≡ Menu

Mengenal Status Pembelian di Tokopedia

Mengenal Status Pembelian di Tokopedia

Sudah tahu kan apa itu Tokopedia? Itu merupakan situs jual beli online yang telah berdiri sejak 2009 dan beroperasi dengan baik hingga sekarang. Beragam produk bisa dicari disini dan setiap bulan selalu ada promo menarik yang ditawarkan.

Membeli sesuatu di Tokopedia bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi yang tersedia di ponsel. Bahkan pengguna yang baru memakai Tokopedia pun pasti akan langsung mengerti tentang cara membelinya.

Dan setelah membeli barang, maka akan tampil sebuah status dari pembelian tersebut. Hingga sekarang ada sekiranya 7 jenis status yang memiliki makna berbeda. Bagi pengguna yang baru berbelanja di Tokopedia mungkin akan bertanya-tanya mengenai hal tersebut, dan untuk itulah artikel ini dibuat.

Baca juga: Cara Membeli Produk di AliExpress dengan Mudah

Mengenal dan Memahami Status Pembelian di Tokopedia

Status tranksasi pembelian dapat dilihat dari detail pesanan. Dan status tersebut akan terus berubah setiap kali ada tindakan terhadap barang yang dipesan. Kamu bisa melihat status tersebut secara berkala untuk mengetahui apakah pesanan telah diproses atau bahkan sudah dikirim oleh penjual.

Jadi makna dari status pembelian ini adalah untuk mengetahui tindakan dari barang yang dipesan, dan berikut ini beberapa status pembelian dan sekaligus penjelasannya:

Buyer: Melakukan proses Check Out order

Sistem masih menunggu konfirmasi pembayaran. Jika melakukan transfer melalui Bank, diharapkan untuk mengunggah bukti transaksi untuk mempercepat proses. Sementara untuk pembayaran melalui Gerai Retail dan OVO adalah instan, jadi kamu hanya perlu menunggu sampai status tersebut diperbarui.

Buyer: Pembayaran sudah Diverifikasi

Pembayaran telah diterima oleh sistem Tokopedia, dan akan diteruskan ke penjual. Sekarang kamu cukup menunggu sampai barang yang dipesan mulai diproses oleh sang penjual. Pada umumnya Tokopedia memberikan batas waktu 24 jam sampai barang diproses oleh penjual. Dan jika batas waktu terlewatkan, saldo akan dikembalikan ke Tokocash.

Seller: Pemesanan sedang diproses oleh penjual

Barang telah diproses oleh penjual dan kamu bisa menunggu sampai barang tersebut dikirim. Proses pengiriman tergantung dari hari kerja penjual. Biasanya itu telah dijelaskan pada deskripsi toko, namun kamu juga bisa chat penjual tersebut untuk memastikan kapan tepatnya barangnya akan dikirim.

System-Tracker: Pesanan telah dikirim

Pesanan kamu kini dalam proses pengiriman oleh kurir. Mulai sekarang kamu bisa melacak posisi kiriman tersebut melalui fitur “Lacak” yang ada di detail pesanan Tokopedia. Dan disana juga disediakan nomor resi apabila dibutuhkan untuk mengambil paket secara mandiri.

System-Tracker: Pesanan telah tiba di tujuan

Menandakan bahwa barang yang kamu pesan telah sampai. Setelah itu kamu bisa memeriksa isi barang tersebut. Jika barang sesuai pesanan, silakan konfirmasi pada halaman detail pesanan. Sedangkan jika barang salah, silakan komplain pada penjual.

Buyer: Transaksi dikonfirmasi

Setelah barang sudah ada di tangan dan kamu telah melakukan konfirmasi di halaman detail pesanan, sekarang sistem Tokopedia akan me-review untuk meneruskan dana atau uang kepada sang penjual. Ini biasanya dilakukan secara otomatis dan tak perlu menunggu lama.

System-Automatic: Transaksi selesai

Hingga akhirnya transaksi telah selesai, dimana kamu telah menerima barang pesanan dan penjual telah menerima uang. Sementara itu detail pesanan akan tetap ada pada riwayat pembelian untuk dijadikan bukti transaksi.

Baca juga: 5 Penyebab Nomor Resi Tidak Bisa Dicek atau Dilacak

Kesimpulan

Dengan memahami beberapa status pemesanan di Tokopedia, kamu tak perlu khawatir lagi terhadap barang yang dibeli. Karena segalanya akan aman dan meski barang tak diproses oleh penjual, akan tetap kembali ke Tokocash untuk dapat dibelanjakan lagi.

Sebagai saran, diskusikan terlebih dahulu barang yang akan dibeli kepada penjual. Dengan begitu kamu tak akan ragu lagi dan berfikir kapan barangnya akan dikirim dan lain-lain. Dan satu hal lagi, jangan pernah melakukan transaksi diluar sistem Tokopedia, demi keamanan.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment