mengubah Font di Notepad

  1. Buka Notepad.
  2. Klik tab Format.

    Klik Tab Format

  3. Lalu klik pada opsi Font.

    Klik Opsi Font

  4. Dibagian Font, silakan pilih font ingin digunakan.

    Mengubah Font di Notepad

  5. Setelah itu klik tombol OK untuk menerapkannya.

Jika sekiranya tulisan terlalu besar atau kecil setelah menggantinya, kamu masih bisa menyesuaikan ukuran tulisan tersebut dibagian Size. Normalnya disetel sebagai 11, dan silakan atur sesuai kenyamanan dalam membaca.

Mengubah Font di Notepad++

  1. Buka Notepad++.
  2. Klik tab Settings dan pilih Style Configurator.

    Menuju Style Configurator Notepad Plus Plus

  3. Dibagian Font Style, tepatnya pada opsi Font Name, silakan cari nama font yang akan digunakan.

    Mengganti Font di Notepad Plus Plus

  4. Lalu klik tombol Save & Close untuk menerapkannya.

Sama seperti di Notepad, kamu juga dapat mengubah ukuran ataupun gaya tulisan sesuai kenyamanan. Dan satu lagi, pastikan pada Style Configurator, diatur sebagai Global Styles supaya font dapat dipakai untuk segala jenis format teks atau kode (HTML, PHP, Javascript).

Baca juga: Cara Mengatasi Seluruh Kode Hilang di Notepad++ Akibat Crash

Kesimpulan

Selain cuma memilih nama font, pengguna bisa mengatur gaya dan juga ukuran terhadap tulisan, Contoh dari gaya adalah tebal (bold), miring (italic), atau normal (regular).

Lalu untuk ukurannya adalah sesuai dengan penglihatan masing-masing. Karena selera orang berbeda-beda, kadang suka dengan teks kecil, sedang, atau besar.

Apabila font yang ingin dipasang tidak ada, silakan cek lagi di pengaturan Windows, kira-kira apakah font sudah terpasang? Jika sekiranya belum, cukup instal terlebih dahulu dan pasti nantinya font tersebut akan terdeteksi di segala program.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment