≡ Menu

Cara Copy Paste Teks di Android, Mudah Sekali

Cara Copy Paste Teks di Android, Mudah Sekali

Fitur copy paste yang ada di ponsel Android sangatlah berguna untuk menyalin sesuatu kedalam catatan. Fitur tersebut akan diperuntungkan bagi seseorang yang sedang mengerjakan sesuatu dan mengambil secuil informasi dari suatu website.

Jika di komputer, melakukan copy paste bisa dilakukan dari tombol CTRL+C dan CTRL+V pada keyboard. Tapi berbeda jika pada Android yang dapat melakukan itu tanpa bantuan keyboard dan langsung dari layar.

Tentu caranya juga sama mudahnya, apalagi jika kamu telah memasang aplikasi Clipboard pada Android, tentunya mencari informasi dari suatu website bisa dilakukan super cepat.

Tutorial Copy Paste Teks di Ponsel Android

Kamu bisa menyalin segala teks pada layar, namun tidak pada semua aplikasi. Namun ini bekerja pada seluruh peramban atau browser. Dan disebagian aplikasi chat pun juga mengizinkan untuk melakukan copy paste terhadap konversasi. Berikut ini tutorial copy paste di Android.

  1. Buka browser dan menuju ke suatu situs web.
  2. Untuk mulai menyalin teks, tekan lama pada layar.

    Tekan Lama pada Layar

  3. Nantinya akan muncul alat untuk menyeleksi teks yang akan disalin.
  4. Setelah itu ketuk pada opsi Salin untuk mulai menyalin teks tersebut.
  5. Lalu buka aplikasi catatan. Tekan lama pada editor, dan ketuk opsi Kutip atau Tempel untuk paste/menempel teks tadi.

    Tutorial Copy Paste Teks di Android

Tutorial diatas adalah contoh menyalin suatu teks dari website. Sedangkan kamu juga bisa melakukan itu untuk hal lainnya seperti menyalin teks di pesan SMS, aplikasi chat, dan sebagainya.

Baca juga: 3 Aplikasi Clipboard Terbaik untuk Android

Cara Cepat Menyalin URL pada Website

Suatu website kadang tidak menyediakan tombol share, sehingga kamu harus menyalin URL website tersebut dan membagikan secara manual. Namun adapun cara tercepat dalam menyalin URL pada website, yakni langsung dari opsi yang disediakan pada peramban.

Misalnya disini kamu menggunakan browser Chrome, dan untuk menyalin URL, cukup ketuk pada address bar. Kemudian ketuk pada ikon copy untuk mulai menyalinnya. Berikut ini contoh gambarannya terhadap ikon copy.

Ikon Copy pada Browser Google Chrome

Ikon copy tersebut juga biasa diterapkan pada aplikasi yang lain. Jadi apabila tidak ada opsi Salin, kamu bisa mengetuk ikon copy tersebut untuk menyalin teks.

Dari sini mungkin kamu telah paham bagaimana cara menyalin dan menempel teks di Android. Namun apabila ada pertanyaan mengenai tutorial diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment