≡ Menu

Mengatasi Kesalahan Adobe Media Encoder di After Effect

Adobe Media Encoder adalah program untuk melakukan render video ke beberapa jenis format. Program tersebut banyak sekali digunakan untuk melakukan render di Premiere Pro ataupun After Effect. Bagi para editor video, Media Encoder pastinya sangat diperlukan sekali.

Mengapa sangat diperlukan? Karena program ini memiliki fungsional yang super lengkap dalam melakukan render video. Selain itu, salah satu fitur yang banyak disukai oleh banyak orang adalah mendukung format H264 pada video.

Tapi bagaimana jika kamu tidak bisa menggunakan Adobe Media Encoder terhadap projek After Effect? Sehingga muncul notif “Adobe Media Encoder not installed“. Tak perlu khawatir, karena artikel ini akan membagikan solusi untuk itu dan juga untuk kesalahan lainnya yang kadang terjadi.

Mengatasi Kesalahan Adobe Media Encoder di After Effect

Solusi Media Encoder Not Installed pada After Effect

Notif tersebut menyimpulkan bahwa program Media Encoder tidak sedang terpasang. Dan beberapa orang menganggap bahwa program tersebut sudah bawaan dari After Effect, yang padahal itu tidak.

Jadi solusinya adalah memasang program Media Encoder tersebut terlebih dahulu. Sebab itu merupakan program terpisah dan kamu bisa mengunduhnya pada situs web Adobe.

Sayangnya program tersebut tidak lah gratis, namun kamu diberi masa uji coba selama beberapa hari untuk melakukan testing. Dan apabila tertarik ingin terus menggunakannya, silakan untuk membelinya.

Sudah Memasang Media Encoder Namun Notif Tetap Muncul

Kegagalan pada sistem kadang memang terjadi secara tiba-tiba. Dan apabila kamu merasa sudah memasang Media Encoder dan notifnya terus muncul. Itu berarti program After Effect yang tidak mendeteksi adanya Media Encoder yang terpasang.

Solusinya, silakan instal ulang Media Encoder dan pastikan kamu menaruhnya pada drive C. Setelah berhasil menginstal ulang, lakukan restart perangkat dan kemudian cobalah untuk me-render projeknya dengan Media Encoder.

Projek Tidak Kunjung Tampil pada Daftar Media Encoder

Bersabarlah, proses ini biasanya membutuhkan sedikit waktu untuk memunculkan projek pada daftar queue. Maksimal adalah 3 menit, jika lebih dari itu masih tidak muncul, berarti terdapat kesalahan internal pada program Media Encoder.

Untuk mempercepat waktunya, kamu juga bisa membuka terlebih dahulu program Media Encoder secara manual sebelum menambah projek ke daftar queue. Dan sebagai tamabahan untuk perangkat yang masih menggunakan HDD, mungkin ada baiknya untuk di-upgrade ke SSD untuk memaksimalkan kinerjanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Ukuran Render After Effect Terlalu Besar

Mengapa Dynamic Link Server Tidak Mau Terhubung?

Hampir sama seperti diatas, yakni terjadi kegagalan sistem. Untuk kendala ini kamu tidak perlu menginstal ulang program Media Encoder. Namun hanya perlu membatalkan proses rendernya, dan menghentikan seluruh program Adobe yang berjalan. Dan jangan lupa untuk menyimpan terlebih dahulu projeknya.

Kamu dapat menghentikan program Adobe yang berjalan melalui Task Manager. Namun ada cara yang lebih praktis, yaitu cukup me-restart komputernya dan setelah itu mencoba melakukan render ulang.

Proses menghubungkan dynamic link server seharusnya berlangsung cepat selama projek video yang akan di-render sudah tampil pada daftar queue.

Itulah beberapa solusi dari beberapa kesalahan yang kadang muncul pada Adobe Media Encoder. Memang kebanyakan dari kesalahan itu tidak sering terjadi, namun setidaknya kini kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya apabila suatu saat masalah itu terjadi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment