≡ Menu

Cara Mengganti Boot Animation pada Android

Cara Mengganti Boot Animation pada Android

Sudah tahu kan, apa itu Boot Animation? Yaitu adalah gambaran yang tampil disaat ponsel itu dinyalakan. Secara umum biasanya Boot Animation akan menampilkan logo dari merk ponsel, tapi kadang juga memunculkan tulisan android. Dan pengguna sebenarnya bisa lho mengganti gambaran tersebut.

Sebelum melanjutkan lebih jauh, cara ini hanya dikhususkan untuk ponsel yang telah memiliki akses root. Sebab langkahnya akan mengganti bagian yang ada di sistem. Namun pengguna tak perlu khawatir, sebab cara ini sangat aman untuk dilakukan dan tidak berpotensi bootloop selagi melakukannya dengan benar.

Biasanya Boot Animation yang dipakai di ponsel Android ini sama seperti gambar yang ditumpuk atau sejenis GIF, sehingga seolah menjadi suatu video yang menarik untuk dilihat. Dan bukankah lebih menarik lagi jika itu diganti? Tentunya hal tersebut akan membuat ponsel memiliki sesuatu yang baru dan semakin senang untuk memakainya.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Mengubah Boot Animation Secara Manual

Menurut Saya ini adalah cara yang paling terbaik dibanding memakai cara otomatis. Sebab dengan melakukannya sendiri, pengguna bisa mengerti apa yang akan dirubah dan lebih tepatnya merasa aman. Dan ketahuilah bahwa yang diperlukan sebenarnya hanyalah memindahkan berkas saja.

Jadi, pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh file Boot Animation, dan itu bisa ditemukan pada situs XDA. Ada banyak kumpulan disana dan sudah disediakan link unduhan yang sesuai dengan besar layar ponselnya.

Setelah itu pengguna akan memerlukan aplikasi File Manager seperti Root Explorer atau X-Plore. Silakan pilih salah satu dari itu dan langsung saja masuk ke folder ROOT/system/etc/media.

Kemudian cari, apakah terdapat berkas bernama bootanimation.zip dan jika ada, silakan cadangkan terlebih dahulu dan setelah itu ganti berkas tersebut dengan Boot Animation yang sudah diunduh tadi. Dan pastikan namanya tetap sama seperti berkas sebelumnya, yaitu bootanimation.zip.

Jika sudah, silakan reboot ponselnya dan lihat apakah sudah terganti? Beberapa kasus mungkin gambaran bisa kebesaran atau kekecilan, dan ini akan Saya bahas di akhir artikel nanti.

Ganti Boot Animation Memakai Bantuan Aplikasi

Jika menurut pengguna melakukan cara manual terbilang susah atau ribet. Maka pengguna bisa mencoba cara otomatis dengan bantuan aplikasi bernama BootAnimation.zip Changer. Aplikasi tersebut dikhususkan untuk melakukan pekerjaan ini untuk memudahkan pengguna melakukannya.

Didalamnya juga tersedia Boot Animation yang tinggal dipilih. Dan tentunya aplikasi ini membutuhkan koneksi internet untuk melihat serta mengunduhnya. Namun sayangnya masih tidak bisa dipakai untuk sebagian ponsel Samsung karena berkas yang berbeda.

Sebelum memakai aplikasi tersebut, Saya menyarankan untuk mencadangkan terlebih dahulu berkas bootanimation.zip seperti cara manual diatas supaya lebih aman dan tidak kehilangan versi original dari ponsel.

Untuk cara penggunaan mungkin tidak perlu Saya jabarkan juga, didalam aplikasi sudah memiliki navigasi yang mudah dipahami sehingga semua orang pasti mengerti bagaimana mengoperasikannya.

Gambar dari Boot Animation Kekecilan atau Kebesaran

Masalah seperti ini biasanya disebabkan karena tidak tepatnya antara Boot Animation dan resolusi ponselnya. Maka dari itulah Saya lebih menyukai cara manual sebab bisa memilih resolusi yang tepat untuk ponselnya.

Jika pengguna mengunduhnya dari XDA, akan ada dua opsi unduhan, yakni HDPI dan XHDPI. Maksud dari HDPI adalah Density Pixel Inch layar ponselnya setara 240. Sedangkan XHDPI adalah setara 320.

Pengguna bisa mengecek seberapa besar DPI dengan bantuan aplikasi seperti CPU-Z atau mengecek manual melalui berkas bernama build.prop yang ada di folder system.

Baca juga: Cara Mengubah LCD Density di Android

Kesimpulan

Walau ini tidak beresiko bootloop, sebagai saran terbaik adalah melakukan cadangan penuh pada sistem ponsel sebelum mencobanya. Selain itu, jika berhasil mengubah Boot Animation, pasti pengguna juga akan bisa mengubah Shutdown Animation yang mana caranya nyaris sama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment