≡ Menu

Mengatur WiFi Supaya Tidak Tersambung Otomatis pada Windows 7

Pada sebuah PC, memakai jaringan WiFi sangatlah berbeda dengan memakai Modem. Karena menggunakan jaringan WiFi dapat mengaturnya supaya otomatis tersambung ketika PC baru saja dihidupkan. Sedangkan jika memakai Modem maka perlu setidaknya pengguna menekan tombol connect dulu pada opsi jaringan dan hanya kadang-kadang terdapat program Modem yang memiliki fitur untuk berjalan otomatis atau fitur startup ketika PC sedang booting.

Tahukah bahwa mengaktifkan jaringan secara otomatis sesaat PC booting ini sebenarnya tidak dianjurkan sama sekali. Tak hanya membuat proses booting sedikit lama sembari mengecek update dari segala program, tapi juga berpotensi terkena virus yang ada pada proses startup.

Maka dari itulah mengaktifkan jaringan sejenis WiFi secara otomatis tidak dianjurkan supaya PC yang pengguna pakai sekarang tetap stabil kedepannya. Memang benar bahwa hal otomatis sangat menyenangkan untuk dilakukan sebab tidak diperlukan jari lagi untuk mengaktifkannya dan cukup menunggu saja sampai PC terhubung ke internet.

Mengapa orang suka melakukan itu? Sebab jaringan WiFi pada dasarnya unlimited dan orang-orang tersebut tak peduli lagi terhadap kuota yang dimiliki sehingga segalanya tampak baik-baik saja untuk dilakukan. Tapi percayalah suatu saat pengguna pasti memerlukan hal ini untuk alasan tertentu. Berikut ini cara mengatur supaya WiFi tidak otomatis tersambung pada PC.

  1. Langkah pertama adalah menekan ikon jaringan yang ada di taskbar.

    Cara Mengatur WiFi Supaya Tidak Tersambung Otomatis pada Windows 7

  2. Hingga tampil dialog jaringan yang sedang tersedia sekarang ini. Klik kanan pada jaringan WiFi yang sedang dipakai sekarang ini. Lanjutkan dengan memilih Properties.

    Cara Mengatur WiFi Supaya Tidak Tersambung Otomatis pada Windows 7

  3. Akan muncul lagi sebuah dialog baru dan langsung saja menuju tab Connection.

    Cara Mengatur WiFi Supaya Tidak Tersambung Otomatis pada Windows 7

  4. Tahap terakhir adalah tidak men-centang pada bagian Connect automatically when this network in this range. Lanjutkan dengan menekan tombol OK.

    Cara Mengatur WiFi Supaya Tidak Tersambung Otomatis pada Windows 7

Setelah melakukan hal diatas, mulai sekarang jaringan WiFi yang pengguna pakai setiap harinya tidak akan tersambung otomatis lagi. Cara ini hanya digunakan untuk satu jaringan WiFi saja, jadi jika pengguna memakai lebih dari satu nama/alamat WiFi setiap hari, sebaiknya mengaturnya dengan cara yang sama seperti diatas.

Baca juga: Cara Mematikan Proses Startup pada Windows 7

Bukannya Saya membuat pengguna takut, akan tetapi kebanyakan orang mengatakan bahwa datangnya ransomware ini dikarenakan jaringan WiFi tersambung secara otomatis disaat PC melakukan booting dan virus tersebut mengunduh segala hal yang dirasa cukup untuk bisa meng-infeksi segala hal yang ada pada PC pengguna saat itu juga.

Selain itu, PC yang dipakai saat ini sebaiknya juga memakai antivirus yang memiliki fitur Firewall supaya tak tertipu terhadap jaringan abal-abal yang bermaksud jahat pada PC. Contohnya seperti terdapat 2 nama WiFi yang sama akan tetapi berbeda dari sisi Mac Address.

Selama pengguna tak menyambungkan ke Mac Address palsu, segalanya akan baik-baik saja, tetapi jika sudah menyambungkannya, hal buruk bisa terjadi saat itu juga.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment