≡ Menu

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Sebagai pemilik ponsel Android, pengguna memiliki hak untuk melakukan banyak hal seperti memasang aplikasi baru, menghapus, atau bahkan menyembunyikannya. Jika memasang dan menghapus mungkin sudah terbiasa untuk dilakukan. Tapi bagaimana dengan menyembunyikan aplikasi? Banyak orang yang masih tidak tahu mengenai hal ini.

Menyembunyikan aplikasi bukan berarti menghapus, karena aplikasi akan masih tetap ada namun tak terlihat pada menu. Ini adalah cara yang paling sederhana untuk menjaga privasi terhadap aplikasi yang tergolong penting dan bersifat pribadi.

Artikel ini akan menunjukan beberapa cara yang dapat pengguna lakukan untuk menyembunyikan aplikasi. Segala aplikasi dapat disembunyikan, dan sebagian cara harus menggunakan pihak ketiga untuk melakukannya.

Baca juga: Trik Melihat Instagram Stories Teman Tanpa Ketahuan

1. Memasang dan Menggunakan Aplikasi Launcher Lain

Cara yang paling mudah adalah memasang launcher baru yang memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi launcher yang tersedia pada Play Store, contohnya Nova Launcher, GO Launcher, Smart launcher, dan lain-lain.

Setelah memasang launcher tersebut, pengguna hanya perlu mencari pengaturan untuk menyembunyikan aplikasi. Contohnya jika di Smart Launcher, terdapat opsi bernama Set as Hidden disaat aplikasi diketuk (panjer) sedikit lama.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Launcher

Setiap launcher memiliki menu yang berbeda-beda, jadi artikel ini tidak bisa menyimpulkan menjadi satu gambaran saja. Dan apabila sudah disembunyikan, maka tidak akan tampil lagi pada layar utama, tapi akan ada opsi atau menu untuk menampilkan aplikasi yang disembunyikan, dan terkadang itu membutuhkan sandi yang telah diatur sebelumnya.

2. Menonaktifkan Aplikasi di Pengaturan

Teknik ini akan mematikan fungsional aplikasi, sehingga pengguna seolah tidak pernah memasangnya. Atau bisa juga dibilang cara ini adalah membekukan. Dengan begitu aplikasi tak akan tampil pada layar awal dan bahkan pengguna tidak bisa membukanya sampai mengaktifkannya lagi.

Yang perlu dilakukan hanyalah masuk ke pengaturan dan menuju aplikasi yang akan disembunyikan, lalu klik pada opsi bernama Nonaktif atau Disable. Setelah itu aplikasi akan langsung hilang pada layar awal.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Menonaktifkannya

Ini bukan cara yang disarankan apabila pengguna masih membutuhkan aplikasi tersebut dalam jangka waktu dekat, tapi sangat disarankan menggunakan cara pertama atau cara terakhir.

3. Memakai Aplikasi Applock

Semua orang pasti sudah tahu apa itu Applock. Walau itu tidak bisa membuat aplikasi hilang, akan tetapi dapat dipakai untuk melindungi privasi dari orang lain. Cara kerjanya sangat sederhana, ketika aplikasi dibuka maka akan dimintai PIN atau sandi untuk memasukinya.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Applock

Intinya cara ini sama seperti menambah kunci berbentuk pola pada ponsel Android, hanya saja berfungsi untuk aplikasi yang dipilih saja. Ada banyak aplikasi Applock yang tersedia di Play Store, silakan unduh salah satu dari itu.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Booting Lama di Android

Kesimpulan

Sangat disarankan untuk menggunakan cara pertama dan ketiga disebabkan aktivitas aplikasi akan masih bekerja. Sangat bagus lagi apabila pengguna menggabungkan kedua cara tersebut supaya privasi semakin ketat.

Dan menggunakan cara ini tidaklah beresiko apapun, selain itu pengguna juga dapat mengembalikan lagi supaya aplikasi bisa tampil seperti semula. Dan satu hal penting yang harus diketahui adalah, meski aplikasi telah disembunyikan, akan tetap muncul apabila seseorang melihat pada pengaturan aplikasi atau recent app.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment