≡ Menu

Cara Merekam Internal Audio di Komputer dengan Mudah

Merekam audio atau suara sendiri pada komputer mungkin adalah hal yang terlalu biasa. Tapi bagaimana jika yang diinginkan adalah merekan internal audio, atau maksudnya adalah suara yang dikeluarkan oleh komputer. Misalnya seperti sedang memutar video di Youtube dan ingin merekan suara itu saja.

Atau contoh lainnya seperti bagaimana merekam suara yang sedang kita dengar pada headset. Tentu itu nyaris mustahil tanpa sebuah alat recorder. Namun pada PC, hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan bantuan suatu program.

Windows sebenarnya telah menyediakan program tersendiri untuk merekam suara yang kita lontarkan, namun tidak bisa merekam suara internal yang sedang kita dengar melalui komputer. Dan tulisan ini akan membahas mengenai hal tersebut, supaya kamu bisa merekam suara yang dikeluarkan komputer.

Baca juga: Cara Mengatasi Headphone dan Speaker Tidak Terdeteksi di PC

Tutorial Merekam Internal Audio di Komputer Windows

Yang dibutuhkan untuk melakukan ini hanyalah satu program bernama Audacity. Itu adalah program yang dikhususkan untuk melakukan recording serta memberi efek keluaran suara. Dan tentu bisa merekam system sound yang ada di komputer dengan baik tanpa mengurangi kualitasnya.

Berikut ini tutorial cara menggunakannya:

  1. Buka program Audacity.
  2. Menuju menu Edit > Preferences

    Cara Merekam Internal Audio di Komputer

  3. Pastikan berada pada tab Devices

    Cara Merekam Internal Audio di Komputer

  4. Perhatikan pada bagian Interface, ubah Host menjadi Windows WASAPI

    Cara Merekam Internal Audio di Komputer

  5. Lalu pada bagian Playback, ubah Device sebagai speaker/headset yang dipakai saat ini.

    Cara Merekam Internal Audio di Komputer

  6. Dibagian Recording, ubah Device sebagai perangkat mic/headset yang digunakan. Lalu ubah juga Channels sebagai Stereo

    Cara Merekam Internal Audio di Komputer

  7. Akhiri dengan menekan tombol OK

Nah setelah kamu selesai melakukan langkah diatas, tahap terakhir adalah mencoba merekam suatu musik yang diputar pada komputer, entah itu dari Spotify ataupun Youtube. Tapi sebelum mulai memutar, silakan tekan terlebih dahulu tombol merekamnya pada Audacity.

Proses Merekam Menggunakan Audacity

Ketika Audacity sudah mulai merekam, disaat inilah kamu bisa memutar sesuatu pada Youtube atau lain-lain dan kamu bisa melihat perkembangannya pada Audacity secara langsung.

Proses Merekam Menggunakan Audacity

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas

Kesimpulan

Dengan bantuan Audacity, kamu bisa melakukan hampir segalanya untuk mengalihkan kembali rekaman yang dibuat. Baik itu memotong, menggabungkan, menambah efek/filter, atau langsung menyimpannya sebagai berkas MP3.

Dan selain itu Audacity ini merupakan freeware lho, jadi kamu tidak perlu memerlukan biaya apapun untuk menggunkaan program tersebut. Walau mungkin ada banyak sekali jenis program recorder, namun Audacity juga merupakan salah satu yang terbaik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment