≡ Menu

Cara Cek IMEI HP Resmi atau BM

Cara Cek IMEI HP Resmi atau BM

Semenjak kominfo mengumumkan berita mengenai pemblokiran nomor IMEI terhadap ponsel blackmarket (BM), banyak sekali orang yang ragu ingin membeli ponsel dari luar negri. Karena dengan pemblokiran IMEI tersebut, tentunya HP BM takkan bisa digunakan untuk melakukan komunikasi menggunakan kartu seluler Indonesia.

Apabila kamu ragu terhadap ponsel yang dimiliki, jangan khawatir karena Kementerian Perindustrian telah menyiapkan sebuah halaman di situsnya guna untuk mengecek nomor IMEI HP resmi atau BM. Dan cara mengeceknya pun sangatlah mudah.

Cek IMEI HP Resmi atau Blackmarket

Sebelum melakukannya, ketahui dulu bahwa fitur cek IMEI yang ada di kemenperin saat ini belum sepenuhnya 100%, karena menurut mereka ini masih butuh waktu sekitar 6 bulan, itu bisa kurang atau lebih dalam mengumpulkan data IMEI dan lain-lain.

  1. Silakan menuju situs web imei.kemenperin.go.id
  2. Pada kolom yang tersedia, isikan dengan nomor IMEI ponselnya dan klik tombol Submit

    Tuliskan Nomor IMEI dan Klik Tombol Submit

  3. Jika IMEI terdaftar, berarti ponsel kamu resmi.

    Notifikasi IMEI Terdaftar pada Kemenperin

Adapun kalanya nomor IMEI ponsel kamu masih belum terdaftar, tak perlu khawatir karena seperti yang Saya katakan diatas bahwa fitur tersebut belum 100% sempurna. Bahkan meskipun saat ini kamu memakai ponsel BM yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus 2019, itu akan masih tetap dapat digunakan, sebab nomor IMEInya akan mendapatkan pemutihan (whitelist).

Baca juga: Tips Mengecek Keaslian Ponsel untuk Menghindari Replika

Berbagai Cara Cek IMEI Ponsel

Pada dasarnya nomor IMEI pada setiap ponsel pasti akan berbeda-beda. Ini ibarat seperti NIK pada KTP. Bahkan jika ponsel tidak memiliki nomor IMEI akan ditolak oleh SIMCard apapun sehingga tidak menampilkan signal.

Ada kurang lebih tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor IMEI, silakan lihat ketiga cara tersebut dibawah ini:

#1 Melalui Kode USSD

Silakan menuju ke menu dial/telepon dan ketik *#06# dan kemudian secara otomatis nomor IMEI akan muncul pada layar.

Cek IMEI Melalui Kode USSD

#2 Melihat pada Dosbook

Cek dibagian belakang dosbook atau biasanya juga ada dibagian dalam. Disana akan tertera seluruh nomor IMEI ponselnya. Kamu dapat mencocokkan dengan cara pertama diatas tadi untuk memastikan nomornya benar.

Cek IMEI dari Dosbook

#3 Cek Memakai Aplikasi

Meskipun kedua cara diatas sudah terbilang gampang, tapi adalagi cara yang super gampang. Yakni memakai bantuan aplikasi bernama Free IMEI Status Check Report. Itu bisa diunduh secara gratis pada Play Store.

Cek IMEI dari Aplikasi

Aplikasi tersebut akan langsung menampilkan nomor IMEI dan juga informasi ponsel, baik itu merk, tanggal pembuatan, harga, dan lain-lain. Jadi itu bisa dibilang lebih lengkap layaknya mengecek melalui situs web.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment