≡ Menu

Cara Menginstal Aplikasi Berformat XAPK di Android

Cara Menginstal Aplikasi Berformat XAPK di Android

Umumnya aplikasi khusus Android memiliki format APK (Andriod Application Package), tapi saat ini ada lagi format baru yang mana tidak dapat terbaca langsung oleh ponsel, yaitu XAPK. Biasanya berkas tersebut memiliki ukuran yang sangat besar.

XAPK sebenarnya bukanlah sebuah format khusus, namun pada dasarnya itu merupakan berkas arsip berbentuk ZIP. Didalamnya terdapat 2 macam file, yaitu APK dan sekaligus data. Jadi tidak perlu heran jika kebanyakan berkas XAPK memiliki ukuran yang besar dibanding APK.

XAPK pertama kali disediakan oleh website APKPure. itu merupakan situs web yang menyediakan segala macam game dan aplikasi. Setiap orang dapat mengunduhnya tanpa perlu masuk ke Play Store. Dan tulisan ini akan memberikan tutorial untuk mengsintal aplikasi dari berkas XAPK tersebut.

Baca juga: Solusi Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang pada Android

Cara Memasang Aplikasi atau Game Berformat XAPK

Walau sebenarnya ada dua cara untuk melakukannya, akan tetapi pada tutorial ini hanya menyediakan cara yang paling mudah saja. Yaitu dengan bantuan aplikasi bernama XAPK Installer. Dan aplikasi tersebut disediakan langsung oleh APKPure.

Jadi sebelum menyimak tata caranya, sebaiknya pasang terlebih dahulu aplikasi XAPK Installer yang bisa diunduh DISINI.

  1. Pastikan telah menyiapkan file XAPK.
  2. Buka aplikasi XAPK Installer dan tunggu sampai terdeteksi.
  3. Jika file XAPK sudah terdeteksi, silakan tekan opsi Install

    Memasang Aplikasi atau Game dengan Format XAPK

  4. Tunggu proses instalasinya selesai.

    Memasang Aplikasi atau Game dengan Format XAPK

Dengan memakai bantuan aplikasi XAPK Installer, awalnya akan memasang terlebih dahulu data dari aplikasi atau game yang akan dipasang, kemudian ditahap berikutnya akan memasang file APK. Setelah itu kamu bisa langsung membuka aplikasi/game tersebut.

Baca juga: Cara Decompile dan Recompile Aplikasi Android dengan APKTOOL

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dengan bantuan aplikasi XAPK Installer ini kamu tidak perlu khawatir terhadap data yang akan dipasang, karena pasti akan berada pada direktori yang seharusnya. Sebenarnya juga bisa dipasang secara manual dengan aplikasi sejenis UnRar atau Zarchiver, akan tetapi itu sedikit ribet untuk dijelaskan dalam kata-kata.

Sebagai tambahan apabila aplikasi XAPK Installer tak mendeteksi file XAPK yang ada di ponsel, silakan menekan tombol opsi titik tiga, dan kemudian pilih Scan SD Card, lalu tunggu sekejap dan pasti file XAPK akan muncul dan siap untuk dipasang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment