≡ Menu

Cara Membeli Aplikasi di Play Store dengan Pulsa

Play Store telah lama menerapkan metode pembayaran melalui pulsa untuk pengguna Indonesia. Tentunya semua kartu seluler dapat dipakai untuk membeli produk di Play Store, baik itu aplikasi, game, buku, film, dan lain sebagainya.

Bahkan untuk sekarang ini sudah tersedia pula metode pembayaran baru berupa Gopay. Tapi pembayaran dengan pulsa lebih banyak peminatnya, itu karena prosesnya yang sangat cepat dan juga tidak ribet.

Melakukan pembayaran di Play Store dengan pulsa dapat dilakukan secara instan. Yang pasti, nomor yang akan kamu gunakan untuk membayar adalah nomor yang sedang kamu pakai pada ponsel, supaya proses pembayarannya lancar.

Langkah Membeli Aplikasi Play Store dengan Pulsa

Artikel ini akan menunjukkan cara termudah untuk membeli suatu produk di Play Store. Walau judulnya adalah aplikasi, namun pada dasarnya kamu juga dapat menerapkan cara ini untuk membeli produk lainnya seperti yang Saya katakan diatas tadi.

  1. Buka aplikasi Play Store.
  2. Menuju aplikasi atau produk yang ingin dibeli.
  3. Klik harganya untuk mulai membeli.

    Menuju Aplikasi yang Akan Dibeli

  4. Pastikan GPay telah diatur sebagai kartu seluler yang dipakai.

    Mengatur Kartu Seluler Sebagai Metode Pembayaran

  5. Lalu klik tombol Beli.
  6. Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi akun Google untuk melanjutkan.

    Membeli Aplikasi di Play Store dengan Pulsa

  7. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai pembayaran berhasil.

Terkadang kamu akan diminta untuk memasukkan kode yang dikirimkan Google melalui SMS, guna untuk keperluan verifikasi nomor tersebut. Tapi kebanyakan itu berjalan otomatis, sehingga kamu tidak perlu memasukkan kodenya, alias otomatis ter-input.

Dan untuk beberapa kartu seluler, saat proses pembayaran dimulai, dialog semacam USSD pada layar akan muncul untuk melakukan konfirmasi. Silakan ikuti intruksi pada layar untuk melanjutkan pembelian.

Setelah pembayaran berhasil, proses instalasi aplikasi akan langsung berjalan. Dan pada pesan email juga dikirimkan invoice sebagai bukti pembayaran yang sah.

Baca juga: Cara Berhenti Langganan Aplikasi di Play Store

Mengenai PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Setiap produk yang dibeli di Play Store ataupun didalam aplikasi yang menggunakan proses pembayaran dari GPay, akan dikenakan sedikit tambahan harga sebagai pajak. Setiap kartu seluler memiliki peraturan masing-masing terkait PPN.

Jadi misalnya kamu membeli aplikasi seharga 90 ribu rupiah, kemungkinan total pulsa yang harus dibayar adalah sekitar 92 ribu rupiah. Dan itu hanya sebagai contoh saja, untuk estimasi PPN biasanya akan muncul pada layar saat konfirmasi pembelian.

Jadi jangan kaget apabila terdapat biaya tambahan, itu bukan berarti harganya salah, akan tetapi hanyalah PPN saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment