≡ Menu

Cara Mengelola Perizinan Aplikasi di Android

Cara Mengelola Perizinan Aplikasi di Android

Privasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijaga. Tak hanya di dunia nyata saja, tapi juga di dunia maya seperti di sosial media atau bahkan sebuah aplikasi yang dipasang pada ponsel. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa dengan aplikasi? Untuk mengetahui jawabannya, silakan simak dengan baik artikel ini.

Dimulai sejak Android versi Lolipop, telah diberikan opsi untuk mengelola perizinan terhadap suatu aplikasi. Sehingga kamu masih memiliki hak untuk menonaktifkan perizinan pada aplikasi tersebut seperti akses telepon atau perpesanan untuk menjaga privasi.

Tapi bukan berarti kamu harus menolak semua perizinannya, sebab suatu aplikasi biasanya memerlukan perizinan khusus untuk dapat berfungsi dengan baik. Misalnya aplikasi File Manager yang membutuhkan perizinan Penyimpanan, kemudian aplikasi Fotografi yang membutuhkan perizinan Kamera, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengecek Total Multi Touch yang Didukung di Android

Mengapa Harus Mengelola Perizinan di Aplikasi?

Mengingat akhir-akhir ini banyak sekali beredar aplikasi yang dapat mengambil data pribadi, untuk itulah mengapa kamu harus mengecek perizinan sebelum memasang suatu aplikasi. Baik itu mau memasang atau telah terpasang, kamu masih dapat mengelola perizinannya.

Jadi misalnya begini, ada aplikasi “tema keyboard” dan perizinan yang dimintai sangat banyak termasuk kamera, dan recorder. Tentu itu bukan hal yang normal, mengetahui bahwa aplikasi tema keyboard tak memiliki fitur untuk mengambil gambar dari kamera atau merekam suara. Sehingga bisa disimpulkan itu termasuk aplikasi mata-mata.

Tapi kabar baiknya adalah, aplikasi yang seperti itu tidak akan ditemui pada Play Store, sebab nyaris keseluruhan aplikasi yang tersedia pada Play Store telah aman dan teruji. Jadi ini hanya khusus untuk aplikasi yang diunduh dari sumber yang kurang terpercaya, contohnya file APK yang dicari di Google.

Cara Mengelola Suatu Perizinan pada Aplikasi

Untuk melakukan cara ini, diperlukan setidaknya ponsel Android dengan minimal OS Lolipop. Sebab untuk OS KitKat kebawah masih tidak tersedia fitur untuk mengelola perizinan. Jadi hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memasang suatu aplikasi yang dirasa kurang meyakinkan. Kemudian ikuti langkah dibawah ini untuk mengelola perizinan dari aplikasi tersebut.

  1. Buka Pengaturan dan menuju bagian Aplikasi

    Mengelola Suatu Perizinan pada Aplikasi di Android

  2. Silakan cari aplikasi yang dipasang tadi

    Mengelola Suatu Perizinan pada Aplikasi di Android

  3. Gulir kebawah dan pilih pada opsi Izin atau Perizinan

    Mengelola Suatu Perizinan pada Aplikasi di Android

  4. Nah dibagian inilah kamu bisa mengatur perizinan apa saja yang diminta oleh aplikasi dan juga dapat menonaktifkannya.

    Mengelola Suatu Perizinan pada Aplikasi di Android

Dengan begini kamu tak perlu cemas lagi terhadap privasi, karena segalanya akan aman. Tapi sebagai saran terbaik jika ingin mengunduh suatu aplikasi, utamakan untuk mengunduh dari Play Store. Karena apabila mengunduh dari sumber lain, khawatir terdapat berkas yang telah dimodifikasi.

Baca juga: Lindungi Privasi Ponsel Android dengan Aplikasi XPrivacy

Kesimpulan

Mengelola perizinan dapat meminimalkan akan terjadinya pencurian data pribadi yang dilakukan oleh aplikasi jahat. Dan untuk memaksimalkannya, silakan pasang juga aplikasi antivirus untuk mencegah hal yang tak diinginkan terjadi.

Selebihnya untuk ponsel Android Lolipop kebawah, tidak ada cara untuk mengelola perizinan. Adapun aplikasi bernama XPrivacy, namun aplikasi tersebut membutuhkan akses root dan juga Xposed Framework yang terpasang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment