≡ Menu

Cara Beralih ke Profil Bisnis di Instagram

Sekarang ini Instagram tak hanya digunakan sebagai media berbagi konten foto dan video saja. Tapi kebanyakan juga memakainya untuk melakukan bisnis seperti penjualan produk, dimana para pelanggan selalu tahu produk apa yang baru saja tersedia.

Maka dari itulah Instagram menyediakan jenis akun baru, yang diberi nama Profil Bisnis. Sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan suatu bisnis di Instagram supaya bisa dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan.

Pada dasarnya setiap akun Instagram diatur sebagai Profil Pribadi. Namun pengguna memiliki hak untuk beralih ke Profil Bisnis, namun ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Baca juga: Cara Membuat Pertanyaan pada Instagram Story

Cara Beralih ke Profil Bisnis pada Instagram

Berpindah ke Profil Bisnis bisa dilakukan dengan cepat, dan ini akan lebih effisien apabila pengguna menautkan Halaman Facebook dengan akun bisnis. Sehingga seluruh admin, editor, dan pemegang peran lain pada halaman mendapatkan izin yang setara untuk mengelola akun Instagram terkait.

  1. Silakan masuk ke Aplikasi Instagram dan menuju Profil.
  2. Ketuk pada tombol opsi (strip 3) yang ada di pojok kanan atas.

    Cara Beralih ke Profil Bisnis pada Akun Instagram

  3. Kemudian tekan pada menu Pengaturan.

    Cara Beralih ke Profil Bisnis pada Akun Instagram

  4. Lalu gulir kebawah dan tekan pada menu Beralih ke Akun Bisnis.

    Cara Beralih ke Profil Bisnis pada Akun Instagram

  5. Sekarang cukup ikuti prosedurnya dan isi formulir yang diminta seperti nomor HP, alamat email, dan sebagainya.

Cukup sederhana bukan? Dan kamu pun dapat mengembalikkan lagi dari profil bisnis ke Pribadi dengan cara yang hampir sama, yaitu pada bagian Pengaturan cukup menekan menu Beralih Kembali ke Akun Pribadi, dan setelah itu ikuti prosedurnya.

Kelebihan dan Kekurangan dari Profil Bisnis di Instagram

Seperti yang dikatakan diatas bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri ketika mengaktifkan Profil Bisnis Instagram. Namun secara keseluruhan lebih banyak kelebihannya. Berikut ini ringkasan kelebihan dan kekurangannya.

KELEBIHAN

  • Jika akun Instagram ditautkan dengan halaman Facebook, maka setiap admin, editor, dan lain-lain dapat mengoperasikan akun Instagram sesuai peranan di Halaman Facebook.
  • Profil Bisnis akan mendapatkan fitur baru bernama Insight yang kegunaannya untuk menganalisa terhadap interaksi pelanggan, seperti siapa saja yang mengikuti, kapan mereka online, dan lain-lain.
  • Pada Profil Bisnis terdapat tombol Kontak dibagian atas. Bertujuan untuk memberikan informasi semacam petunjuk arah alamat, nomor telepon, dan alamat email. Dengan begitu, pelanggan akan mudah untuk menghubungi dari opsi yang disediakan.
  • Profil Bisnis akan menampilkan kategori akun yang akan tampil dibawah foto profil. Kategori tersebut sama dengan kategori halaman Facebook yang ditautkan.

KEKURANGAN

  • Setelah akun ditautkan ke Halaman Facebook, maka segala postingan hanya dapat dibagikan pada Halaman Facebook yang tertaut saja. Atau dengan maksud, ini tidak akan bisa dibagikan secara langsung ke Profil Facebook pribadi.
  • Profil Bisnis tidak bisa diatur sebagai akun Pribadi. Atau maksudnya, segala konten yang ada di akun akan tampil untuk publik dan tak bisa dijadikan privasi.

Baca juga: Cara Mengganti Username Instagram dengan Mudah

Kesimpulan

Beralih ke Profil Bisnis bisa mendapatkan kelebihan yang banyak dan hanya dua hal saja kekurangan untuk saat ini. Selain bisa menarik pelanggan baru, ini juga bisa dipakai untuk berinteraksi lebih mudah dengan opsi yang diberikan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 4 comments… add one }
  • Modz Februari 25, 2019, 3:40 pm

    Kalau mau iklan di instagram kan katanya harus pake akun bisnis ya? kalau akun biasa gimana?

    • rrobyf Februari 26, 2019, 2:30 am

      Benar gan, harus diubah menjadi akun Bisnis terlebih dahulu. Sedangkan untuk akun Pribadi tidak akan bisa.

  • Syafiq Salman Februari 14, 2019, 2:25 am

    Dari dulu penasaran pengen pake Profil Bisnis, soalnya kalau mau jadwalin postingan IG di Buffer harus punya itu dulu. Tapi ni gratis y? Klo dah jadi Profil Bisnis masih bisa jadi akun biasa lagi g y?

    • rrobyf Februari 15, 2019, 12:07 pm

      Sepenuhnya gratis gan. Dan tentunya akun Bisnis masih bisa diubah menjadi Pribadi lagi melalui Pengaturan.

Leave a Comment