≡ Menu

Trik Mengetahui Password Admin di Router ZTE F609

Cara Mengetahui Username dan Password Admin di Router ZTE F609

Kebanyakan pelanggan Indihome saat ini diberikan router ber-merk ZTE F609 dan parahnya mereka tidak bisa mengatur sebagian pengaturan melalui halaman pengelola router tersebut dikarenakan kata sandi disembunyikan oleh teknisi. Tapi pengguna pun masih bisa masuk dengan mode user.

Menggunakan modus user, tidak akan bisa mengatur banyak hal seperti firewall, DHCP, dan lain-lain. Untuk itulah akses admin ini sangat penting sekali untuk diketahui. Mengetahui bahwa kita sudah berlangganan, pasti hal sekecil ini harusnya diberikan juga.

Kabar baiknya, sudah banyak orang di internet yang membagikan kata sandi dari username admin tersebut dan ternyata memang berbeda-beda. Pengguna bisa mencarinya di Google, karena tutorial yang akan dibahas kali ini akan mencari username dan password admin secara manual.

Baca juga: Cara Menonaktifkan WPS pada Modem Speedy

Bisakah Mengetahui Semua Username dan Password yang Terdaftar di Router ZTE F609?

Hal tersebut bisa terwujudkan dengan bantuan telnet. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa akses ke telnet sudah tidak diperbolehkan. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba terlebih dahulu, karena Saya sendiri masih dapat mengaksesnya saat ini.

Bagi yang tidak dapat mengakses telnet, hal tersebut dikarenakan firewall diatur sebagai high. Sementara jika sebelumnya diatur sebagai Low atau Off oleh teknisi, maka pastilah pengguna bisa bebas mengakses telnet.

Mengetahui Username dan Password Admin ZTE F609 Melalui Telnet

Sebelumnya ingin sekali Saya katakan bahwa ini bukanlah cara yang melanggar, karena kita sebagai pelanggan memiliki hak untuk mengatur router sesuka hati asalkan kita memiliki kemampuan untuk melakukan itu. Lagipula hanya mengatur router saja tidak akan mengubah segalanya dan kecepatan internet juga sama saja. Baiklah, berikut ini caranya.

  1. Pastikan pengguna sudah mengaktifkan Telnet pada pengaturan Windows sehingga hal tersebut dapat diakses melalui CMD. Atau bisa juga memakai program bernama PuTTY.
  2. Selanjutnya buka Command Prompt pada Windows dan ketik perintah berikut ini.

    telnet 192.168.1.1

    Tunggu sekejap sampai tampil seperti ini.

    Cara Mengetahui Username dan Password ZTE F609 Melalui Telnet

  3. Isikan username sebagai root dan passwordnya adalah Zte521. Ketika mengisikan password tidak akan tertulis disana, jadi teruskan untuk menulis dan setelah selesai, cukup tekan ENTER. Hingga tampil gambaran seperti ini.

    Cara Mengetahui Username dan Password ZTE F609 Melalui Telnet

  4. Tahap terakhir adalah mengetahui username dan password saja. Cukup ketik perintah ini dan ENTER.

    sendcmd 1 DB p DevAuthInfo

    Maka akan muncul seluruh username dan password yang terdaftar pada router tersebut. Contohnya seperti ini.

    Cara Mengetahui Username dan Password ZTE F609 Melalui Telnet

Bahkan menurut Saya ini lebih mudah diterapkan dibandingkan harus mencoba satu-persatu password yang ada di internet. Tapi contoh diatas password dari admin adalah admin, itu berarti password memang belum diatur oleh telkomnya.

Solusi Tidak Bisa Masuk ke Telnet

Seperti kata Saya diatas tadi bahwa tidak bisanya mengakses telnet ini disebabkan karena firewall. Tak ada cara untuk mengatasi hal tersebut kecuali pengguna bisa masuk sebagai admin dan cara diatas tak lagi berguna.

Tapi adakalanya hal yang dimaksud pengguna bukanlah itu, tetapi adalah password telnetnya. Yang bisa Saya sarankan adalah pastikan mengisi password dengan benar, meski disana tidak tampil tapi sebenarnya sudah ter-input. Dan pastikan juga pengguna mengetik huruf besar untuk awalan Z.

Baca juga: Trik Mengetahui Password WiFi di Berbagai Lokasi

Satu hal lagi, biasanya meski firewall sudah diatur sebagai off tapi pengguna tak bisa masuk telnet. Solusinya adalah menyambung telnet melalui kabel LAN, itu lebih efektif. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai diatas, silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment