≡ Menu

Mengaktifkan Blue Light Filter di Komputer

Tahukah kamu bahwa bermain komputer dalam waktu yang lama tidaklah baik untuk kesehatan mata? Salah satu hal negatif yang ada pada layar adalah adanya sinar biru atau Blue Light. Namun itu masih bisa dihindari supaya efek sinar biru ini benar-benar hilang.

Yaitu dengan mengaktifkan Blue Light Filter yang mana itu telah menjadi fitur bawaan Windows 10. Jadi dengan mengaktifkannya, tampilan layar akan tampak menguning, namun kamu masih dapat mengatur opacity untuk membuatnya terlihat senyaman mungkin.

Sayangnya fitur Blue Light Filter ini tidak hadir untuk semua versi Windows, sehingga artikel ini hanya membagikan tata caranya khusus untuk Windows 10 saja. Dan apabila kamu pengguna Windows 8 dan kebawahnya, masih ada cara lain atau alternatif yang akan dibagikan dibawah tutorial ini.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Layar Kuning pada Windows 10

Cara Menghidupkan Blue Light Filter di Windows 10

Jika pada Windows 10, fitur Blue Light Filter ini dinamai sebagai Night Light, dan untuk mengaktifkannya pun sangat mudah. Silakan ikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Klik START dan menuju Settings.

    Menuju Settings Melalui START

  2. Klik menu System.

    Memilih Menu System

  3. Kemudian klik pada Night Light Settings.

    Menuju Opsi Night Light Settings

  4. Untuk mengaktifkannya, silakan klik tombol Turn On Now

    Proses Mengaktifkan Night Light

  5. Dan atur opacity pada Color Temperature at Night.

    Mengatur Color Temperature Terhadap Night Light

Menghidupkan fitur Night Light ini sangat cocok ketika kamu ingin menggunakan komputer atau laptop dalam jangka waktu lama, sehingga mata tidak akan lelah dan tentunya takkan terkena dampak negatif sinar biru dari layar.

Baca juga: Mematikan Kecerahan Otomatis pada Windows

Bagaimana dengan Windows XP, 7, dan 8?

Berhubungan fitur Night Light hanya tersedia mulai dari Windows 10, maka untuk varian dibawahnya hanya dapat menerapkan Blue Light Filter melalui suatu program. Dan program yang disarankan adalah f.lux.

Gambaran dari Program f.lux

Untuk menerapkan f.lux sangatlah mudah, dan disana juga disediakan setelan untuk mengatur opacity, sehingga kamu dapat menyetelnya senyaman mungkin dengan mata. Ukuran programnya juga sangat kecil. Untuk mengunduhnya, silakan menuju website f.lux.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment