≡ Menu

Tutorial Mengecek Pembaruan Windows 7 dengan Mudah

Tutorial Mengecek Pembaruan Windows 7 dengan Mudah

Setiap pembaruan yang diberikan oleh Windows sangatlah perlu segera dipasang untuk memastikan bahwa keamanan dan segala fiturnya tidak memiliki kesalahan lagi. Biasanya sebulan sekali pasti terdapat pembaruan untuk keamanan, dan pada setelan standar, komputer sudah memperbaruinya secara otomatis.

Komputer akan memperbarui apabila fitur jadwal Windows Update diaktifkan. Sebab banyak orang yang menonaktifkan fitur untuk memperbarui otomatis tersebut dan memilih untuk tidak menerima lagi pembaruan yang ada dengan alasan proses download yang lama.

Faktanya proses download tidaklah selama yang dikira, mungkin hanya memakan waktu beberapa menit selama koneksi internet stabil. Kecuali jika koneksi internet benar-benar lambat, pastilah proses memperbarui akan memakan waktu yang terbilang lama.

Baca juga: Cara Memperbarui Driver Intel di Komputer Windows

Cara Mengecek Adanya Pembaruan pada Windows 7

Tutorial ini hanya dikhususkan untuk komputer yang masih memakai OS Windows 7, jadi jika memakai versi keatasnya, silakan tinggalkan artikel ini. Dan sebelum melanjutkannya, jika pengguna mematikan fitur update otomatis pastilah akan mendapat peringatan dibagian tray icon yang menyuruh pengguna memasuki Action Center. Dan berikut ini tata cara melihat pembaruan sistem di Windows 7.

  1. Silakan menuju Control Panel => System and Security => Windows Update.

    Mengecek Pembaruan Windows 7

  2. Lanjutkan dengan menekan tombol Check for updates.

    Mengecek Pembaruan Windows 7

  3. Tunggu kurang lebih 5 menit, karena banyak program yang akan dihidupkan untuk mengecek pembaruan.
  4. Jika pun sudah selesai, nantinya pengguna cukup memilih pembaruan mana yang diperlukan.

    Mengecek Pembaruan Windows 7

  5. Dan setelah itu cukup menekan tombol Install Updates untuk memulai proses pembaruan.

    Mengecek Pembaruan Windows 7

  6. Kemudian komputer akan menampilkan dialog untuk menyuruh pengguna melakukan reboot terhadap perangkatnya, jadi silakan restart komputernya dan proses pembaruan akan berjalan lagi dari proses boot.
  7. Selesai, jika setelah restart komputer dan pengguna masuk ke desktop, berarti proses pembaruan telah berhasil.

Proses meng-update mungkin akan sedikit lama tergantung dari banyaknya pembaruan yang dipilih. Untuk itu sebagai saran, cukup perbarui sesuatu yang dirasa penting seperti keamanan.

Komputer Tiba-Tiba Lambat Disaat Mengecek Pembaruan

Hal ini sangatlah normal karena banyaknya program yang akan dibangunkan dalam satu waktu untuk mengecek pembaruan yang ada. Untuk komputer dengan RAM 4GB mungkin tidak akan merasa bahwa komputernya lambat, sedangkan untuk komputer dengan RAM 2GB atau bahkan 1GB pasti akan merasakan hal ini.

Tak ada cara lain kecuali menunggu sampai prosesnya selesai. Mungkin maksimal hanya sampai 15 menit saja dan pastikan bahwa koneksi tetap stabil.

Baca juga: Tutorial Memperbarui Java di Windows 7

Kesimpulan

Mengecek adanya pembaruan sangat bagus dilakukan setiap bulan sekali. Bisa jadi pembaruan yang dilakukan hanya sebatas keamanan saja dan ukuran untuk mengunduhnya pun juga tak seberapa besar.

Tapi bagi pengguna yang sudah tidak memperbarui windows sejak lama, mungkin akan perlu mengunduh data yang memiliki ukuran besar dan itu sudah dikalkulasi ketika memilih mana saja program atau hal-hal yang perlu di-update. Lagipula disana juga disediakan download progress yang memberitahukan sudah sampai berapa banyak unduhan diterima.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment