≡ Menu

Hal Positif Memakai VPN untuk Browsing di Internet

Hal Positif Memakai VPN untuk Browsing di Internet

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Jika melihat dari kelebihan dalam memakainya, tentu ada banyak sekali tapi juga terdapat beberapa kekurangan. Biasanya VPN banyak digunakan orang untuk menyembunyikan lokasi IPnya, tapi padahal ada sesuatu positif yang bisa dialami ketika memakai VPN.

Mengetahui kata virtual, itu terlihat seperti sesuatu yang bersifat sementara. Contoh sedikitnya adalah permainan virtual life yang populer saat ini seperti The Sims. Sedangkan virtual terhadap jaringan, lebih bersifat ke berbagai arah.

VPN juga sering dipakai untuk para peretas lho, biasanya mereka menggunakan hal tersebut untuk menyembunyikan identitas mereka supaya tak dapat dilacak. Sebab server dari VPN yang digunakan bisa jadi bukan server lokal dan dari luar negara. Dan berikut ini beberapa hal positif dalam memakai VPN untuk menjelajahi internet.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Layanan VPN Gratis pada Opera PC

Mengamankan Jaringan Internet

Pengguna mungkin tidak sadar apabila koneksi yang dipakai saat ini tidaklah aman sepenuhnya. Seperti memakai jaringan WiFi publik, hal tersebut sangat memungkinkan akan terjadinya pencurian data semacam cookies dan lain-lain.

Namun dengan memakai VPN, itu semua bisa dicekal karena terdapat fitur enkripsi koneksi sehingga apapun yang pengguna jelajahi di internet tak dapat diketahui oleh orang-orang yang memakai jaringan yang sama atau lokal.

Melindungi Privasi

Bisa jadi pengguna tak ingin membagikan alamat IP kepada seseorang ataupun situs web yang melakukan tracking dengan alasan privasi. Nah dengan VPN, hal tersebut dapat terwujudkan.

Karena jaringan virtual pada dasarnya akan memberikan lokasi serta alamat IP yang berbeda dari aslinya. Dan itu mengarah ke lokasi dimana server itu dibangun. Jadi mereka tak akan tahu lokasi akurat dimana pengguna saat ini berada selagi memakai VPN.

Koneksi Lebih Stabil

Memakai jaringan virtual memang tak dapat mempercepat koneksi internet, tapi satu keunggulannya adalah dapat membuat koneksi internet lebih stabil. Karena biasanya diberbagai sistem program VPN diberikan fitur auto PING.

Yang mana dalam fitur tersebut, koneksi tidak akan mengalami idle atau bengong meski tidak ada down/up data dalam jangka waktu yang lama. Ini bukan berarti boros kuota, sebab melakukan PING biasanya membutuhkan data yang super kecil sekali.

Dapat Membuka Website yang Diblokir oleh ISP

Tak diragukan lagi, sebab konten yang pengguna terima tidaklah direct atau dengan maksud melalui server VPN. Faktanya jaringan virtual tidak akan memblokir segala website, tapi untuk beberapa program, ada yang melakukan itu hanya untuk keamanan.

Mencegah Masuk ke Situs Berbahaya

Seperti yang Saya katakan tadi bahwa kebanyakan VPN tidak memblokir semua website, tapi pada dasarnya ada beberapa program yang masih saja memblokir situs-situs yang ada di internet sehingga tak dapat dibuka.

Tapi tenang saja, website yang diblokir tersebut hanyalah situs-situs yang dianggap berbahaya sehingga tak layak untuk diakses. Contohnya seperti situs yang menampilkan informasi palsu tau berpotensi berbahaya terhadap akun yang pengguna miliki.

Baca juga: Cara Mengatasi OpenVPN Tak Mau Terhubung di Windows

Kesimpulan

Secara keseluruhan, jaringan virtual adalah hal yang masih diperlukan untuk dipakai disuatu kondisi. Bukan berarti dipakai untuk setiap saat, tapi pakai pada keadaan tertentu. Misalnya berada di WiFi publik, mengakses situs kurang terpercaya, dan lain-lain.

Dan sebagai saran, jangan membuka akun sosial media menggunakan VPN, sebab hal ini akan berimbas pada akunnya yang mana akan dianggap sebagai tindakan yang mencurigakan dikarenakan membuka akun tersebut dari lokasi yang berbeda dari sebelumnya. Kecuali jika pengguna memakai jaringan virtual dari server lokal, tentu itu tidak apa-apa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment