≡ Menu

3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada HP Android

Kita pasti pernah melakukan ketidaksengajaan dalam menghapus foto, video, atau berkas penting lainnya pada ponsel. Tapi jangan panik, karena masih ada lho cara untuk mengembalikan berkas yang terhapus tersebut dengan cara yang unik.

Walau kesempatan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android memang tidak besar, namun ada beberapa cara yang dapat pengguna lakukan. Yang terpenting untuk saat ini, silakan matikan koneksi internet terlebih dahulu sehingga tidak ada pembaruan yang terjadi setelah terdapat file yang terhapus secara tidak sengaja.

Mengembalikan File yang Terhapus di Android

3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus pada HP Android

Jika kamu merasa data yang telah hilang atau terhapus tersebut dirasa sangat penting, jangan menunggu waktu lama lagi untuk memulihkannya sebelum segalanya lenyap untuk selamanya. Dan pada artikel ini, telah disuguhkan 3 buah cara yang dapat membantu kamu mengembalikan data tersebut.

Sebelum melangkah lebih jauh, mohon untuk diketahui bahwa cara ini tidak 100% menjamin bahwa pengguna dapat memulihkan kembali setiap file yang hilang. Tapi cara ini kebanyakan berhasil dan sangat patut untuk dicoba.

Baca juga: Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus di Android

1. Menggunakan Bantuan MobiKin Doctor

Jika kamu ingin cara tercepat dalam mengembalikan file yang hilang, menggunakan bantuan dari program MobiKin Doctor adalah cara yang paling praktis. Yang dibutuhkan adalah satu perangkat komputer dan kemudian pengguna bisa memasang program ini.

Setelah kamu menginstall MobiKin Doctor pada komputer, kemudian silakan buka programnya dan hubungkan perangkat Android dengan komputer sampai ponsel terdeteksi disana.

Mobikin Doctor di Windows

Sumber gambar: Mobikin

Pilih jenis data apa saja yang sekiranya hilang, dan lanjutkan menekan tombol NEXT dibagian bawah.

Mobikin Doctor di Windows

Sumber gambar: Mobikin

Dan akhirnya data yang hilang seperti kontak, pesan, dan lain-lain akan tampil. Untuk mengembalikan data tersebut sangatlah mudah. Cukup tandai dan kemudian tekan tombol Recover pada bagian bawah.

Mobikin Doctor di Windows

Sumber gambar: Mobikin

2. Gunakan Aplikasi DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery adalah aplikasi yang dapat memulihkan berkas berbentuk gambar yang dirasa terhapus atau hilang dengan sendirinya. Aplikasi ini akan memindai secara dalam untuk menemukan gambar pada penyimpanan, baik itu di internal ataupun external.

Cara penggunaannya tergolong mudah, kamu cukup membuka aplikasinya dan tunggu sampai proses pemindaian selesai. Mungkin akan perlu waktu beberapa saat dan ini tergantung dari besarnya kapasitas penyimpanan yang kamu miliki.

Dan ketika proses pemindaian telah selesai, akan ditampilkan folder yang menunjukan sekumpulan gambar. Disini kamu bisa memulai untuk mencari satu-per-satu gambar yang dirasa terhapus. Dan jika telah ketemu, klik tombol Restore untuk mengembalikannya.

Aplikasi DigDeep Image Recover di Android

Satu keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah, tidak perlu ponsel yang berstatus root untuk mencari gambar secara dalam. Jadi segala ponsel Android dapat memakai aplikasi ini.

3. Menganalisa pada Folder LOST.DIR

Dibanding dengan kedua cara diatas, untuk cara yang ini tergolong tidak praktis dan sedikit sulit untuk dilakukan. Sebab kamu harus tahu ukuran berkas yang dirasa hilang tersebut, baik itu 1MB, 2MB, atau bahkan lebih.

Folder LOST.DIR dapat ditemukan pada direktori utama kartu memori atau penyimpanan internal. Disana kamu bisa mencari setumpuk file dengan berbagai ukuran yang berbeda-beda. Dan parahnya adalah tidak ada format/extensi yang tampil sehingga dari bagian inilah mengapa pengguna harus mengetahui ukuran file tersebut.

Folder LOST.DIR di Android

Misalnya file yang hilang adalah sebuah gambar, dan ukurannya adalah sekitar 3MB. Maka pengguna cukup mencari segala file dengan ukuran 3MB dan kemudian mengganti namanya sekaligus menambah format dibelakang nama. Contohnya seperti ini.

Sebelum

Nama File: 734838

Sesudah

Nama File: 734838.jpg

Intinya pengguna hanya cukup menambah format saja supaya berkas tersebut dapat dibuka. Dan kebanyakan file yang tampil di LOST.DIR adalah foto dan video yang biasanya hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Banyak Nama File pada Android

Tips Pencegahan

Disaat kamu mengetahui bahwa terdapat berkas yang tak dapat dikembalikan lagi, tentulah rasa khawatir selalu hadir ketika menyimpan sesuatu pada ponsel. Tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah hal tersebut untuk datang kembali, tentunya masih ada tindakan yang dapat kamu lakukan mulai sekarang.

Yaitu dengan cara memasang aplikasi yang dapat dipakai untuk mengembalikan segala file yang terhapus. Contohnya adalah Dumpster. Itu adalah aplikasi yang akan melakukan monitor penuh terhadap tindakan penghapusan segala berkas pada ponselmu. Jadi ketika terdapat berkas yang terhapus, secara otomatis Dumpster akan mendeteksinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment