≡ Menu

Cara Mengatasi Pemberitahuan Telat Masuk di Android

Cara Mengatasi Pemberitahuan Telat Masuk di Android

Notifikasi atau pemberitahuan yang muncul pada ponsel Android bisa datang dari segala macam aplikasi. Baik itu dari aplikasi chatting, sosial media, atau bahkan game. Yang pasti pemberitahuan tersebut sangat penting untuk didapatkan tepat waktu.

Saat ini ada beberapa ponsel Android yang memiliki kendala terhadap pemberitahuan yang telat masuk. Hal tersebut nyaris sama seperti adanya trouble operator ketika SMS yang telat masuk, hanya saja perbedaanya kali ini adalah pemberitahuan dari segala aplikasi.

Biasanya yang mengalami kendala ini, Pemberitahuan akan masuk hanya ketika pengguna membuka aplikasi yang dituju. Tentunya hal tersebut tidak normal, mengingat siapa tahu suatu saat adanya kejadian darurat dan pemberitahuan malah telat masuk. Tapi jangan khawatir, karena artikel ini akan membahas untuk memberi solusi untuk mengatasinya.

Baca juga: Percantik Status Bar Android dengan GravityBox

Apa yang Membuat Pemberitahuan Telat Masuk?

Hanya ada sedikit hal yang membuat pemberitahuan bisa sampai telat masuk. Asalkan ini tidak mempengaruhi sistem dalam ponsel, segalanya akan baik-baik saja. Tapi jika ponsel kamu dalam kondisi sudah di-root dan sedang memakai Custom-ROM, mungkin penyebabnya dari ROM tersebut.

Sedikit hal berikut ini yang menyebabkan pemberitahuan telat masuk:

  • Aplikasi tidak berjalan di latar belakang
  • Ponsel sedang memakai aplikasi pemberitahuan tambahan
  • Autostart dari suatu aplikasi telah dimatikan

Dari ketiga hal diatas, masih memiliki solusi untuk diatasi. Jadi untuk sekarang luangkan waktu sedikit saja dan kemudian ikuti beberapa langkah dibawah ini, dimulai dari yang pertama.

1. Kunci Aplikasi pada Recent Apps

Jika biasanya kamu membersihkan recent apps, mungkin dari situlah saat dimana aplikasi di latar belakang ikut terhapus. Nah supaya tak terhapus ketika membersihkannya, silakan kunci suatu aplikasi.

Untuk mengunci aplikasi, setiap ponsel memiliki cara yang berbeda. Tapi ini dapat dilakukan pada bagian Recent Apps itu sendiri. Cobalah untuk menggeser suatu aplikasi ke kanan, kiri, atas, atau bawah, sampai muncul ikon gembok yang berarti aplikasi telah berhasil di kunci. Berikut ini gambaran contoh aplikasi yang berhasil dikunci pada Recent Apps.

Mengunci Suatu Aplikasi di Recent Apps

Setelah aplikasi sudah terkunci pada Recent Apps, tahap selanjutnya adalah memastikan pemberitahuan bisa masuk tepat waktu.

2. Hidupkan Autostart pada Suatu Aplikasi

Fungsi Autostart berguna untuk memulai otomatis task aplikasi pada latar belakang. Jika itu diblokir, maka aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan secara otomatis. Seperti halnya mengatur pemberitahuan, itu juga butuh task yang berjalan pada latar belakang.

Mengaktifkan autostart pada aplikasi sangatlah mudah. Silakan menuju Pengaturan -> Aplikasi, lalu tekan tombol Opsi dan pilih Manajemen Auto Start. Tahap terakhir adalah memberi centang terhadap suatu aplikasi yang dibutuhkan pemberitahuannya tepat waktu.

Mengaktifkan Autostart pada Suatu Aplikasi

3. Mematikan Aplikasi yang Meminta Izin Akses Pemberitahuan

Kadang terdapat aplikasi yang tiba-tiba meminta izin akses pemberitahuan, dan kamu secara tidak sadar mengaktifkannya. Dan itu memungkinkan gejala pemberitahuan telat bisa saja terjadi, karena setiap pemberitahuan dikelola oleh aplikasi lain.

Untuk melihat sekaligus mematikannya, silakan menuju Pengaturan -> Keamanan dan Privasi -> Akses Pemberitahuan. Setelah itu jangan centang segala aplikasi yang muncul disana.

Mematikan Aplikasi yang Meminta Izin Akses Pemberitahuan

Dengan begitu, pemberitahuan kini tidak akan lagi diatur oleh aplikasi lain dan bisa langsung tampil tanpa telat lagi.

Baca juga: Cara Mematikan Pemberitahuan pada Suatu Aplikasi di Android

Kesimpulan

Ada tiga cara yang dapat kamu lakukan, cobalah satu-per-satu dan jika salah satu sudah berhasil, maka cara yang lain boleh diabaikan. Sebenarnya ini tidak akan mencakup waktu yang lama untuk menerapkan ketiga cara diatas, dan yang paling dibutuhkan adalah kesabaran. Jika ada yang ingin ditanyakan atau barangkali kamu memiliki solusi selain diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment