≡ Menu

Solusi Mengatasi Something Went Wrong pada Facebook

Solusi Mengatasi Something Went Wrong pada Facebook

Hampir seluruh pengguna smartphone pasti memiliki akun Facebook. Dan sekarang ini Facebook seolah merupakan hal yang wajib untuk digunakan sebagai alat komunikasi dan lain-lain. Fitur-fitur yang tersedia juga nyaris lengkap, seperti jual beli, mencari pekerjaan, hingga bermain game.

Sederhananya, akun Facebook adalah sesuatu yang penting untuk digunakan sekarang hingga nanti. Sedikit masalah yang terjadi pada Facebook kadang membuat kita khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti munculnya notif “Something Went Wrong” ketika mengakses akun Facebook.

Munculnya notif tersebut merupakan hal yang tidak wajar apabila terjadi secara terus-menerus. Biasanya itu akan melarang kita untuk mengakses sesuatu pada Facebook, baik itu menuju ke suatu Grup, Halaman, atau bahkan ketika masuk ke akun Facebook.

Apa Penyebab Munculnya Something Went Wrong di Facebook?

Dalam banyaknya kasus, itu merupakan kesalahan server yang terjadi pada akun Facebook. Ini biasanya berlangsung hanya untuk sesaat dan tidak lama akan kembali normal. Seseorang juga pernah mengatakan bahwa itu merupakan bug kecil yang mana tidak akan berdampak sama sekali pada akun.

Jadi jangan khawatir terkait munculnya notif tersebut pada Facebook. Karena itu akan segera normal dan yang perlu dilakukan hanyalah menunggu untuk sesaat. Namun sebagai tips tambahan untuk mengantisipasi masalah ini, artikel ini akan menunjukan beberapa hal yang penting untuk dilakukan.

Baca juga: Trik Mengaktifkan Mode Malam di Facebook

Menghapus Cache Browser atau Aplikasi Facebook

Hapuslah cache pada browser beserta aplikasi Facebook yang terpasang pada ponsel. Dengan begitu ini sama halnya me-refresh halaman pada akun Facebook dan memungkinkan notif yang tampil tadi akan hilang.

Ini sangat penting untuk dilakukan pertama kali ketika mendapati masalah ini. Karena jika tidak menghapus cache sama sekali. Maka halaman pada akun memungkinkan tidak di-refresh dan hasilnya akan muncul notif itu terus-menerus.

Menghapus cache adalah hal yang aman untuk dilakukan, karena ini hanyalah upaya untuk membersihkan berkas statis yang tersimpan sementara pada sistem. Jadi tak perlu ragu untuk melakukannya. Dan apabila kamu tidak tahu bagaimana cara menghapus cache? Silakan gunakan aplikasi Cache Cleaner.

Keluar dan Masuk ke Akun Kembali

Langkah kedua setelah menghapus cache adalah keluar atau logout dari akun, dan kemudian masuk kembali. Dengan melakukan hal tersebut, cookies atau sesi yang tersimpan sebelumnya akan diperbarui dan memungkinkan segalanya akan kembali normal lagi.

Kebanyakan masalah ini lebih sering dialami pada aplikasi Facebook. Dan jika sekiranya kamu tidak bisa masuk ke Beranda dan tampil notif tersebut, silakan langsung menuju Pengaturan > Aplikasi dan Hapus Data pada Facebook.

Menghapus data aplikasi Facebook sama halnya dengan melakukan logout. Ini tetaplah aman untuk dilakukan dan tidak akan beresiko sama sekali pada akun. Jadi ketika membuka aplikasi Facebook, kamu akan diharuskan untuk masuk kembali.

Bertanya Kepada Teman Terkait Notif yang Sama

Jika kedua langkah diatas telah dilakukan akan tetapi notif Something Went Wrong masih muncul, cobalah untuk menanyakan kepada teman atau kerabat apakah mereka juga mendapati notif yang sama ketika masuk ke Facebook?

Jika mereka mengalami hal yang sama, berarti kendala ini terjadi pada server Facebook. Atau dengan maksud bukan kamu saja yang mengalaminya. Jadi yang diperlukan hanyalah menunggu sampai Facebook membetulkan masalah ini.

Sementara jika mereka tidak mengalami hal yang sama, silakan coba untuk mengulangi kedua cara diatas sekali lagi. Akan lebih bagus lagi mencoba membuka akun Facebook melalui perangkat lain (seperti komputer).

Baca juga: Kegunaan dari Fitur Arsip Cerita di Facebook

Kesimpulan

Terdapat tiga hal yang bisa kamu lakukan apabila notif Something Went Wrong ini muncul. Tak perlu khawatir mengenai akun, karena ini tidak ada kaitannya dengan itu. Mungkin sebagian orang khawatir akunnya yang bermasalah, padahal itu tidak benar. Dan cukup lakukan tips diatas, pasti segalanya akan normal kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment