≡ Menu

Mengetahui Versi Windows 10 Beserta Build Number

Microsoft sangat rajin dalam melakukan pembaruan pada OS Windows 10. Setiap bulannya selalu terdapat pembaruan yang memungkinkan komputer tetap dalam kondisi yang aman. Dan beberapa pembaruan yang dilakukan, terkadang ini juga berpengaruh terhadap versi Windows 10 yang digunakan.

Berbeda dengan Windows 7 yang masih menggunakan jenis SP (Service Pack) dalam beberapa pembaruan, sementara pada Windows 10 tidak lagi memakai SP dan justru menggunakan build number serta langsung menamai setiap versinya. Contohnya versi 1809 yang dinamai sebagai Redstone 5.

Saat ini ada beberapa cara untuk mengetahui versi Windows 10 beserta juga build numbernya, akan tetapi artikel ini akan menjelaskan 2 cara saja yang paling mudah dan tentunya informasi versi dan build number yang didapatkan akurat.

Baca juga: 5 Program Clipboard Manager Terbaik untuk PC Windows

Mengetahui Versi Windows 10 Beserta Build Number

1. Mengecek Versi Melalui Winver

Cara paling termudah untuk mengecek versi Windows adalah menggunakan perintah winver. Tak hanya di Windows 10 saja, akan tetapi winver juga dapat diterapkan pada OS Windows yang lainnya. Berikut ini tata caranya:

  1. Tekan tombol WIN+R pada keyboard.
  2. Akan muncul kolom kecil, silakan ketik winver dan kemudian ENTER.

    Mengecek Versi Windows 10 Melalui Winver

  3. Maka akan muncul versi Windows lengkap beserta build numbernya.

    Mengecek Versi Windows 10 Melalui Winver

Cara alternatif lainnya dalam menggunakan winver adalah melalui Command Prompt. Caranya nyaris sama dan kamu hanya perlu menuliskan perintah “winver” dan kemudian akan muncul jendela dialog yang menampilkan versi Windows yang digunakan saat ini.

2. Mengetahui Versi Windows 10 dari Pengaturan

Cara yang kedua ini nyaris sama seperti kamu ingin mengetahui versi pada suatu program, contohnya browser. Dimana kamu harus menuju pengaturan dan kemudian mencari opsi tentang program tersebut. Nah di Windows 10 sebenarnya juga terdapat informasi tersebut pada pengaturan.

Ini sama mudahnya dengan cara yang pertama, ingin tahu bagaimana caranya? Silakan ikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Klik START dan menuju Pengaturan.

    Mengetahui Versi Windows 10 dari Pengaturan

  2. Pilih menu System.

    Mengetahui Versi Windows 10 dari Pengaturan

  3. Pada menu disamping kiri, klik pada menu About.

    Mengetahui Versi Windows 10 dari Pengaturan

  4. Sekarang gulir kebawah dan versi Windows akan tampil pada bagian Windows Specification.

    Mengetahui Versi Windows 10 dari Pengaturan

Selain itu, ada cara yang lebih mudah untuk melakukan cara diatas. Yaitu langsung mengetik “Windows Specification” pada fitur Search atau pencarian dan nantinya akan muncul menunya dan cukup klik ENTER.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Program Bawaan pada Windows


Baik cara pertama maupun cara kedua, secara keseluruhan memiliki perbedaan masing-masing dalam memunculkan hasil. Akan tetapi versi dan build number yang ditampilkan akan tetap sama saja. Jadi selama cara diatas masih berfungsi, kamu tidak perlu memasang program tambahan hanya untuk melihat versi Windows saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment