≡ Menu

Tips Membeli Kabel Data yang Berkualitas dan Awet

Tips Membeli Kabel Data yang Berkualitas dan Awet

Walau proses charging pada smartphone kini dapat dilakukan dengan tehnologi Wireless, namun masih banyak seseorang yang menggunakan kabel karena pengisian daya yang lebih cepat. Kebanyakan ponsel Android sekarang ini telah memiliki fitur fast charging, sehingga mereka tak perlu menunggu waktu lama lagi untuk melakukan charging.

Fitur fast charging pada ponsel kebanyakan dibatasi 3.0A hingga 5.0A. Tak semua jenis kabel data mendukung untuk itu, dan jika memakai kabel yang tidak mendukung, tentunya daya Ampere yang didapatkan tidak maksimal dan fitur fast charging tidak berjalan.

Membahas mengenai kabel, disini akan dibagikan tips dalam membeli kabel data yang berkualitas untuk ponsel. Baik itu digunakan untuk melakukan charging ataupun men-transfer data. Silakan simak mulai dari yang pertama.

Baca juga: Cara Mengecek Kualitas Charger dan Baterai HP Android

1. Kabel Original dan Merk Sesuai Ponsel

Sebaik-baiknya kabel data yang lain, masih bagus lagi menggunakan versi original sesuai merk ponsel. Kabel data original memang lebih awet dan tentunya kamu tak perlu kepikiran cocok tidaknya. Misalnya fitur fast chargingnya nanti berfungsi atau tidak, karena pastilah itu akan berfungsi.

Membeli kabel original bisa melalui service center ponselnya. Namun jika ponselnya cukup populer seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, dan sebagainya, mungkin dapat dengan mudah ditemukan pada konter besar yang menyediakan aksesoris ponsel.

2. Mengecek Spesifikasi Kabel

Spesifikasi kabel data biasanya tampil pada kardus kemasan. Silakan diamati dulu beberapa hal seperti maksimal Ampere yang didukung, fitur (sejenis auto disconnect), dan material pada kabel tersebut. Dan juga pilihlah yang sesuai dengan kemampuan kepala charger.

Sebagai contoh, jika kepala charger hanya mendukung maksimal 2.0A, maka lebih baik membeli kabel yang mendukung sampai 2.0A, daripada membeli mahal-mahal 5.0A akan tetapi dayanya tidak digunakan semuanya.

3. Panjang Kabel

Sebagai saran terbaik, pilihlah kabel dengan panjang setara 1 meter. Lebih dari itu juga tidak masalah karena nantinya dapat digulung. Jangan memilih terlalu pendek, kecuali jika itu digunakan khusus untuk power bank.

Bagaimanapun juga, lebih baik memilih kabel data yang panjang, karena dapat digunakan disegala tempat. Selain itu, ini akan memudahkan sekali ketika menggunakan kabel tersebut untuk men-transfer file dari komputer ke ponsel dan sebaliknya. Mengingat kadang letak CPU yang sedikit jauh dari monitor.

4. Pastikan Kabel Data Memiliki Garansi

Biasanya sebuah kabel data akan memiliki masa garansi sekitar 1 minggu dimulai dari hari pembelian. Jika kurang dari seminggu kabel sudah rusak atau lambat digunakan untuk melakukan charging ponsel, itulah saat yang tepat untuk mengklaim garansi.

Kebanyakan merk kabel data selalu memberikan garansi, namun untuk memastikan lebih lanjut, silakan tanya langsung kepada si penjual.


Baca juga: 5 Tips Mempercepat Proses Ngecas Ponsel Android

Adapun beberapa merk kabel yang bisa dijadikan referensi saat membeli, antara lain adalah:

  • Uneed
  • Mcdodo
  • Aukey
  • Vivan
  • Baseus
  • Wellcomm
  • Anker

Beberapa tips yang ada di atas dapat membantu kamu menemukan kabel data yang berkualitas. Terkadang kita tidak bisa mengukur keawetan kabel dari sebuah merk, tapi juga melihat dari cara kita menggunakannya. Jika kasar dalam menggunakan, tentunya umur kabel tersebut akan pendek atau cepat rusak.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment