≡ Menu

Trik Membuat Folder Tanpa Nama di Windows 10

Terdapat banyak sekali kelebihan yang ada pada Windows 10. Setiap tahunnya selalu ada yang baru, dan terakhir kali mereka memberikan fitur sandbox yang sangat bagus untuk melakukan testing terhadap program atau sekedar melakukan segala hal layaknya modus incognito pada browser.

Adapun banyak trik yang bisa kamu terapkan pada Windows 10, salah satunya adalah membuat suatu folder tanpa nama. Tentunya ini adalah trik, sebab meski kamu telah membuat nama folder dengan “spasi” pun, itu tidak akan diperbolehkan oleh sistem.

Folder tanpa nama tersebut dapat digunakan dengan baik untuk mengalokasikan file dan artikel ini akan membagikan bagaimana cara membuatnya. Yang pasti tutorial ini sangatlah aman untuk diterapkan.

Cara Membuat Folder Tanpa Nama pada Windows 10

Ada sedikitnya dua metode yang bisa kamu pilih untuk menerapkan trik ini. Dan folder yang akan kamu buat akan menjadi seperti pada gambar berikut ini.

Folder Tanpa Nama di Windows 10

Contoh folder pada gambaran diatas sebenarnya memiliki nama sebagai “spasi” saja dalam bentuk unicode, dan nama folder tersebut juga bisa diubah lagi kembali normal. Tertarik untuk mencobanya, silakan coba salah satu dari kedua cara dibawha ini.

1. Menggunakan Numpad pada Keyboard

Trik yang pertama adalah memakai numpad pada keyboard. Jika kamu tidak mengerti apa itu numpad, itu adalah tombol angka yang biasanya tersedia dibagian kanan keyboard, dan bukan tombol angka yang dibagian atas.

  1. Pastikan numlock telah aktif.
  2. Buat folder baru.

    Buat Folder Baru

  3. Lalu klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi Rename.

    Klik Opsi Rename

  4. Selanjutnya klik tombol ALT dan 1060 pada numpad secara bersamaan.

    Klik ALT dan Angka 1060 pada Numpad

  5. Setelah mengetiknya, lepaskan tombol ALT dan tekan ENTER.

Ingat, angka 1060 yang kamu ketik harus dari numpad, karena ini tidak bekerja apabila dari tombol angka dibagian atas. Jadi intinya setelah menekan angka, kamu bisa melepaskan tombol ALT. Dari sinilah simbol spasi khusus tercipta.

Baca juga: Cara Mengubah Ikon Folder di Komputer Windows

2. Melalui Opsi Unicode Control Character

Cara pertama diatas tergolong mudah untuk diterapkan, tapi bagaimana jika perangkat tidak memiliki numpad seperti kebanyakan laptop? Tenang, karena masih ada cara alternatif untuk membuat folder tanpa nama.

Sedangkan cara pertama tadi hanya bisa membuat satu folder tanpa nama saja, kali ini kamu bisa membuat banyak folder tanpa nama. Berikut ini triknya.

  1. Buat folder terlebih dahulu.
  2. Klik kanan pada folder dan pilih opsi Rename.
  3. Selanjutnya hapus nama yang tampil dan lanjutkan klik kanan sekali lagi.
  4. Klik opsi Insert Unicode Control Character.

    Klik Insert Unicode Character

  5. Lalu pilih opsi apa saja yang muncul, contohnya LRM.

    Pilih Opsi LRM

  6. Tahap terakhir, klik ENTER.

Bukan cuma LRM saja, tapi semua opsi yang tersedia disana dapat kamu gunakan untuk membuat banyak folder tanpa nama. Jadi apabila sudah ada folder yang memiliki nama LRM tadi, kamu bisa menggunakan opsi lain seperti RLM untuk membuat folder yang lain.

Jadi antara kedua cara diatas, manakah yang menurut kamu paling mudah untuk diterapkan? Cara ini juga bisa digunakan untuk memanipulasi suatu folder juga lho. Yakni kamu hanya perlu mengubah ikon folder menjadi semacam ikon file sistem, dengan begitu orang lain takkan menyadari bahwa itu adalah suatu folder.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment