≡ Menu

Cara Mengaktifkan Suara di Remote Desktop (RDP)

Cara Mengaktifkan Suara di Remote Desktop (RDP)

Remote desktop atau yang lebih dikenal sebagai RDP sampai sekarang masih banyak dijual-belikan untuk suatu keperluan. Kebanyakan dari mereka membutuhkan RDP untuk dimanfaatkan koneksinya untuk mengunduh atau mengunggah file lebih cepat dan praktis.

Terhubung ke RDP juga sama saja seperti melakukan streaming, dimana perangkat yang dipakai untuk menghubung ke RDP tak memerlukan data yang besar. Contohnya menonton video atau mendengarkan musik melalui RDP, data yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi (tergantung setelan kualitas).

Namun secara default, biasanya ketika membuka RDP takkan bisa mendengarkan audio apapun. Itu karena setelan pada file RDPnya tidak diatur dengan benar atau barangkali virtual komputernya masih belum terpasang driver audio.

Baca juga: Tips Mengatasi Suara Speaker Brebet pada PC

Bisakah Mendengarkan Suara atau Audio Melalui RDP?

Jawabannya adalah “bisa“, namun ini akan memerlukan konektivitas yang stabil supaya suara yang didapatkan bisa halus dan tidak brebet. Jadi pastikan bahwa signal yang didapatkan ketika terhubung ke RDP bisa maksimal supaya mendapatkan pengalaman memutar audio dengan nyaman.

Namun jika misalnya kamu mengelola RDP melalui VPS milik sendiri dan ingin signal yang maksimal, silakan ubah letak servernya ke yang paling dekat, misalnya di Southeast Asia. Dengan koneksi minimal 10Mbps, itu akan mencukupi untuk melihat audio dan video di RDP.

Tutorial Mengaktifkan Suara di RDP

Pastikan saat ini kamu telah menyiapkan RDP yang akan dihubungkan. Tidak masalah meski berbentuk file atau hanya sekedar IP, yang terpenting adalah mengaturnya supaya dapat mengeluarkan suara layaknya komputer normal.

  1. Buka Remote Desktop Connection dan klik opsi Show Options.

    Tutorial Mengaktifkan Suara di RDP

  2. Silakan menuju tab Local Resources.

    Tutorial Mengaktifkan Suara di RDP

  3. Pada bagian Remote Audio, klik tombol Settings.

    Tutorial Mengaktifkan Suara di RDP

  4. Kemudian pada bagian Remote audio playback, silakan pilih opsi Play on this computer.

    Tutorial Mengaktifkan Suara di RDP

  5. Jika kamu ingin mengaktifkan audio recorder juga, pada bagian Remote audio recording silakan pilih opsi Record from this computer.

    Tutorial Mengaktifkan Suara di RDP

  6. Klik tombol OK dan kemudian hubungkan.

Sekarang pasti suara pada RDP akan terdengar. Dan jika sekiranya saat ini kamu menghubungkan RDP mengguanakan file, silakan klik kanan pada file tersebut dan kemudian pilih Edit dan ikuti langkah-langkah diatas.

Baca juga: Tutorial Memasang RDP di VPS Ubuntu

Bagaimana Jika Suara pada RDP Tidak Terdengar?

Apabila kamu sudah melakukan seluruh langkah diatas namun suara pada RDP masih saja tidak terdengar, silakan cek terlebih dahulu pada volume yang ada di RDP dan juga komputer yang kamu gunakan. Dan pastikan ikon audio pada toolbar tidak bertanda X merah.

Jika ikon audio di toolbar bertanda X warna merah, berarti driver audio masih belum ada di RDPnya. Jadi yang harus kamu lakukan adalah memasang driver bernama Virtual Cable Audio. Silakan unduh memakai RDP dan kemudian instal seperti biasa.

Jika proses instalasi sudah selesai, silakan restart RDP dan pasti setelah itu ikon audio tidak berwarna merah lagi dan bisa digunakan dengan baik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment