≡ Menu

Apa Manfaat dari Menginstal Pembaruan Windows?

Terdapat fitur yang ditawarkan oleh Microsoft yang menyediakan pembaruan untuk komponen Windows. Fitur tersebut adalah Windows Update, dan sangat penting bagi pengguna untuk melakukan pembaruan setidaknya sebulan sekali.

Didalam pembaruan tersebut, memiliki beragam komponen yang berbeda-beda. Mungkin pengguna penasaran, kira-kira apa saja manfaat dari melakukan pembaruan ini? Dan apakah ini penting untuk dilakukan setiap bulannya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, Mari kita lihat apa jenis pembaruan yang dirilis Microsoft dan bagaimana mereka bermanfaat bagi pengguna.

Apa Manfaat dari Menginstal Pembaruan Windows?

1. Pembaruan Keamanan

Keamananan adalah salah satu hal yang paling penting di komputer untuk menjaga privasi dan segala hal. Karena jika tak adanya pembaruan keamanan, tentu komputer akan dimanfaatkan oleh berbagai jenis malware yang semakin canggih seiring jalannya waktu.

Kerentanan sering diidentifikasi pada Internet Explorer, NET Framework, ActiveX, dan juga protokol jaringan. Pihak Microsoft mengembangkan segala perbaikan untuk kelemahan keamanan yang terdeteksi pada sistem dan membuatnya tersedia pada Windows Update.

Manfaat: Sistem akan tetap aman dan terjaga terhadap ancaman program yang tak dikenal.

2. Pembaruan Fitur Baru

Sama halnya seperti pengguna memperbarui ROM pada ponsel, sebenarnya di Windows pun kadang juga terdapat pembaruan fitur baru. Namun fitur baru ini tergolong terbatas atau tidak selalu ada, biasanya pengembangan fitur baru hadir untuk program bawaan Microsoft.

Manfaat: Menambah suatu fungsional pada beberapa program Microsoft.

Baca juga: Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

3. Pembaruan Operasi Sistem

Terkadang pembaruan operasi sistem akan diberlakukan untuk meningkatkan performa terhadap hardware. Ini tidak sering, mungkin hanya beberapa bulan sekali. Namun pembaruan operasi sistem ini bukan berarti melakukan pergantian OS, atau dengan kata lain hanya untuk meningkatkan kualitas ROM untuk hardware saja.

Manfaat: Memberikan kinerja operasi sistem dan hardware acceleration untuk meningkatkan kecepatan sistem.

4. Pembaruan Opsional

Jenis pembaruan yang satu ini bersifat opsional, alias boleh diperbarui atau bahkan dibiarkan saja. Pembaruan tersebut menyangkut pada beberapa program Microsoft seperti MS Office, MS Word, dan lain-lain.

Manfaat: Meningkatkan kenyamanan dalam tingkat aplikasi atau perangkat lunak.

Baca juga: Tutorial Memperbarui Java di Windows 7

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat yang akan pengguna dapatkan ketika menginstal pembaruan Windows. Lebih baik atur jadwal pengecekan pembaruan sebagai sebulan sekali. Dan sangat tidak dianjurkan apabila pengguna menonaktifkan jadwal pembaruan tersebut. Lagipula selagi komputer rutin melakukan pembaruan setiap bulannya, maka proses memperbaruinya hanya akan berlangsung sebentar.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment