≡ Menu

Cara Mengubah LCD Density di Android

Cara Mengubah LCD Density di Android

Kenyamanan memakai ponsel tidak hanya dilihat dari besarnya layar, tapi jangkauan yang bisa ditempuh pada layar besar itu. Karena terkadang meski layar ponsel terbilang besar, tapi terlihat sama saja.

Contohnya tablet yang yang memiliki layar 7inch, harusnya jangkauan layarnya lebih luas dibanding layar 5inch, akan tetapi terlihat sama. Dan itu adalah contoh pengaruh dari pengaturan LCD Density. Pengguna bisa mengaturnya sesuai kenyamanan dan bahkan bukan tablet saja, tapi segala ponsel Android bisa menerapkan cara ini.

Apa itu LCD Density?

Adalah suatu pengukuran kerapatan resolusi yang biasa dipakai pada gambar elektronik semacam layar ponsel, televisi, komputer, dan lain-lain. Biasanya juga disebut sebagai PPI yang artinya adalah Pixels Per Inch.

Baca juga: Night Screen – Aplikasi Mode Malam untuk Layar Android

Semakin tinggi kerapatan resolusi tersebut, maka semakin bagus pula hasil gambar yang didapat dan memungkinkan mendapatkan gambaran yang lebih detail. Untuk itulah mengapa membeli perangkat dengan layar besar harus berfikir ulang apabila PPI yang disediakan cukup rendah karena itu akan ber-faktor pada ketajaman layar nantinya.

Beberapa orang juga hampir menyalahgunakan bahwa DPI (Dots Per Inch) adalah sama dengan PPI, padahal itu berbeda. Tapi jika pengguna ingin mempelajari lebih lanjut, silakan buka halaman Pixels Density pada Wikipedia.

Mengubah LCD Density di Android

Dua cara yang akan Saya bagikan dan sebelum melanjutkan, lebih baik pengguna mengetahui terlebih dahulu bahwa cara ini membutuhkan ponsel Android ROOTED, karena yang diperlukan adalah mengubah suatu value pada sistem.

  1. Buka aplikasi file manager semacam ROOT Explorer atau X-Plore. Jika belum memilikinya, unduh terlebih dahulu di Play Store.
  2. Masuk ke direktori ROOT dan menuju folder system. Skroll dan temukan file bernama build.prop dan edit file tersebut.
  3. Cari kode seperti ini

    ro.sf.lcd_density=240

    Ubah angka yang Saya beri warna hijau dengan value yang diinginkan. Jika perangkatnya adalah tablet, Saya menyarankan mengaturnya sebagai 160, jadi nantinya seperti ini.

    ro.sf.lcd_density=160

  4. Setelah itu simpan file dan reboot. Maka lihat hasilnya.

Pengguna dapat mengatur value yang Saya maksud seperti diatas sesuai kenyamanan. Angka 160 memang sangat cocok untuk Android tablet yang memiliki layar besar.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Memakai aplikasi kadang sedikit beresiko, tapi ada satu aplikasi yang sangat aman untuk digunakan dan memiliki fitur yang tidak hanya mengatur LCD Density saja. Nama aplikasinya adalah Easy DPI Changer. Tapi fokus dalam aplikasi tersebut adalah mengganti DPI.

Sampai saat ini aplikasi tersebut telah mendukung sampai Android versi Nougat dan Saya rasa pola mengeditnya juga dari sisi build.prop. Dan harap sebelum memasangnya, bahwa pengguna mengerti bahwa aplikasi ini mungkin bisa saja tidak cocok untuk sebagian perangkat, untuk itulah kenapa Saya menyarankan untuk melakukan backup full dari recovery.

Kesimpulan

Dari kedua cara diatas, Saya lebih menyukai cara mandiri tanpa aplikasi yang mana jauh lebih aman menurut pribadi. Mengalihkan sesuatu di build.prop memang harus berhati-hati, karena salah sedikit saja bisa mengubah segala hal dan menyebabkan soft brick.

Baca juga: Material Island – Live Wallpaper Minimalis Hemat Baterai di Android

Saya membagikan cara kedua tersebut dikarenakan aplikasi tersebut berfungsi pada beberapa ponsel yang Saya miliki dan memiliki review positif pada Play Store sehingga sampai saat ini hanya aplikasi itulah yang terbaik dari yang lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment