≡ Menu

Cara Menggunakan Program Remote Desktop Connection Manager

Sudah tahu kan apa itu Remote Desktop Connection? Atau biasanya juga disebut sebagai RDP. Dengan bantuan fitur tersebut, setiap orang dapat mengakses komputer lain secara virtual dan mengontrol segala hal yang diinginkan.

Jika Remote Desktop Connection pada Windows, normalnya hanya bisa membuka satu-per-satu komputer virtual, sedangkan kamu sebenarnya bisa lho mengakses banyak komputer virtual sekaligus. Yaitu menggunakan bantuan program bernama Remote Desktop Connection Manager.

Atau sebut saja sebagai RDC Manager supaya lebih sederhana. Program tersebut telah disediakan oleh Microsoft dan ditujukan bagi kamu yang tiap harinya mengelola banyak komputer virtual secara bersamaan. Dan artikel ini akan memberikan tata cara penggunaanya.

Baca juga: Tutorial Memasang RDP di VPS Ubuntu

Cara Menggunakan Remote Desktop Connection Manager

Pada RDC Manager, kamu bisa menambahkan semua server pada satu grup yang tersimpan dalam bentuk file ber-format RDG. Berkas tersebut sangat penting, karena telah memiliki banyak server yang telah diatur sebelumnya. Dan disini akan dijelaskan bagaimana cara menambah server tersebut supaya dapat digunakan dan tersambung sempurna.

  1. Pertama-tama buka RDC Manager dan buat grup dengan cara klik opsi File > New.

    Cara Menggunakan Remote Desktop Connection Manager

  2. Pilih direktori untuk menyimpan file grup (RDG).

    Cara Menggunakan Remote Desktop Connection Manager

  3. Klik kanan pada grup yang baru dibuat tadi. Dan pilih Add Server.

    Cara Menggunakan Remote Desktop Connection Manager

  4. Pada kolom Server Name, isikan Host atau IP server komputer (RDP).

    Cara Menggunakan Remote Desktop Connection Manager

  5. Selesai, sekarang coba sambungkan ke host yang ditambahkan tadi.

    Cara Menggunakan Remote Desktop Connection Manager

Jadi setiap kali ingin menambahkan komputer virtual baru, cukup menekan opsi Add Server pada grup dan mengisikan Host atau alamat IP server komputernya saja. Dan selain itu, kamu juga bisa mengatur beberapa hal seperti grafis, resolusi, dan lain-lain dengan cara klik kanan pada Host server dan pilih Properties.

Menambahkan Username dan Password pada RDC Manager

Apabila kamu mengelola banyak server yang memiliki username dan password sama dan ingin cepat membukanya tanpa harus mengetiknya secara manual, itu bisa dilakukan pada RDC Manager.

Cukup klik kanan pada grup yang dibuat tadi dan menuju Properties > Logon Credentials. Disini kamu bisa membuat semacam profil untuk mengelola username dan password, layaknya seperti pada Mikrotik.

Menambahkan Username dan Password pada RDC Manager

Baca juga: Remote Ripple – Aplikasi VNC Viewer Terbaik untuk Android

Kesimpulan

Secara keseluruhan RDC Manager adalah program yang diperuntungkan bagi seseorang yang mengelola banyak komputer virtual. Jika sebelumnya kamu pernah memakai program VMWare, seperti itulah cara kerja RDC Manager.

Tampilannya sangat sederhana, tapi membuka banyak komputer virtual bersamaan akan tetap lancar tanpa terbebani. Jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, atau ingin menambahkan sesuatu, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment