≡ Menu

Mengatasi Video di Facebook Macet Ketika Diputar

Mengatasi Video di Facebook Macet Ketika Diputar

Apakah kamu mengalami pengalaman yang buruk terhadap video player yang ada di Facebook, khususnya untuk pengguna perangkat PC. Terkadang video yang diputar macet walau koneksi internet tersedia.

Video player yang disediakan oleh Facebook memang tidak sebagus di Youtube, akan tetapi fiturnya juga tidaklah buruk. Pengguna bisa menonton video secara fullscreen dan bebas memilih kualitas hingga full HD.

Kekurangannya kadang muncul pada sisi buffering, dimana kadang koneksi seakan dibatasi dan halaman harus di-refresh untuk bisa lancar kembali menonton video di Facebook. Tapi adapun solusi untuk mengatasi masalah itu. Silakan simak baik-baik mulai dari sini.

Stabilkan Koneksi Internet

Menonton video di Facebook dengan kualitas HD membutuhkan kecepatan internet setidaknya 10Mbps. Dibawah itu memungkinkan video akan sering macet atau buffering. Untuk itu, silakan cek kecepatan internet terlebih dahulu dan lihat hasilnya.

Kamu juga bisa me-restart perangkat atau router (apabila memakai wifi) untuk mengubah alamat IP saat ini. Dengan begitu perangkat kamu akan mendapatkan alamat IP yang baru dan kestabilan koneksi internet pasti jauh lebih baik dari sebelumnya.

Turunkan Resolusi Video

Dengan menurunkan resolusi video, ini juga akan menurunkan kualitasnya. Tapi tidak masalah, karena video masih terlihat dengan baik selama kamu mengatur kualitasnya dengan benar. Jadi sebagai saran jangan atur video sebagai Auto.

Apabila memakai perangkat PC, silakan ubah resolusi menjadi 480p. Sedangkan untuk perangkat ponsel, resolusi 360 sudah cukup. Jangan mengatur resolusi dibawah itu, sebab akan membuat kualitas video memburuk dan tak bisa terlihat jelas.

Baca juga: Cara Unggah Foto 3D di Facebook

Gunakan VPN

Selain VPN digunakan untuk mengamankan jaringan, disisi lain juga bisa digunakan untuk melancarkan koneksi internet. Ini tidak berfungsi untuk mempercepat, namun melancarkannya pada saat melakukan segala hal di internet, termasuk menonton video.

Tersedia banyak sekali layanan VPN gratis dan kamu bisa menggunakannya untuk melancarkan koneksi internet kamu sekarang. Sebagai saran pilih server VPN terdekat, misalnya di Singapura guna untuk membuat latency/ping tetap rendah.


Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah video Facebook yang macet ketika diputar. Yang jelas ini berpengaruh terhadap koneksi internet pada perangkat kamu sekarang. Dan yang dibutuhkan supaya tidak macet adalah kestabilan saja.

Barangkali kamu memiliki pertanyaan mengenai solusi diatas, atau bahkan memiliki solusi lain untuk mengatasinya, silakan bagikan itu pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment