≡ Menu

Solusi Telepon Anda Sedang Roaming Ketika Backup Chat di WhatsApp

Solusi Telepon Anda Sedang Roaming Ketika Backup Chat di WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur untuk melakukan backup atau mencadangkan keseluruhan chat dan diunggah menuju Google Drive. Memungkinkan kamu takkan pernah kehilangan segala konversasi yang pernah dilakukan pada WhatsApp sebelumnya, dan seluruh chat tersebut dapat dikembalikan lagi kapan saja di HP manapun.

Apabila kamu menganggap bahwa segala konversasi yang ada di WhatsApp tergolong penting, maka sangat tepat untuk melakukan backup chat ini setidaknya sebulan sekali. Dan untuk melakukan itu, sudah dijelaskan tata caranya pada artikel berjudul Tutorial Mencadangkan Chat atau Pesan di WhatsApp.

Namun, proses mencadangkan chat di WhatsApp kadang tidak semudah yang dipikirkan dan suatu saat terjadi masalah yang tak terduga. Salah satunya adalah munculnya notifikasi “Telepon Anda sedang roaming” yang mana itu membingungkan untuk sebagain orang.

Mengatasi Telepon Sedang Roaming Ketika Backup Chat WhatsApp

Munculnya notifikasi tersebut, sebenarnya hanya disebabkan oleh satu hal, yaitu jaringan atau koneksi internet yang kurang memadai. Proses mengunggah backup chat juga tergantung dari setelan yang diatur.

Jika mengatur untuk mecadangkan semuanya (termasuk video), maka bisa dipastikan ukuran berkas yang diunggah sangat besar. Sehingga apabila saat ini koneksinya tergolong lambat, notifikasi telepon sedang roaming tadi akan tampil.

Dan artikel ini akan membagikan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, supaya kamu berhasil mencadangkan seluruh chat saat ini tanpa ada kesalahan lagi.

1. Mengatur Setelan Backup di WhatsApp

Satu hal yang perlu untuk diatur pada setelan Chat Backup di WhatsApp adalah tidak mencetang opsi sertakan video. Karena itu akan membuat ukuran backup menjadi sangat besar dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengunggah.

Mengatur Setelan Backup di WhatsApp

Jadi sebagai saran, hilangkan centang pada opsi tersebut, dan dengan begitu proses backup akan berjalan lancar tanpa ada kendala lagi dan kuota tetap aman. Tapi jika ini masih tetap dan ponsel terus menampilkan notif telepon sedang roaming, silakan lanjut untuk mencoba cara berikutnya.

2. Restart Ponsel

Cobalah untuk me-restart ponsel dan kemudian melakukan backup kembali. Bisa jadi masalahnya dikarenakan galat pada sistem WhatsApp yang mana tak mendeteksi adanya koneksi internet pada ponselnya. Tapi dengan me-restart ponsel, segalanya akan kembali normal.

3. Berpindah ke Jaringan WiFi

Apabila kedua cara diatas masih tak mengatasi masalahnya, satu opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah berpindah ke jaringan WiFi. Faktanya jika menggunakan jaringan WiFi, latency yang didapatkan akan lebih rendah dan stabil untuk mengunggah berkas meski ukurannya besar.

Namun jika jaringan WiFi tersebut juga lambat, maka kendala ini juga akan tetap terjadi. Sebagai saran, carilah jaringan WiFi yang tergolong cepat, misalnya di telkom @wifi.id atau di pusat kota apabila memungkinkan.

4. Matikan Salah Satu Kartu SIM

Sistem WhatsApp memungkinkan tidak dapat membedakan jaringan mana yang dipilih untuk melangsungkan proses backup apabila semua kartu diaktifkan. Ini sama halnya seperti tidak bisa masuk ke akun M-Banking di ponsel akibat seluruh kartu aktif.

Jadi silakan coba untuk menonaktifkan salah satu kartu dan setelah itu lakukan backup chat kembali.

Baca juga: 2 Trik Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Telah Dibaca

Kesimpulan

Secara keseluruhan, masalah telepon yang sedang roaming ini disebabkan oleh koneksi internet yang lambat. Sehingga sistem WhatsApp tak bisa melanjutkan untuk mengunggah berkas backup tersebut ke Google Drive karena beresiko gagal dipertengahan.

Usahakan apabila menggunakan jaringan seluler, pastikan jenis signal yang didapat minimal adalah H+ atau 4G. Dan jangan melupakan kuota internet, karena jika kuota menipis dan proses mengunggah belum selesai, tentunya proses backup akan gagal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment