≡ Menu

5 Launcher Terbaik untuk Ponsel Android

Apa itu Launcher? Itu merupakan komponen penting yang ada di ponsel Android, dan dalam Bahasa Indonesia dinamai sebagai “peluncur“. Dengan bantuan launcher, kamu bisa menyesuaikan tampilan layar dengan mudah. Segala ponsel Android tak dapat beroperasi tanpa adanya launcher.

Mengapa harus menggunakan launcher pihak ketiga? Pertanyaan ini memiliki jawaban yang sangat sederhana. Yaitu mereka menawarkan penyesuaian yang lebih banyak untuk pengguna untuk memenuhi setiap kebutuhan dan pastinya fiturnya jauh lebih banyak ketimbang launcher bawaan.

Jika dihitung, sudah ada lebih dari 30 launcher yang ada di Play Store. Sementara artikel ini akan membantu kamu dari kesulitan mencari puluhan launcher tersebut dan memilih yang paling terbaik di antara semua itu.

Baca juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Launcher Android Terbaik 2018

1. Smart Launcher 5

Smart Launcher 5 di Android - Launcher Terbaik Android
Smart Launcher 5 adalah salah satu launcher ringan yang mengklaim dirinya menggunakan AI dalam sisi pencarian aplikasi, kontak, situs web, dan lain-lain. Setiap aplikasi yang terpasang dibagi berdasarkan kategori sehingga tak akan sulit untuk dicari.

Smart Launcher 5 memiliki fitur smart turn off yang berguna untuk mematikan layar secara otomatis disaat ponsel diletakkan. Meski secara keseluruhan fiturnya sudah terbilang mencukupi, akan tetapi satu kelemahan yang ada hanyalah terdapat iklan pada bawah ketika membuka app drawer. Tapi iklan tersebut dapat hilang setelah kamu membeli versi PRO.

2. Nova Launcher

Nova Launcher di Android - Launcher Terbaik Android
Banyak yang menganggap bahwa Nova merupakan launcher yang paling halus dalam pengoperasiannya. Tersedia banyak cara untuk menyesuaikan layar sampai menambah ikon yang baru. Terdapat juga opsi untuk menampilkan aplikasi yang sering digunakan supaya ditaruh paling atas pada daftar.

Versi gratisnya saja sudah bagus, apalagi jika kamu membeli versi yang berbayar, tentu berbagai fitur tambahan akan digabungkan sehingga launcher pada ponselmu menjadi semakin sempurna.

3. Microsoft Launcher

Microsoft Launcher di Android - Launcher Terbaik Android
Microsoft Launcher atau sebelumnya dikenal sebagai Arrow Launcher memiliki gaya tampilan yang elegan dan cepat dengan banyak penyesuaian dari Microsoft. Fitur terbaiknya adalah dapat memperbarui wallpaper secara otomatis yang diambil dari mesin pencari Bing.

Pada sisi home screen dihiasi dengan panel yang menyerupai “Kartu Google”. Panel terbaru menunjukan media atau kontak yang baru-baru ini sedang digunakan. Adapun opsi yang bisa menggabungkan nomor kontak duplikat apabila kamu memilikinya.

4. Apex Launcher

Apex Launcher di Android - Launcher Terbaik Android
Bisa dibilang ini adalah launcher keren yang tersedia untuk segala jenis OS Android. Terdapat ribuan tema atau ikon tambahan yang dapat diunduh dari Play Store. Juga merupakan lancher ringan yang cocok dipakai untuk ponsel yang memiliki spesifikasi rendah.

Kamu bisa menambahkan sampai 9 layar utama yang dapat disesuaikan seperti memberi widget atau lain-lain. Apex bisa menampilkan daftar aplikasi berdasarkan nama, tanggal pemasangan, atau bahkan aplikasi yang sering dibuka. Membeli versi PRO akan membuka beberapa fitur gesture, penyesuaian app drawer yang semakin mantap, dan lain-lain.

5. Evie Launcher

Evie Launcher di Android - Launcher Terbaik Android
Banyak pengguna yang rela meninggalkan launcher lama dan beralih ke Evie disebabkan karena ini merupakan launcher yang halus dan juga cepat. Fitur Pencarian Universal memungkinkan kamu bisa mencari segala aplikasi dengan mudah pada satu tempat. Kamu juga dapat menyesuaikan daftar aplikasi serta memberi folder tambahan.

Launcher ini mendukung berbagai paket ikon yang dapat diunduh dari Play Store. Satu kelemahannya adalah tidak banyak gesture yang dapat kamu gunakan. Secara keseluruhan, ini adalah launcher ringan yang menjamin kecepatan dan kesederhanaan.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment