≡ Menu

Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi di Play Store

Aplikasi Google Play Store tersedia untuk segala perangkat Android, yang memiliki kegunaan untuk mengunduh segala macam konten dengan mudah seperti aplikasi, game, buku, dan film. Play Store sampai sekarang diperbarui terus-menerus guna membuat pengguna merasa nyaman ketika menggunakannya.

Ada beberapa opsi yang ditawarkan Play Store dalam memperbarui aplikasi. Yaitu memperbarui secara otomatis di semua jaringan, atau hanya di jaringan WiFi saja. Selain itu juga terdapat opsi untuk menonaktifkan pembaruan otomatis tersebut.

Dengan menonaktifkan pembaruan otomatis, maka setiap kali terdapat aplikasi yang memiliki versi terbaru tidak akan diperbarui secara otomatis. Dan akan menunggu tindakan dari pemilik ponsel untuk memperbaruinya secara manual.

Baca juga: Cara Install Google Play Store yang Hilang

Tutorial Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

Selain menghindari pemborosan data, ini juga memiliki banyak sisi positif. Dan dengan menonaktifkan pembaruan otomatis, bukan berarti setiap aplikasi tak akan bisa diperbarui lagi, namun hanya akan mencegah sistem otomatisnya bekerja. Dan pemilik ponsel masih berhak untuk memperbarui aplikasi secara manual pada Play Store.

Berikut ini tutorial mematikan pembaruan otomatis aplikasi pada Play Store:

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Klik opsi menu dibagian kiri atas.

    Tutorial Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

  3. Pilih Setelan.

    Tutorial Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

  4. Tekan pada Update aplikasi secara otomatis.

    Tutorial Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

  5. Atur sebagai Jangan update aplikasi secara otomatis.

    Tutorial Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Play Store

Cukup itu saja yang perlu dilakukan dan setelah itu pembaruan otomatis selanjutnya tidak akan dilakukan lagi oleh sistem. Sementara itu, kamu akan masih tetap menerima pemberitahuan terhadap aplikasi yang meminta untuk diperbarui.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Notifikasi Pembaruan Aplikasi?

Sebagian orang mungkin terasa risih terhadap notifikasi yang sering muncul mengenai aplikasi yang minta untuk diperbarui. Dan sebenarnya itu juga dapat dinonaktifkan dengan mudah.

Caranya sangat mudah sekali, cukup buka Play Store dan menuju Setelan > Notifikasi. Selanjutnya jangan centang pada opsi Update dan Update otomatis. Mulai sekarang, notifikasi terkait pembaruan aplikasi tak akan muncul lagi.

Cara Menonaktifkan Notifikasi Pembaruan Aplikasi

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Kesimpulan
Menonaktifkan pembaruan otomatis memang hal yang harus dilakukan sebagai pencegahan data tersedot dengan sendirinya. Sementara itu kamu juga harus sering-sering untuk mengecek Play Store setidaknya 1 atau 2 minggu sekali untuk mengetahui adanya aplikasi yang meminta pembaruan.

Sebab pembaruan terhadap suatu aplikasi pada dasarnya memiliki makna yang baik, seperti penambahan kompatibilitas dan juga perbaikan kesalahan sebelumnya. Jadi intinya, meski kamu telah menonaktifkan pembaruan otomatis, jangan sampai lupa untuk memperbarui aplikasi secara manual. Setidaknya lakukan seminggu sekali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment