≡ Menu

Cara Mengubah Password di TeamViewer

Cara Mengubah Password di TeamViewer

TeamViewer adalah program Remote Desktop yang terkenal untuk perangkat komputer dan ponsel. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh TeamViewer membuat setiap pengguna ingin terus menggunakannya dan tidak mau lagi memakai program yang lainnya.

Satu kelebihan yang ada di TeamViewer adalah ringan untuk digunakan, tapi selain itu juga banyak kelebihan lainnya seperti keamanan yang ketat dan dapat diatur sendiri. Bagian terbaiknya adalah program ini tidak menggunakan alamat IP sebagai host, melainkan partner ID.

Sementara itu untuk autentikasinya adalah berupa password. Secara default telah disediakan sandi acak yang siap untuk digunakan. Namun selain itu kamu sebenarnya juga bisa mengaturnya secara manual supaya lebih mudah untuk menghubungkannya nanti.

Baca juga: Mengatur TightVNC Supaya Koneksi ke Server Lebih Cepat

Cara Mengubah Password pada TeamViewer

Ada dua hal yang dapat dilakukan ketika ingin mengganti password pada TeamViewer. Yaitu ingin mengubah sandi saat ini dan mendapatkan sandi acak yang lain, atau mengatur password secara manual sesuai apa yang diinginkan.

Kedua cara tersebut akan dibagikan pada artikel ini, dan kamu bebas memilih yang mana saja sesuai yang diharapkan.

1. Mengubah Sandi dan Menerima Sandi Acak yang Baru

Fitur untuk mendapatkan sandi acak atau bisa dikatakan sebagai random password telah disediakan oleh TeamViewer dan kamu bisa dengan mudah mengubahnya kapan saja. Tak perlu khawatir terhadap keamanannya, karena sandi yang didapatkan akan tetap kuat. Dan berikut ini tata cara melakukannya.

  1. Buka program TeamViewer.
  2. Pada bagian Password, tekan tombol opsi yang berada disampingnya.

    Mengubah Sandi dan Menerima Sandi Acak yang Baru

  3. Lalu pilih opsi Create a new random password.

    Mengubah Sandi dan Menerima Sandi Acak yang Baru

Secara otomatis, sandi sebelumnya akan berganti ke yang baru. Dan kamu bebas melakukan seperti itu kapan saja tanpa ada batasan. Semakin sering mengganti random password, akan semakin bagus untuk keamanan komputernya.

2. Mengatur Password Secara Manual

Di TeamViewer, ada fitur bernama Personal Password. Dari fitur tersebut kamu bisa memanfaatkannya sebagai password manual. Sehingga ketika ingin mengakses komputer di manapun, yang perlu dihafal adalah partner ID dan sandi yang telah diatur sebelumnya, alias tak perlu bantuan random password lagi.

Tertarik ingin mencobanya, silakan ikuti tata cara dibawah ini:

  1. Buka program TeamViewer.
  2. Klik tombol opsi yang ada disebelah Password, dan klik pada Set Personal Password.

    Mengatur Password Secara Manual

  3. Kemudian isikan sandi yang diinginkan pada kolom Password dan Confirm Password.

    Mengatur Password Secara Manual

  4. Lanjutkan menekan tombol OK untuk menyimpan.

    Mengatur Password Secara Manual

Jika sudah mengaturnya, sekarang cobalah untuk memasuki komputernya dari perangkat lain dan gunakan password yang diatur ini tadi. Pastinya akan berhasil.

Baca juga: Cara Menggunakan Program Remote Desktop Connection Manager

Kesimpulan

Pilih antara cara pertama atau kedua sesuai yang diinginkan. Tapi jika boleh memberi saran, sebaiknya pakai cara kedua. Sebab kamu bebas memakai sandi apa saja yang biasa kamu gunakan dan selain itu random passwordnya pun masih dapat digunakan.

Intinya gunakan personal password hanya pada perangkat pribadi saja, dan gunakan random password pada perangkat yang tidak dimiliki (misalnya di warnet atau laptop milik teman).

Dan satu tambahan lagi, yaitu kriteria sandi yang diharuskan sebagai personal password minimal memiliki 6 karakter. Jadi jika sekiranya kamu gagal terus mengaturnya, kemungkinan besar itu dikarenakan sandi yang dituliskan kurang dari 6 karakter.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment