≡ Menu

Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Ponsel pintar Android memiliki berbagai macam hal unik yang terus berkembang pesat. Tapi dari kepintarannya tersebut masih memiliki kekurangan yang membuat ponsel memiliki suatu kekurangan dan kekurangan itu bisa diatasi dengan pemiliknya sendiri.

Sama halnya seperti manusia bahwa semua ponsel pasti tidak ada yang sempurna dan selalu terdapat masalah didalamnya yang dapat rusak kapan saja. Dan kerusakan itu tentu masih dapat diperbaiki apabila pemilik ponsel memang berniat untuk memperbaikinya.

Contohnya adalah kejadian memori penuh dan menyangka bahwa itu adalah kerusakan pada ponselnya sampai-sampai dibawa ke tukang servis. Sebenarnya pengguna sendiri pun bisa memperbaikinya apabila memiliki keyakinan.

Baca juga: Cara Mengatasi Download Di Play Store Selalu Macet

Ada banyak bentuk memori yang terlibat pada Android dan tidak bisa dikatakan internal dan external saja. Tapi memori yang ada didalam sudah dibagi-bagi layaknya pembuatan partisi sehingga segalanya telah diatur dengan adil.

Gejala Tak Bisa Memasang Aplikasi di Play Store

Sesuatu semacam ini bukanlah kebetulan atau malfungsi dari sistem. Akan tetapi Play Store memang memberitahukan kejadian yang sebenarnya. Bagi orang yang tak terlalu mengerti mengenai pembagian kapasitas di Android menyangka bahwa itu adalah sebuah error.

Mereka menyangka bahwa masih ada banyak kapasitas bebas di SDCard dan juga Internal. Namun mengapa pesan itu masih muncul juga? Hal tersebut dikarenakan penyimpanan untuk memori sistem telah ada dibawah rata-rata. Biasanya adalah 500 Mega Byte.

Cara Ampuh Mengatasi Penyimpanan Tidak Cukup di Play Store

Maaf karena pengguna harus membaca sedikit lama untuk bisa masuk ke tahap ini. Tapi itu demi kebaikan pula supaya pengguna mengerti kedepannya dan dijadikan itu sebagai pengalaman supaya tidak salah sangka nantinya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan ketika mendapatkan pemberitahuan penyimpanan tidak cukup di Play Store.

  • Menghapus Aplikasi Tidak Penting – Pengguna pasti merasa bahwa cara ini sudah sangat kuno sekali, dan itu sangat benar. Jadi pastikan aplikasi yang tidak penting sebaiknya dihapus saja. Termasuk aplikasi yang dibekukan apabila memang ada.
  • Menghapus Cache Semua Aplikasi – Berkas tembolok atau biasa disebut cache adalah suatu berkas sementara yang biasanya digunakan untuk menyimpan suatu data. Hal inilah yang biasa dipakai untuk menghemat keluaran data seluler.

    Akan tetapi jika cache tersebut tidak dihapus secara berkala, maka akan menumpuk dan kapasitas memori terbuang sia-sia. Untuk itu silakan hapus semua cache yang ada dengan bantuan aplikasi semacam Cache Cleaner.

  • Hapus Data pada Aplikasi Google – Ada 2 aplikasi Google yang mengkonsumsi memori cukup banyak. Yakni bernama Google dan Google Service Framework. Sebaiknya hapus semua data dari aplikasi tersebut dan tenang saja, segalanya akan baik-baik saja.
  • (ROOT) Hapus Sampah di System – Ada beberapa aplikasi yang dapat dipakai untuk menghapus berkas sampah pada bagian system. Salah satunya adalah L Speed. Tapi pengguna sebaiknya juga mengecek secara manual terhadap file besar yang ada di bagian system.
  • (ROOT) Hapus Dalvik-Cache – Ini adalah cara paling ampuh untuk ponsel ROOTED. Bahkan bisa mengembalikan kapasitas menjadi banyak lagi. Jadi yang diperlukan adalah menghapus dalvik-cache.

    Dengan menghapus dalvik-cache tidak akan menghapus data ponsel, karena itu hanya dipakai untuk menyimpan file odex saja. Jadi segalanya akan tetap aman. Sebagai saran, lakukan cara ini pada recovery, dan ketika reboot mungkin akan dilakukan file checking untuk mengatur ulang file odex yang dibutuhkan oleh aplikasi yang terpasang saat itu.

  • Ponsel Habis Kemasukan Virus? Sebaiknya Flash – Biasanya virus yang masuk dan membuat kapasitas cepat habis adalah semacam adware. Jika itu diatasi dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik, maka berkas dari virus yang ada di sistem tidak akan hilang.

    Tapi jika pengguna melakukan flashing, itu sangat terjamin dapat mengembalikan segalanya. Atau paling tidak ponsel sudah ROOTED dan pengguna dapat mengecek file mana yang terinfeksi virus sehingga ukurannya meningkat dan menggantikannya. Namun itu cukup susah untuk mengenali setiap file.

Saya jamin cara diatas dapat mengatasi masalah “penyimpanan tidak cukup” ini. Untuk bagian penghapusan dalvik-cache, sebagian ponsel yang tidak diroot juga bisa melakukannya melalui recovery, ada bagusnya untuk dicoba dan tenang saja karena cara tersebut tidak beresiko sama sekali.

Kesimpulan

Pasanglah aplikasi yang dirasa bermakna, sementara aplikasi lain yang tidak pernah dipakai dalam jangkau waktu dekat sebaiknya dihapus terlebih dahulu. Untuk pengguna ponsel rooted, sebaiknya juga melakukan itu. Dan apabila tidak ingin kehilangan data setelah mencopot pemasangan, sebaiknya backup memakai aplikasi Titanium Backup.

Baca juga: Cara Mengatasi “Google Play Service Has Stopped” pada Android

Apabila pengguna merasa bahwa masih terdapat kapasitas sedikitnya 500Mb untuk aplikasi dan mendapati pesan penyimpanan tidak cukup, Saya katakan sekali lagi bahwa itu adalah hal yang normal. Sebab 500Mb itu dipakai untuk menyimpan data sekaligus cache dari semua aplikasi yang masuk pada sistem.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment