≡ Menu

Mengecek Total Multi Touch yang Didukung di Android

Mengecek Berapa Banyak Multi Touch yang Didukung pada Android

Kebanyakan dari ponsel Android saat ini hadir dengan fitur layar sentuh multi touch. Itu dapat digunakan untuk mengoperasikan layar lebih dari satu titik secara bersamaan. Salah satu contohnya seperti ketika kamu mencubit layar untuk memperbesar gambar, tanpa disadari itu sudah menggunakan dua titik sentuh.

Tanpa adanya multi touch, fitur gestur pinch to zoom tersebut tidak akan berfungsi. Selain itu banyak aplikasi lain yang membutuhkan penggunaan lebih banyak titik sentuh pada saat bersamaan. Yakni seperti game FPS, Moba, atau aplikasi drum, piano dan sebagainya.

Mungkin kamu penasaran seberapa banyak multi touch yang didukung pada ponselnya. Karena kadang mencari informasi melalui spesifikasi ponsel yang tersedia di internet, terbilang tidak meyakinkan kalau tidak dicoba sendiri. Dan artikel ini akan memberikan tutorial untuk mengecek multi touch pada ponsel Android secara mandiri.

Baca juga: 2 Cara Kalibrasi Layar Sentuh Ponsel Android

Cara Mengetahui Total Multi Touch yang Didukung pada HP Android

Satu-satunya cara termudah untuk mengetahui total multi touch pada ponselnya adalah menggunakan bantuan aplikasi bernama Multi Touch Tester. Itu adalah aplikasi untuk mengecek seberapa banyak multi touch yang didukung dengan cara yang sederhana.

Menggunakan aplikasi Multi Touch Tester sangatlah mudah, cukup buka aplikasinya dan kemudian sentuh layar dengan semua jari kamu, kemudian lepaskan. Maka nantinya akan tampil seberapa banyak multi touch yang didukung disana. Berikut ini sekilas gambaran dari dalam aplikasinya.

Gambaran dari Aplikasi Multi Touch Tester di Android

Lingkaran yang tampil adalah jari yang menyentuh pada layar.

Gambaran dari Aplikasi Multi Touch Tester di Android

Hasil total Multi Touch yang didukung pada ponsel.

Jadi intinya setelah membuka aplikasinya, kamu hanya perlu menyetuh layar dengan seluruh jari kamu, boleh juga memakai jari orang lain apabila ingin memastikan. Dan ketika melepaskannya, aplikasi tersebut sudah menghitung multi touch terbanyak yang didukung dan itu dijadikan sebagai hasil.

Baca juga: Cara Menampilkan Efek Sentuhan atau Cursor di Android

Kesimpulan

Aplikasi Multi Touch Tester memberikan hasil yang sangat akurat. Tapi untuk jaga-jaga apabila kamu ingin memastikan lebih dalam, disana juga tersedia fitur untuk me-reset penghitungan. Cukup tekan tombol menu (disamping tombol home) pada ponsel dan kemudian ketuk pada opsi Reset Touches.

Untuk multi touch pada setiap ponsel Android sangatlah bervariasi. Terkadang ada yang 5, 10, atau bahkan hanya 2 saja. Tetapi untuk keluaran ponsel baru-baru ini kebanyakan sudah menyediakan total 5 keatas untuk memudahkan menggunakan suatu aplikasi, khususnya game.

Sementara itu, ukuran aplikasi Multi Touch Tester juga sangat kecil, terlebih lagi respon pada setiap sentuhan jari juga memiliki warna yang berbeda-beda, dan tak terlupakan adalah memiliki tampilan gelap yang indah.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment