≡ Menu

Cara Menghapus Segala Riwayat Aktivitas pada Akun Google

Google ternyata memiliki fitur untuk menyimpan segala riwayat dari beberapa hal yang terkait dengan akun Google lho. Jadi bagaimana bisa itu terjadi dan seperti apa? Itu bukanlah masalah dan bahkan ini adalah fitur yang mana memudahkan pengguna untuk mengetahui aktivitas baru-baru ini atau lampau sehingga apapun yang pernah dicari di hari yang lama sekali masih bisa dikunjungi lagi dengan fitur riwayat ini.

Mengenai bahaya tidaknya, pengguna cukup tenang saja karena Google saat ini hanya menampilkan riwayat untuk beberapa situs yang terkait Google yang sekiranya tidak begitu aman. Contohnya adalah riwayat pencarian di Google dan Youtube.

Hal tersebut sangatlah diperlukan untuk kedepannya apabila suatu saat dibutuhkan kembali. Jadi setiap pengguna mengunjungi suatu website di Google atau video di Youtube, itu akan langsung tampil di riwayat Google.

Baca juga: Cara Mengatur Google Gambar Khusus untuk Anak-Anak

Apakah itu bisa dihapus? Tentu saja bisa dan itu adalah hak pengguna sendiri untuk menghapus setiap riwayat dari penelusuran yang ditampilkan. Sama seperti di peramban, pengguna juga bisa memilih sejak mana aktivitas yang ingin dihapus, misalnya 7 hari dari sekarang atau bahkan semua aktivitas sekaligus.

Secara default Google sudah mengaktifkan riwayat untuk beberapa hal, tapi adapun yang tidak diaktifkan seperti riwayat keluaran suara untuk pencarian di Google di aplikasi. Berikut ini cara melihat dan menghapus riwayat di Google.

  1. Masuk terlebih dahulu ke akun Google dan kemudian menuju halaman My Activity Google.
  2. Akan ditujukan ke bagian pengelolaan aktivitas sejak akun Google itu dibuat. Untuk mencoba melihat riwayat secara keseluruhan, masuk pada menu bernama Kontrol Akttivitas.

    Melihat Seluruh Riwayat Pencarian di Google dan Menghapusnya

  3. Pada halaman tersebut pengguna bisa melihat riwayat dari beberapa hal seperti penelusuran google atau Youtube dan lain-lain. Disini misalnya Saya ingin menghapus riwayat penelusuran di Youtube.

    Melihat Seluruh Riwayat Pencarian di Google dan Menghapusnya

  4. Akan tampil seluruh aktivitas penelusuran di Youtube secara rinci dengan tanggal dan waktu. Untuk menghapusnya silahkan masuk ke menu Hapus Aktivitas Menurut.

    Melihat Seluruh Riwayat Pencarian di Google dan Menghapusnya

  5. Baik, tahap terakhir adalah cukup menghapus riwayat itu berdasarkan hari atau semuanya, contohnya Saya hanya ingin menghapus berdasarkan pencarian seminggu ini.

    Melihat Seluruh Riwayat Pencarian di Google dan Menghapusnya

  6. Selesai, sekarang coba lihat di riwayat aktivitas tadi, pasti seminggu ini tidak akan ada riwayat sama sekali.

Sehubungan bahwa Youtube sendiri juga memiliki fitur riwayat yang akan menampilkan hasil video yang dilihat baru-baru ini. Apabila itu dihapus di fitur My Activity Google tersebut, secara otomatis pada Youtube juga akan terhapus dan seolah pengguna tak pernah melihat itu sebelumnya.

Contoh lain dari manfaat dari riwayat pencarian ini adalah ketika pengguna ingin mencari sesuatu yang sudah pernah dicari sebelumnya, dibawah kolom akan diberikan sebuah saran/sugesti untuk mencari itu. Sedangkan jika riwayat itu sudah dihapus, maka saran yang berdasarkan pencarian sebelum itu tidak akan tampil lagi.

Baca juga: Cara Memperbarui Layanan Google Play di Android

Saya rasa cara Google tidak mengaktifkan riwayat untuk keluaran suara juga untuk sebagai privasi. Jadi pengguna harus mengaktifkannya sendiri apabila ingin mengaktifkan itu.

Dengan mengaktifkan riwayat keluaran suara, pengguna bisa mengenali setiap suara dari segala pencarian yang pernah dikatakan ke Google.

Misalnya disaat pengguna mencari ke Google dengan kata “Oke Google” dan pengguna bisa mengenali suara itu milik diri sendiri atau orang lain. Jangan lupakan juga fitur riwayat maps yang akan menampilkan setiap rute yang pernah ditandai.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment