≡ Menu

Cara Transfer File Melalui SSH dengan SCP

Cara Transfer File Melalui SSH dengan SCP

Seseorang yang sering mengelola VPS Linux pasti mengerti apa itu SSH. Itu digunakan untuk menyambung ke server/host dan melakukan berbagai perintah tanpa perlu bantuan desktop lagi. Nyaris sama seperti mengelola komputer melalui CMD, hanya saja di Linux perintahnya lebih banyak.

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apakah bisa mengirim atau menerima file melalui SSH? Dan jawabannya adalah “bisa“. Jadi kamu tak perlu menginstal program lain seperti FTP/SFTP lagi, dan tetap menggunakan port 22.

Yaitu menggunakan bantuan SCP (Secure Copy). Itu adalah perintah yang memiliki kegunaan untuk menyalin file atau direktori secara aman. Dengan bantuan SCP, kamu bisa mentransfer file dari lokal sistem ke remote server dan sebaliknya.

Baca juga: Menambah User ROOT SSH dengan Autentikasi Sandi di VPS Ubuntu

Tutorial Transfer File dengan SCP via Linux

Disini akan dibagikan tata cara yang paling mudah untuk melakukan transfer (upload & download) menggunakan SCP. Dan tata cara ini dilakukan melalui CLI. Apabila kamu sekarang menggunakan Windows, silakan lompati bagian ini.

Transfer File dari Local Sistem ke Remote Server dengan SCP

Berikut ini contoh perintah untuk meng-upload file ke remote server melalui local sistem:

scp file.zip username@192.168.0.1:/home/user/

Harap untuk mengubah file.zip dengan nama file yang ingin diupload. Dan juga username@192.168.0.1 dengan user dan server/host. Kemudian untuk /home/user/ adalah letak direktori dimana file itu diupload.

Dan jika berhasil, hasilnya akan seperti ini:

username@192.168.0.1's password:
file.zip                             100%    0     0.0KB/s   00:00

Transfer File dari Remote Server ke Local Sistem dengan SCP

Jika tadi sama halnya dengan meng-upload, kali ini lebih seperti men-download file dari remote server ke local sistem. Berikut ini perintahnya:

scp username@192.168.0.1:/home/user/file.zip /local/direktori/

Skenario diatas adalah mengambil file.zip yang berada di folder /home/user/ dan menyalinnya ke local sistem yang berada di folder /local/direktori/. Silakan ubah sesuai yang dibutuhkan.

Baca juga: Menjalankan Perintah di Beberapa Server Linux Secara Bersamaan

Tutorial Transfer File dengan SCP via Windows

Sebenarnya tata caranya nyaris sama seperti melalui di Linux, yaitu menggunakan bantuan program PuTTY dengan modul PSCP. Namun ada cara yang lebih mudah, yaitu menggunakan program WinSCP (GUI), sehingga tak perlu mengetik perintah lagi.

Memakai program tersebut lebih mudah dan bisa digunakan untuk beberapa hal termasuk FTP. Yang perlu dilakukan hanyalah menuliskan username, server, port (22), dan selesai. Setelah tersambung, kamu bisa langsung memilih file mana yang ingin ditransfer dengan cara drag and drop saja.

Gambaran dari Program WinSCP

Untuk mengunduh program tersebut, silakan menuju halaman Official WinSCP dan lakukan instalasi seperti biasa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment