≡ Menu

Mengubah Tanggal dan Jam pada Windows 10

Setelan tanggal dan jam pada Windows 10 secara umum diatur sebagai otomatis. Sehingga waktu yang ditetapkan akan sama dengan waktu yang ada di server Microsoft sesuai timezone yang diatur. Namun pengguna juga bisa mengganti setelan waktu tersebut apabila dirasa tidak cocok.

Setelan otomatis pada zona waktu UTC+7 sebenarnya sangat akurat dan nyaris tidak pernah salah. Tapi adapun kalanya itu berbeda hanya satu atau dua menit saja, sehingga kamu lebih ingin untuk mengubahnya supaya waktunya tepat dengan jam yang ada di rumah.

Cara Mengubah Tanggal dan Jam di Windows 10

Pengguna bisa mengubah setelan tanggal dan begitu pula jam dengan sangat mudah layaknya pada ponsel. Silakan ikuti tata caranya berikut ini:

  1. Klik START dan menuju Pengaturan

    Menuju Pengaturan dari START

  2. Pilih menu Time & Language

    Memilih Menu Time & Language pada Pengaturan

  3. Matikan pada opsi Set time automatically

    Matikan Opsi Set Time Automatically

  4. Kemudian klik tombol Change

    Mengklik Tombol Change untuk Mulai Mengubah Tanggal dan Jam

  5. Sekarang kamu bebas mengubah tanggal dan jam sesuai yang diinginkan.

    Mengubah Tanggal dan Jam Windows 10

Sementara cara diatas adalah untuk mengubah tanggal dan jam, tapi sebenarnya pengguna juga memiliki akses untuk mengatur zona waktu secara manual. Dan caranya nyaris sama, yaitu hanya perlu mematikan opsi Set timezone automatically dan kemudian memilih zona waktu yang diinginkan.

Baca juga: Cara Memalsukan Tanggal dan Waktu pada Suatu Program

Kesimpulan

Tanggal dan jam pada Windows 10 dapat disetel sesuai yang diinginkan. Namun ketahui juga dengan mengatur waktu yang salah akan mengakibatkan malfungsi pada suatu program, contohnya peramban. Sehingga pengguna tidak bisa menjelajahi internet akibat setelan waktu yang beda jauh dari sekarang.

Selain itu dengan mengatur waktu yang berbeda jauh dari sekarang akan membuat program sejenis antivirus akan telat melakukan pembaruan dan ini tentunya berbahaya terhadap keamanan komputer.

Jika mengatur jam saja, mungkin itu masih bisa ditoleransi untuk kebanyakan program, namun apabila mengubah tanggal cukup jauh, misalnya memundurkannya seminggu, pastilah akan terjadi konflik terhadap program lain. Untuk itu, setel tanggal dan jam dengan benar supaya segalanya berjalan normal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment