≡ Menu

Cara Mengatur Default Program pada Komputer

Dari segala macam format file yang ada sekarang ini, pastilah terdapat program yang dapat membukanya. Sebagai contoh file ZIP yang dapat dibuka dengan WinRAR, file TXT yang bisa dibuka dengan Notepad, dan masih banyak lagi.

Terkadang kita tidak sadar telah memasang lebih dari 2 program yang dapat membuka satu jenis file. Contohnya pemutar musik atau video. Secara umum, sistem akan mengatur program yang pertama kali dipasang sebagai default, sehingga ketika file musik/video itu dibuka, akan ditujukan ke program yang pertama kali dipasang.

Tapi kamu bisa lho mengubahnya supaya program default tersebut menjadi sesuai yang diinginkan. Sehingga ketika file dibuka, akan menuju program yang telah kamu pilih tadi. Dan artikel ini akan menjelaskannya bagaimana cara melakukannya.

Baca juga: Cara Menjalankan Program Otomatis pada Startup di Windows

Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows

Sebagai contoh disini akan mengubah program pemutar musik bernama AIMP sebagai default, yang mana saat ini yang sebagai default adalah Winamp. Jadi yang perlu dilakukan tidaklah sulit, silakan ikuti tutorial lengkapnya dibawah ini.

  1. Klik START kemudian ketik Default Programs dan ENTER.

    Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows

  2. Lalu pilih menu Set your default programs.

    Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows

  3. Tunggu proses memuat selesai.
  4. Gulir kebawah dan klik program yang akan diatur sebagai default.

    Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows

  5. Setelah itu, lanjutkan menekan opsi Set this program as default.

    Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows

  6. Selesai, sekarang program tersebut telah menjadi default.

    Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows
    Cara Mengatur Default Program di Komputer Windows

Bisa dilihat pada gambar terakhir, ikon yang tadinya biru pada file mp3 (Winamp), sekarang berubah menjadi warna jingga (AIMP). Jika pun ingin mengembalikannya sebagai Winamp, cukup melakukan langkah seperti diatas dan memilih Winamp sebagai default.

Sudah Dijadikan Default, Tapi Tidak Ada Perubahan?

Cara diatas sebenarnya langsung berfungsi seketika. Namun jika sekiranya masih tetap, silakan untuk me-restart komputernya dan pasti program defaultnya sudah berganti seperti yang diharapkan. Tapi apabila sudah direstart masih tidak ada perubahan, sebaiknya ulangi lagi langkah diatas, mungkin terdapat sesuatu yang terlewatkan.

Baca juga: Begini Cara Menjalankan Suatu Program dalam Modus Sandbox

Kesimpulan

Tutorial diatas adalah yang paling mudah untuk menjadikan sebuah program menjadi default atau utama. Tapi sebenarnya memang ada cara lain untuk melakukannya, hanya saja itu tidak dijelaskan karena terbilang kurang efektif dan merujuk pada satu jenis format file saja.

Jika sekiranya ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau ditambahkan mengenai cara mengatur default program pada komputer, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment