≡ Menu

Begini Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

Begini Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

WhatsApp telah ber-evolusi dari aplikasi chatting menjadi semacam jejaring sosial yang lebih menjaga privasi. Terdapat banyak fitur yang membuat pengguna selalu betah untuk berkomunikasi melalui WhatsApp. Dan pada akhir 2018, telah tersedia fitur baru bernama Stiker.

Fitur Stiker sebelumnya juga sudah ada di Facebook lebih dulu dan sebenarnya ini juga menyerupai pada WhatsApp. Hanya saja terdapat suatu keunggulan di WhatsApp, yaitu pengguna bisa membuat stiker sendiri alias tak harus memakai stiker yang telah disediakan disana.

Dengan adanya fitur stiker, akan membuat konversasi semakin lebih seru, karena selain hanya menuliskan karakter dan menambah emoji, kamu sekarang bisa menambah stiker untuk meng-ekspresikan suasana layaknya memakai gambar GIF.

Baca juga: 2 Trik Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Telah Dibaca

Bagaimana Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp?

Bukan hal yang sulit untuk dilakukan, karena pada dasarnya ini nyaris sama seperti mengirimkan emotikon. Yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah memperbarui aplikasi WhatsApp. Sebab, fitur stiker ini hanya tersedia pada WhatsApp versi terbaru.

Jika sekiranya kamu sudah memperbarui aplikasi WhatsApp, silakan lanjut untuk menyimak tata cara mengirimkan stiker dibawah ini:

  1. Buka konversasi di WhatsApp.
  2. Tekan tombol emotikon.

    Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

  3. Pilih opsi Stiker disamping kanan GIF.

    Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

  4. Tekan pada opsi plus (+).

    Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

  5. Lalu pilih stiker dan ketuk tombol download.

    Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

  6. Setelah sudah didownload, silakan kembali dan pasti sekarang stiker tersebut bisa digunakan.

    Cara Mengirimkan Stiker di WhatsApp

Intinya kamu harus mengunduh stiker terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya nanti. Dan setiap stiker memiliki ukuran yang berbeda-beda, itu juga bisa dihapus apabila kamu tidak meng-inginkannya.

Bagaimana Cara Membuat Stiker Sendiri di WhatsApp?

Fitur ini yang akan membuat kamu betah memakai WhatsApp, karena kamu bebas menambahkan gambar apa saja sebagai stiker. Namun untuk melakukannya, harus dibantu oleh aplikasi lain, yaitu bernama Personal Stikers for WhatsApp.

Aplikasi tersebut bisa mendeteksi gambar apa saja yang ada di Gallery kamu dan yang bisa dikonversi sebagai stiker. Tapi ada batasan untuk menggunakannya, yakni gambar harus memiliki format PNG supaya bisa dijadikan stiker.

Gambar yang tidak berformat PNG, takkan terdeteksi pada aplikasi Personal Stiker. Jadi jika kamu ingin misalnya gambar JPG dijadikan stiker, silakan konversi terlebih dahulu menjadi format PNG.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Gambar JPG BMP GIF PNG Secara Online

Kesimpulan
Secara keseluruhan, fitur stiker ini hanya tersedia pada versi terbaru WhatsApp. Pastikan kamu telah memperbaruinya supaya bisa mendapatkan fitur tersebut. Bahkan kamu juga bisa mengunduh stiker yang lebih banyak di Play Store.

Jika kamu membuat stiker sendiri, maksimal untuk satu pack berisi 30 stiker, dan jika lebih dari itu tak akan terhitung di aplikasi WhatsApp. Tak ada batasan dalam gambar, asalkan berformat PNG. Dan kelebihan lainnya adalah mengunggah stiker di konversasi, ukuran data yang dikeluarkan lebih kecil dibanding mengunggah gambar biasa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment