≡ Menu

Tutorial Membuat Jadwal Post Artikel Otomatis di WordPress

Tutorial Membuat Jadwal Post Artikel Otomatis di WordPress

WordPress memiliki banyak sekali fitur tersembunyi yang sangat fantastis, dan beberapa dari itu kita masih belum mengetahuinya. Salah satu fitur tersembunyi yang ada di WordPress adalah menjadwal post artikel untuk diterbitkan pada waktu yang telah diatur.

Memberi jadwal pada setiap artikel sangatlah berguna bagi pemilik situs yang sering sekali melakukan blogging sehari-harinya. Sehingga ia tidak akan dipusingkan untuk menentukan waktu yang tepat menerbitkan artikelnya. Sebab kapan saja bisa dilakukan, yang diperlukan hanyalah mengatur jadwalnya saja.

Di situasi lainnya, ini juga berguna apabila kamu akan berlibur namun tidak ingin meninggalkan blognya. Dan tulisan ini akan menunjukan bagaimana cara untuk memberi jadwal pada suatu artikel supaya dapat diterbitkan secara otomatis pada waktu yang ditetapkan.

Sebelum membahas mengenai tutorialnya, jika kamu sedang berencana untuk Membuat Website, sangat disarankan untuk memilih Niagahoster sebagai servernya. Mereka menyediakan paket web hosting dengan harga terjangkau dan pastinya aman.

Bagaimana Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress?

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk menjadwal post, yaitu melakukannya secara manual dari fitur yang diberikan oleh WordPress, atau memakai plugin tambahan. Namun disini hanya dibagikan tutorial melakukannya secara manual. Silakan simak tutorialnya dibawah ini.

  1. Setelah selesai menulis, silakan tekan opsi Sunting yang berada disamping Terbitkan segera.

    Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress

  2. Kemudian atur waktu & tanggal sesuai yang diinginkan.

    Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress

  3. Tahap terakhir adalah menekan tombol Jadwalkan

    Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress

Setelah selesai menekan tombol jadwalkan, maka post/artikel tersebut sudah masuk pada dafar antrian dimana akan diterbitkan secara otomatis pada waktu yang diatur tadi. Biasanya sistem WordPress memakai fungsional crontab untuk menerapkan metode penjadwalan tersebut.

Solusi Artikel Tidak Diterbitkan Tepat Waktu

Jarang sekali terjadi adanya semacam pending atau sejenisnya yang membuat keterlambatan pada proses penerbitan artikel dari waktu yang sudah diatur. Tapi jika ini terjadi, kemungkinan besar akibat waktu pada situs diatur tidak benar.

Mengatur Tanggal dan Waktu di WordPress

Untuk itu pastikan untuk mengecek setelan waktu pada WordPress dan mengaturnya menjadi zona waktu UTC+7 untuk Asia/Jakarta. Sebab secara default WordPress telah mengaturnya sebagai UTC+0 dan tentunya perbedaan waktunya sangat jauh sehingga post yang terjadwal akan telat untuk diterbitkan.

Baca juga: Tutorial Mengubah Bahasa pada Situs WordPress

Kesimpulan

Jadi untuk sekarang, kamu tak perlu khawatir lagi untuk membuat banyak artikel dalam sehari, sebab sebagian artikelnya bisa diterbitkan esok hari secara otomatis. Selain itu tak ada batasan mengenai hari kapan artikel itu akan diterbitkan. Atau dengan kata lain, artikel tersebut bisa diterbitkan kapan saja, meskipun tahun berikutnya.

Bagi blogger yang sudah paham mengenai SEO, pastilah ia akan tahu seberapa banyak artikel yang sekiranya bagus untuk dipublikasikan dalam satu hari. Sedangkan apabila kamu ingin pergi berliburan, sebaiknya luangkan satu hari untuk membuat banyak artikel dan kemudian manfaatkan fitur penjadwalan ini untuk membuat blognya tetap hidup.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment