≡ Menu

3 Tips Meningkatkan Rangking Alexa pada Website

3 Tips Meningkatkan Rangking Alexa pada Website

Alexa merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan untuk menganalisa segala website dengan akurat. Terdapat fitur ranking yang akan memberitahukan website mana yang paling banyak dikunjugi dan paling populer di negara tertentu.

Beberapa orang yang ingin membeli website biasanya akan mengecek statistiknya terlebih dahulu melalui Alexa untuk mengetahui beberapa hal seperti banyaknya keyword yang dimiliki, backlink, pengunjung berdasarkan negara, dan lain-lain.

Sementara bagi pemilik website, lebih meng-inginkan untuk mendapatkan rangking yang kecil pada Alexa. Karena semakin kecil rangking yang didapatkan, maka terbukti bahwa situsnya lebih ramai pengunjung. Dan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merampingkan rangking tersebut.

Baca juga: Plugin untuk Menghilangkan Duplikat Konten pada WordPress

Pentingkah Meningkatkan Rangking Alexa?

Faktanya bahwa rangking Alexa tidak mempengaruhi terhadap SEO. Dan sejauh ini besar kecilnya rangking yang didapatkan tergantung dari banyaknya pengunjung website. Jadi semakin banyak pengunjung, maka semakin kecil rangking Alexa.

Bahkan cara kotor pun juga bisa dihitung pada rangking Alexa, atau dengan maksud seperti situs web yang menerima pengunjung dari situs penyedia traffic exchange. Dan hal tersebut takkan ada untungnya.

Cara Meningkatkan Rangking Alexa

Artikel ini akan menjelaskan sedikitnya 3 tips untuk meningkatkan rangking Alexa dengan cara yang natural. Ketahuilah sebelumnya bahwa semua tips ini tidak akan langsung bekerja dalam satu hari, namun membutuhkan proses secara perlahan.

1. Rajin Update Konten

Usahakan sehari menambah minimal satu konten baru. Lebih dari satu akan semakin bagus, tapi jangan terlalu optimis dan batasi maksimal 5 konten tiap harinya. Usahakan kamu membuat konten yang sekiranya dicari oleh pengunjung. Untuk itu, riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat konten.

Bahkan mesin pencari seperti Google akan menyukai situs web yang tiap hari memiliki konten baru. Itu akan menambah reputasi dan sedikit demi sedikit posisi artikel akan meningkat, setelah itu pengunjung akan meningkat dan rangking Alexa mulai mengecil.

2. Menambah Backlink

Backlink dapat digunakan untuk meningkatkan posisi website pada SERP. Tapi bukan berarti kamu harus menambah backlink melalui situs generator. Lebih baik mencari backlink melalui blog walking karena hasilnya lebih baik.

Dan hindari jenis backlink negatif seperti menanam link pada website yang mengandung konten spam, karena Google sangat membenci hal tersebut. Tapi apabila terlanjur, silakan gunakan fitur Disavow Tool untuk menghapus backlink yang tidak berkualitas.

Baca juga: Cara Menghapus Backlink Buruk dengan Google Disavow Tool

3. Berbagi Artikel di Sosial Media

Cara terakhir ini tergolong sangat mudah sekali untuk menarik pengunjung, karena kamu hanya perlu membagikan link artikel pada situs seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Dengan begitu pengunjung akan terus berdatangan.

Tapi perlu diingat juga untuk tidak melakukan spam. Jadi cukup bagikan artikelnya pada status sendiri atau bergabung di suatu grup/komunitas yang membahas terkait topik pada artikel tersebut. Hal ini supaya alamat situs web tidak diblokir oleh sosial media karena dianggap menyebarkan spam.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, teknik yang digunakan untuk meningkatkan rangking Alexa adalah mendapatkan pengunjung tetap atau organik. Karena apabila kamu menggunakan suatu jasa, yang ada malah rangkingnya meningkat hanya untuk sesaat dan bulan berikutnya kembali membengkak.

Tapi jika melakukan cara natural seperti ketiga diatas, sangat dipastikan situs web kamu akan menerima banyak pengunjung secara perlahan dan begitu pula rangking Alexa yang terus mengecil setiap bulannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment