≡ Menu

Cara Mengaktifkan Bookmark Bar di Opera

Setiap browser pastinya memiliki fitur bernama Bookmark yang berguna untuk menyimpan URL Situs web. Semisal kamu sedang membaca pada suatu situs dan tidak punya cukup waktu, maka dengan mem-bookmark halaman tersebut akan membuatmu bisa membaca konten pada situs tadi kapan saja dan dimana saja.

Smeentara itu pada browser Opera terdapat fitur Bookmarks Bar yang fungsionalnya untuk menampilkan seluruh bookmark yang tersimpan pada bagian atas, tepatnya dibawah kolom address bar. Itu akan memudahkan kamu untuk mengakses situs yang tersimpan tanpa harus menuju halaman Bookmark lagi.

Walau secara default fitur tersebut sudah diaktifkan, tapi adapun kalanya setelan pada browser kamu berubah tanpa disengaja sehingga Bookmarks Bar tersebut menghilang. Tapi tak usah khawatir, karena fitur tersebut masih dapat diaktifkan lagi.

Tutorial Mengaktifkan Bookmarks Bar pada Browser Opera

Untuk mengaktifkan kembali Bookmarks Bar yang hilang, hanya perlu beberapa langkah saja yang harus dilakukan. Tidak butuh waktu yang lama dan kamu hanya cukup mengubah sesuatu pada Pengaturan Opera. Dan berikut ini cara lengkapnya.

  1. Klik Menu pada Opera dan pilih Settings.

    Menuju Pengaturan Opera

  2. Gulir kebawah sampai bagian Appearance.

    Mengaktifkan Bookmarks Bar di Opera

  3. Aktifkan pada opsi Show bookmarks bar.

    Aktifkan pada Opsi Show Bookmarks Bar

Setelah mengaktifkannya, Bookmarks Bar akan langsung tampil dalam sekejap dan tidak perlu untuk me-restart browser. Namun apabila masih tidak tampil setelah mengaktifkannya, silakan coba untuk me-restart Opera dan melihat lagi hasilnya.

Baca juga: Opera GX: Browser Spesial untuk Gamer

Bookmarks Bar Opera Tidak Mau Muncul

Sebagai tambahan dan juga solusi apabila kamu sudah me-restart dan masih belum muncul juga. Itu tandanya bookmark yang kamu simpan tidak berada pada folder Bookmarks Bar. Karena jika pada folder lain, tentunya itu takkan terdeteksi.

Jadi silakan menuju bagian Bookmark atau klik CTRL+B dan setelah itu tinjau, apakah situs web yang kamu simpan berada pada folder Bookmarks Bar? Jika masih pada folder Other Bookmarks, cukup pindahkan saja.

Untuk memindahkannya pun juga sangat mudah. Hanya perlu klik kanan pada situs web, dan memilih opsi Cut. Kemudian berpindah ke folder Bookmarks Bar dan klik kanan lalu pilih opsi Paste.

Sekarang lihatlah, pasti situs yang kamu pindahkan tadi sudah muncul pada bagian Bookmarks Bar. Silakan pindahkan situs web yang lain juga apabila itu diperlukan. Dan apabila kamu memiliki pertanyaan, jangan malu untuk bertanya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment