≡ Menu

Solusi Microsoft Edge Tidak Bisa Dibuka

Microsoft Edge merupakan sebuah browser yang tersedia pada Windows 10 sebagai pengganti Internet Explorer. Browser yang satu ini sangat ringan untuk diakses dan juga nyaman untuk digunakan layaknya Google Chrome. Bisa dipasang ekstensi, mengubah tema, dan lain-lain.

Saking bagusnya, banyak orang menggunakan Microsoft Edge sebagai browser utama dan mulai meninggalkan yang lainnya. Namun layaknya browser yang lain, bahwa Microsoft Edge juga memiliki kekurangan tersendiri, dan yang paling parah adalah tidak dapat dibuka.

Sekilas, ini mungkin terlihat seperti masalah yang biasa, tapi bagaimana jika masalahnya adalah tidak bisa membuka seluruh program Microsoft, dan itu termasuk Microsoft Edge? Tentu ini akan menjadi masalah serius. Dan artikel ini akan menjelaskan cara mengatasinya mulai dari yang paling mudah untuk dilakukan.

Mengatasi Browser Microsoft Edge Tidak Mau Dibuka

Beberapa solusi yang akan dibagikan dibawah ini sepenuhnya aman untuk dilakukan. Dan akan lebih efektif apabila kamu melakukannya mulai dari cara pertama. Sebab siapa tahu cara yang sederhana bisa mengatasi masalahnya.

1. Pindai File Sistem dengan DISM

Mengetahui bahwa Microsoft Edge merupakan browser bawaan sistem, maka pengguna takkan bisa menghapus dan mengunduh ulang browser tersebut. Untuk itu, yang harus dilakukan adalah memperbaiki file sistem yang sekiranya bermasalah dan mengacu pada kendala Microsoft Edge ini. Silakan ikuti langkah pemindaiannya dibawah ini.

  1. Klik Search dan ketik CMD, kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator.

    Membuka CMD dengan Perijinan Administrator

  2. Lalu ketik perintah berikut dan jalankan:

    dism /online /cleanup-image /restorehealth

    Perintah Memindai Sistem untuk Mengatasi Microsoft Edge Tak Bisa Dibuka

  3. Tunggu sampai prosesnya selesai dan kemudian restart komputer.

2. Reinstall Microsoft Edge Melalui Powershell

Walau pada pengaturan tidak ada opsi untuk uninstall, akan tetapi kamu dapat menggunakan cara ini untuk melakukan instal ulang terhadap seluruh program Microsoft, termasuk browser ini juga.

  1. Klik Search dan ketik Powershell, kemudian klik kanan dan pilih Run as Administrator.

    Membuka Powershell dengan Perijinan Administrator

  2. Pada Powershell, ketik perintah persis seperti berikut ini dan jalankan:

    Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

    Perintah untuk Menginstal Ulang Program Bawaan Termasuk Microsoft Edge

  3. Silakan tunggu prosesnya sampai selesai, mungkin akan muncul banyak kode merah, tapi itu tidak masalah.
  4. Jika prosesnya sudah selesai, cobalah buka browser Microsoft Edge, pasti kini sudah bisa.

Cara yang kedua diatas lebih berguna dipakai ketika seluruh program bawaan mengalami kendala. Contohnya MS Word, Excel, dan sebagainya. Jadi dengan menginstal ulang dengan cara diatas, kemungkinan besar akan mengatasi masalahnya.

Baca juga: Tutorial Memperbarui Microsoft Word pada Windows

3. Reset Komputer

Apabila kamu sudah melakukan kedua cara diatas akan tetapi tidak berhasil untuk mengatasinya, maka langkah terakhir adalah mereset komputernya. Ini nyaris sama seperti mereset ponsel ke pengaturan pabrik, karena sudah disediakan opsinya pada Pengaturan.

Jika ingin melanjutkan untuk mereset, silakan menuju Pengaturan >Update & Security > Recovery. Setelah itu klik tombol Get Started pada bagian Reset This PC. Selanjutnya cukup ikuti prosedurnya sampai selesai.

Mereset PC beresiko kehilangan data pada drive C, jadi cadangkan terlebih dahulu untuk membuat semua data penting aman.

Cara terakhir diatas mungkin bukan menjadi favorit setiap orang, karena mereset Windows nyaris sama seperti menginstal ulang OS dan itu melelahkan karena harus mengatur segala hal dari awal. Namun jika kamu menemukan cara lain untuk mengatasi Microsoft Edge tidak bisa dibuka, silakan tambahkan pada kolom komentar untuk membantu lainnya yang sedang mengalami.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment